4 Cara Membuat Link WA Langsung ke Chat Pribadi, Mudah!

cara membuat link WA

WhatsApp terbukti menjadi aplikasi yang banyak digunakan pelanggan untuk menghubungi olshop atau penjual. Agar flow pelanggan kamu lebih mudah, tidak ada salahnya untuk mencoba cara membuat link WA yang akan Jagoan hosting jelaskan kali ini sebagai langkah strategi whatsapp marketing.

Mengapa link WA penting untuk olshop kamu? Karena seperti yang kita tahu, WhatsApp hanya akan menampilkan nomor yang tersimpan pada kontak kamu saja. Sayangnya, hal tersebut tidak praktis di sisi pelanggan dan bisa membuat pelanggan kamu pergi. 

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, yuk intip beberapa cara membuat link WA berikut ini!

cara membuat link wa
Photo by Anton from Pexels

Bagi para penjual maupun pembeli secara online, dengan adanya link WhatsApp, tentunya akan sangat membantu satu sama lain dalam proses transaksi pembelian, sehingga hanya dalam sekali klik, pembeli dan penjual dapat berinteraksi dengan mudah.

Nah, ternyata cara membuat link WA itu berbeda-beda lho Sob berdasarkan platform apa yang ingin kamu gunakan nantinya. Supaya buat link whatsapp lebih mudah, yuk intip cara membuat link WA di bawah ini!

Salah satu informasi terkait cara membuat link WA yang paling populer dicari adalah melalui wa.me. Untuk membuat link whatsapp di wa.me pun caranya sangat sederhana dan bisa kamu ikuti langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Pastikan link yang kamu gunakan nantinya menggunakan nomor telepon dan kode negara tempat kamu tinggal (kalau di Indonesia, gunakan angka 62).
  2. Format linknya adalah https://wa.me/<nomor telepon kamu>. Kita ambil contoh nomor telepon yang digunakan adalah 081266779827.
  3.  Setelah di edit, hasilnya adalah https://wa.me/6281266779827.
  4. Kalau kamu masih bingung kenapa harus 62, karena angka ini selain menjadi kode negara Indonesia juga dianggap sebagai pengganti angka nol (0). Jadi, jangan diubah ya Sob angka 62 di deretan angka nomor telepon kamu.
  5. Voila! Cara membuat link whatsapp di wa.me sudah berhasil kamu terapkan.
Cek Konten Lainnya:
Inilah 3 Jenis Pembelajaran Daring dan Medianya!

Apakah kamu suka sebal ketika ingin share link di media sosial atau platform online lainnya karena bentuknya yang terlalu panjang? Terlebih lagi jika kamu memanfaatkan media sosial Twitter yang kapasitas kata per statusnya sangat terbatas.

Sebagai solusinya, kamu bisa memanfaatkan bit.ly nih untuk memperpendek link yang ingin di share. Buat kamu yang belum familiar, bit.ly merupakan sebuah situs yang dikhususkan bagi siapa saja yang ingin memperpendek link (shortlink) dalam kurun waktu singkat.

Cara buat link whatsapp di bit.ly juga tidak kalah mudah, kok. Penasaran? Langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Kunjungi situs bit.ly di https://bitly.com/.
  2. Kalau kamu belum punya akun bitly, maka bisa langsung mendaftar menggunakan beberapa cara, yakni menggunakan Twitter, Google, atau Meta (nama terbaru dari media sosial Facebook).
  3. Saat sampai di halaman awal bit.ly, opsi yang bisa langsung kamu pilih adalah “Creat Your First Link”. Nanti, ada kolom khusus yang mengharuskan kamu melakukan paste link WA yang kamu miliki, Sob.
  4. Kita ambil contoh menggunakan nomor 081266779827 ya seperti yang digunakan dalam membuat link wa di wa.me. Jadinya, link yang kamu paste adalah https://wa.me/6281266779827.
  5. Kalau sudah selesai di paste, saatnya pilih opsi “Create
  6. Cara membuat link whatsapp melalui bit.ly sudah berhasil kamu perpendek.

Baca juga: Keamanan Data Whatsapp, Benarkah Mereka Merekam Percakapan Pengguna?

Penggunaan linktree tentunya sangat membantu para penggiat bisnis online dalam melakukan share berbagai macam link untuk mempermudah para pembeli menghubungi seller, salah satunya dengan mencantumkan link WhatsApp.

Lalu, gimana cara membuat link WA di linktree? Untuk kamu yang belum mengetahui caranya, perhatikan langkah-langkah pembuatannya di bawah ini, ya.

  1. Tentunya kamu harus mengunjungi situs linktree terlebih dahulu di https://www.linktr.ee//.
  2. Kalau misalnya kamu ingin melakukan registrasi, silahkan sign up terlebih dahulu(tenang saja, registrasi di linktree itu free lias gratis!) dengan menggunakan alamat email, kata sandi, dan nama kamu.
  3.   Setelah selesai registrasi dan melakukan verifikasi melalui email, langsung saja Sob buat link yang kamu butuhkan dengan memilih opsi “Add New Link”.
  4. Nanti kamu akan menemukan kolom yang bisa diganti namanya, misalnya saja seperti “WhatsApp Jagoan Hosting” dan langsung saja paste nomor WA yang dimiliki dengan format seperti ini: https://wa.me/6281266779827.
  5.  Oke, cara membuat link wa di linktree sudah selesai. Contoh link-nya ketika kamu share di platform online tampilannya kurang lebih seperti ini: https://linktr.ee/JagoanHosting.
Cek Konten Lainnya:
Sejarah Komputer Generasi Kedua beserta Ciri dan Contohnya

Tidak hanya menampilkan link dalam bentuk angka saja, ternyata link WhatsApp bisa kamu ubah dengan berbagai macam nama, lho. Dengan mengandalkan bit.ly, ubah link yang telah kamu perpendek dengan nama yang diinginkan.

Beginilah cara membuat link WA dengan nama:

  1. Karena memanfaatkan bit.ly, kunjungi dulu ya situsnya di https://bitly.com/ dan langsung buat link yang diinginkan jika sudah mempunyai akunnya.
  2.  Paste link WhatsApp yang kamu punya pada kolom “Paste Long URL” ( seperti ini ya contoh link WhatsApp yang harus kamu copas: https://wa.me/6281266779827).
  3. Nanti kamu akan menemukan kolom bernama “Customize” dan isi nama yang kamu inginkan. Misalnya saja kamu menggunakan nama “My Jagoan Hosting”. Namun, pastikan nama yang digunakan unik, ya, karena kalau sudah ada yang menggunakannya, maka kamu tidak bisa menggunakannya lagi.
  4. Setelah selesai, pilih opsi simpan (save) dan nama link kamu akan seperti ini: http://bit.ly/MyJagoanHosting.
cara membuat link wa
Photo by cottonbro from Pexels

Bukan rahasia umum lagi jika Instagram tidak hanya dimanfaatkan sebagai media untuk sharing aktivitas sehari-hari, melainkan untuk berbisnis pun bisa memanfaatkan aplikasi yang satu ini. Supaya lebih maksimal, kamu bisa menambahkan link WhatsApp di Instagram.

Bagaimana cara menambahkan link wa supaya mudah diakses oleh para pengguna Instagram? Eits, kamu tidak usah bingung, Sob! Karena ada langkah cepat dan mudah untuk membuatnya.

  1. Terlebih dahulu siapkan link WhatsApp yang telah kamu buat (baik dari wa.me, linktree maupun bitly) untuk ditambahkan ke akun Instagram.
  2. Kita ambil contoh menggunakan link wa dari wa.me ya, jadi tampilannya seperti ini: https://wa.me/6281266779827.
  3. Kalau sudah di copas link wa tersebut, kamu tinggal melakukan editing di kolom website dan langsung paste link wa yang kamu punya.
  4. Link wa kamu sudah berhasil berada di akun Instagram.
Cek Konten Lainnya:
Apa itu Password Manager? Ini 5 Rekomendasi Terbaik 2022

Baca juga: 10 Tools Bisnis Online yang WAJIB Kamu Gunakan

Cukup praktis kan cara membuat link WA di atas? Hal simple ini bisa bantu bisnis kamu agar semakin mudah dihubungi pelanggan dan meningkatkan untung pada bisnis kamu. 

Menerapkan media chat sebagai alat komunikasi dengan pelanggan memang seharusnya digunakan oleh para pebisnis yang sudah go-online dalam mempromosikan produknya di internet, terutama jika toko online yang dimiliki memanfaatkan sebuah website.

Untuk mengoptimalkan fungsi website sebagai toko online, kamu bisa memanfaatkan layanan Paket Toko Online dari Jagoan Hosting. Kamu pun bisa menambahkan berbagai macam plugin kebutuhan bisnismu, mulai dari sistem pembayaran, pengecekan ongkir hingga menambahkan shortcut untuk mengarahkan komunikasi secara cepat ke pengunjung, baik melalui live chat maupun link WhatsApp. 

Kalau komunikasi kamu dengan para pelanggan lancar, maka tidak menutup kemungkinan jika bisnis yang kamu jalankan dapat sukses dan akan berkembang dengan pesat, Sob. 

Bagi para pebisnis, memahami pola WhatsApp marketing akan menguntungkanmu juga,agar kegiatan marketingmu pun berjalan dengan baik

Buat kamu yang penasaran gimana sih pentingnya penerapan WhatsApp marketing dalam bisnis go-online seperti saat ini? Bisa banget cek pembahasan secara lengkapnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
serangan DDoS
Read More
Apa itu DDoS Attack? Jenis, Ciri, dan Cara Mencegahnya
Jangan sampai lengah, Sob! Serangan DDoS adalah salah satu jenis cyber crime yang patut Anda waspadai. Dilansir dari…
proxy server
Read More
Apa itu Proxy Server? Fungsi, Cara Kerja & Manfaatnya
Berbagai kasus cyber crime dunia maya membuat pengguna internet harus makin waspada. Penggunaan Proxy Server bisa menjadi pilihan…