Awal tahun 2021 dimulai dengan berita seputar keamanan data Whatsapp. Whatsapp akan bekerja sama dengan Facebook. Banyak pihak merasa khawatir dengan keputusan ini. Pasalnya, banyak yang khawatir data mereka akan dibagi ke Facebook. Ini beneran nggak, Sob?

Kali ini kita akan membahas tentang keamanan data Whatsapp. Buat kalian yang lagi khawatir dengan hal ini, mari merapat! Simak baik-baik ya, Sob!

keamanan data whatsapp
gambar dari unsplash

Bergabung dengan Facebook

Pada 8 Februari 2021, Whatsapp mengeluarkan kebijakan privasi yang baru. Kebijakan privasi itu memuat ketentuan pengumpulan dan penggunaan data pengguna oleh Whatsapp. Kalau kamu ingin terus menggunakan Whatsapp, maka kamu harus menyetujui kebijakan privasi yang baru itu. Hal ini juga berkaitan dengan induk perusahaan Whatsapp yaitu Facebook.

Kabar ini membuat banyak orang sangsi dengan keamanan data Whatsapp. Banyak yang beranggapan kalau Whatsapp akan membagikan data penggunanya ke Facebook. Bagaimanapun, Facebook adalah induk perusahaan dari Whatsapp. Namun, benarkah seperti itu?

Amankah data kita?

Sebenarnya pengubahan kebijakan privasi dilakukan agar para pengguna bisa memiliki akses yang lebih mudah kef fitur-fitur yang disediakan Facebook. Dengan kebijakan privasi yang baru, para pengguna bisa mengakses layanan yang disediakan Facebook dengan lebih mudah.

Whatsapp gencar melakukan klarifikasi bahkan melakukan iklan untuk menjawab keresahan para pengguna terkait keamanan data mereka. Whatsapp menegaskan bahwa kebijakan privasi yang baru nggak akan berpengaruh pada privasi data kamu dengan teman, keluarga, atau lainnya.

Ketahui serba-serbi keamanan data Whatsapp

Sama seperti sebelumnya, pesan di Whatsapp selalu dilindungi dengan sistem enkripsi data dari ujung ke ujung atau end to end encryption. Kamu pasti udah nggak asing dengan istilah ini. Setiap kamu memulai pesan dengan kontak yang baru, kamu akan mendapatkan notifikasi di bagian atas pesan bahwa pesan tersebut dilindungi dengan sistem keamanan bernama end to end encryption.

Dari sini isa disimpulkan bahwa keamanan data kamu aman. Walaupun kebijakan privasi mereka diperbarui, keamanan data kamu tetap terlindungi seperti sedia kala. Baik Whatsapp maupun Facebook nggak bisa melihat pesan yang kamu kirimkan ke lawan bicaramu. Rumor yang mengatakan bahwa Whatsapp dan Facebook merekam pembicaraan pengguna adalah rumor yang salah.

Selain itu, Whatsapp juga nggak punya pencatatan khusus yang berisi siapa saja yang mengirim pesan ataupun melakukan panggilan. Baik panggilan audio maupun panggilan video di Whatsapp. Jadi, kalau ada rumor yang mengatakan bahwa Whatsapp memata-matai pergerakan kita, itu salah ya!

Lalu, kalau untuk grup gimana? Sama dengan pesan yang dikirim secara privat, grup Whatsapp juga terlindungi. Keamanan data kamu tetap aman meskipun dikirimkan secara kelompok di dalam grup. Baik pesan privat maupun grup sama-sama dilindungi dengan sistem keamanan tertentu yang menjamin keamanan data para penggunanya.

Sebagai pengguna, Whatsapp memberikan kebebasan untuk kamu mengirim pesan sementara dan mengunduh data-data kamu. Kamu bisa melakukan sinkronisasi dengan email untuk menyimpan data kamu secara berkala. Misalnya setiap pekan tau setiap bulannya. Kalau kamu nggak mau, kamu bisa memilih opsi untuk tidak melakukan sinkronisasi.

Last but not least, Whatsapp sudah mengkonfirmasi bahwa mereka tidak membagikan data pengguna kepada Facebook. Facebook nggak bisa mengakses data pengguna Whatsapp. Jadi, chill aja, Sob! Data kamu tetep aman kok.

Dari artikel Jagoan Hosting kali ini, kamu jadi paham kan tentang bagaimana keamanan data di Whatsapp? Artikel ini juga menjadi jawaban untuk orang-orang yang masih percaya dengan rumor yang sempat beredar kalau data kita tidak terlindungi oleh Whatsapp.

Sama seperti Whatsapp, Jagoan Hosting juga perhatian banget buat urusan keamanan. Keamanan menjadi salah satu concern utama Jagoan Hosting sebagai penyedia layanan Cloud Hosting dan VPS Terbaik di Indonesia. Untuk mendapatkan informasi-informasi terkini dari dunia teknologi, kamu bisa terus pantengin blog Jagoan Hosting. Jagoan Hosting, jagonya Cloud Hosting Indonesia dan VPS Terbaik!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like