Para UMKM, ayo segera go online! Bukan tanpa alasan, seruan untuk segera go online digaungkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita semua. Demi kebaikan para UMKM, banyak pihak yang mengajak para UMKM untuk go online. Kenapa? Karena buktinya banyak sekali keuntungan UMKM digital. Nggak cuma di masa pandemi, tapi juga di luar pandemi.

Kita ulas lima keuntungan UMKM digital di masa pandemi. Simak baik-baik ya, Sob!

keuntungan UMKM digital
gambar dari unsplash

Bertahan di masa sulit

Bukan rahasia lagi kalau pandemi menjadi masa-masa sulit buat semua. Nggak ada pihak yang tetap merasa nyaman di masa pandemi. Pasti ada hal yang berubah dan menuntut kita untuk beradaptasi. Begitu juga dalam bidang ekonomi. Ternyata, kondisi kesehatan di dunia ini ikut berpengaruh pada perekonomian, termasuk untuk para penggiat usaha menengah atau yang biasa disebut dengan UMKM.

Bertahan di masa pandemi bukan hal yang mudah. Banyak UMKM yang harus gulung tikar karena gagal bertahan di tengah himpitan ekonomi kala pandemi. Kebanyakan dari UMKM ini adalah UMKM yang masih menjalankan usaha secara konvensional sehingga belum begitu kuat untuk bertahan ketika semua hal dilakukan secara online.

Banyak pekerja yang harus dirumahkan, banyak pelanggan yang hilang, banyak pemasukan yang gagal didapatkan. Pelanggan menurun, pemasukan semakin sedikit. Kenapa? Karena ketika pandemi gerak masyarakat jadi terbatas. Untuk urusan belanja pun akan dilakukan secara online. Dari peristiwa ini kita jadi tau bahwa salah satu keuntungan UMKM digital adalah memiliki peluang bertahan yang lebih besar.

Tetap jangkau pembeli meski pandemi

Kenapa UMKM perlu go online? Salah satunya untuk tetap menjangkau pembeli. Perubahan kebiasaan dari konsumen yang awalnya melakukan banyak hal secara konvensional menjadi online, menuntut para UMKM untuk bisa go online. Dengan mulai go online, UMKM bisa tetap menjangkau pelanggan walaupun sedang dalam situasi pandemi.

Pergerakan konsumen yang terbatas nggak akan menjadi halangan untuk membeli produkmu. UMKM yang berhasil go online punya kesempatan untuk tetap memiliki pemasukan yang cukup ketika pandemi. Bahkan nggak menutup kemungkinan para UMKM ini malah meraup keuntungan yang lebih besar? Kok bisa? Bisa dong, Sob! Selama kamu bisa melakukan pemasaran secara digital maka peluang bisnismu akan terus terbuka lebar.

Hemat pengeluaran, hal utama untuk bertahan

Salah satu cara penting untuk tetap bertahan di masa pandemi adalah dengan mengurangi pengeluaran. Pemangkasan pengeluaran ini sudah dilakukan oleh para pebisnis di luar sana. Bahkan nggak cuma UMKM, tapi para pebisnis besar berskala perusahaan sekalipun. Dengan melakukan go online atau digitalisasi, kamu sudah memangkas biaya-biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk proses konvensional. Misalnya, menyewa toko offline yang harganya jutaan bahkan milyaran.

Kamu hanya perlu menyiapkan platform untuk berjualan. Media sosial, aplikasi, bahkan website toko online yang berisi produkmu. Untuk membuat toko online yang berkualitas, kamu perlu menggunakan layanan hosting yang berkualitas juga. Kenapa? Biar para pelanggan kamu punya user experience yang baik saat menelusuri toko online-mu. Kalau urusan hosting, percayakan aja sama Jagoan Hosting, penyedia layanan Cloud Hosting Indonesia Terbaik dengan harga dan performa yang sebanding!

Jadi bukti profesionalitas usaha

Nggak bisa dipungkiri kalau saat ini orang suka kepo dengan bisnis dan produk. Mereka akan menggali informasi melalui internet untuk mendapatkan informasi seputar produk yang akan dibeli. Dengan go online, kamu akan memudahkan pembeli untuk mendapatkan informasi tersebut. Dengan begitu, profesionalitas dari bisnis dan pelayananmu akan lebih terjamin.

Berkembang lebih pesat

Keuntungan UMKM digital yang terakhir adalah perkembangan yang lebih pesat. Selayaknya bisnis konvensional dan bisnis yang menggunakan teknologi, tentu saja perkembangannya akan berbeda. Kamu memiliki peluang untuk scale up yang lebih besar ketika go online!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like