Digitalisasi perbankan – Pastinya, Sobat Jagoan Hosting yang gemar menabung sudah tidak asing lagi dengan transaksi perbankan. Banyak sekali transaksi perbankan yang bisa kita lakukan, seperti: menabung (saving), tarik tunai, kredit usaha sampai dengan kegiatan transfer uang antar bankantarbank.

Seiring perkembangannya, dengan adanya layanan digital server terbaik, layanan perbankan dapat dilakukan secara digital. Artinya, kamu tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transfer uang. Nah, inovasi tersebut populer dengan nama digitalisasi perbankan.

Mungkin kamu dibuat penasaran, apa itu digitalisasi perbankan dan layanan perbankan apa saja yang dapat dilayani secara digital? Selain itu, apa saja manfaatnya bagi kehidupan kita? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Digitalisasi Perbankan?

digitalisasi perbankan
gambar dari unsplash

Tentunya, sobat Jagoan Hosting sudah mengenal istilah perbankan. Pengertian perbankan merupakan kegiatan industri yang bergerak di bidang layanan jasa keuangan, seperti: melayani setor tunai, tarik tunai, kredit masyarakat, transfer uang sampai dengan layanan informasi di bidang perbankan.

Adapun pengertiannya adalah layanan perbankan secara digital. Artinya nasabah bank tidak perlu lagi datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan. Digitalisasi perbankan ini dinilai sangat menguntungkan banyak pihak.

Selain itu, digitalisasi perbankan ini memungkinkan perbankan untuk menerbitkan produk nontunai yang memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi jarak jauh. Pada umumnya, produk non tunai perbankan berupa: e-wallet atau rekening digital.

Jenis-Jenis Layanan Digital Perbankan yang Sedang Marak

Perlu kamu tahu, saat ini di era adaptasi kebiasaan baru, layanan digital perbankan sangat marak, Sob. Itu karena adanya perubahan masyarakat yang lebih nyaman melakukan transaksi digital secara online dengan memanfaatkan internet. Adapun jenis-jenis layanan digital perbankan yang marak digunakan adalah sebagai berikut.

Layanan Phone Banking

Pernahkah kamu melakukan transaksi perbankan by phone, Sob? Nah, jika pernah layanan tersebut disebut dengan phone banking. Perlu kamu tahu, phone banking ini merupakan salah satu jenis produk digitalisasi perbankan.

Layanan phone banking ini memudahkan nasabah melakukan transaksi perbankan. Adapun transaksi yang dilayani oleh layanan phone banking, seperti: cek saldo, transfer dana, mutasi rekening, pembayaran sampai dengan isi ulang pulsa.

Pada layanan phone banking ini, nasabah akan dilayani oleh customer care bank yang sedang bertugas. Keuntungan lainnya, kamu dapat menggunakan layanan phone banking ini tanpa batas waktu, yaitu online 24 jam.

Layanan Internet Banking

Adanya cloud hosting terbaik seperti layanan Jagoan Hosting, membuat layanan bank pun dapat diakses menggunakan internet. Umumnya, layanan internet banking ini dapat diakses menggunakan komputer dan smartphone yang terhubung dengan internet.

Adapun transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking adalah sebagai berikut.

  • Informasi saldo sampai dengan mutasi rekening.
  • Informasi nilai tukar mata uang.
  • Transfer dana.
  • Pembayaran tagihan, seperti: tagihan kartu kredit, listrik, telepon, ponsel, tagihan air sampai dengan premi asuransi.
  • Pembelian tiket pesawat, saham, isi ulang pulsa sampai dengan pembayaran belanja online.

Layanan SMS Banking

Ternyata, selain phone banking di era digitalisasi perbankan ini, kamu juga dapat menikmati layanan SMS banking. Adapun layanan SMS banking yang dapat kamu nikmati, seperti: transfer, cek saldo, mutasi rekening, pembayaran kartu kredit dan isi ulang pulsa.

Layanan Mobile Banking

Maraknya penggunaan smartphone berbasis aplikasi, mendorong perbankan untuk menerbitkan layanan mobile banking. Nah, jika kamu ingin menggunakan mobile banking, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasinya di smartphone kamu. Ada banyak transaksi perbankan yang dapat kamu lakukan di mobile banking.

Manfaat Layanan Digitalisasi Perbankan Bagi Kita

Pastinya, digitalisasi perbankan ini sangat bermanfaat bagi semua pihak. Adapun manfaat layanan digitalisasi perbankan bagi kita adalah sebagai berikut.

Praktis dan Mudah Diakses

Bukan rahasia lagi, layanan internet memang dinilai sangat praktis. Itu karena internet mudah diakses dan menjangkau ke seluruh pelosok. Jadi, kamu tidak perlu lagi datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan. Kamu cukup memanfaatkan jaringan internet di gadget, Sobat.

Menghemat Biaya dan Waktu

Tentu saja, digitalisasi perbankan dinilai dapat menghemat biaya dan waktu. Hemat biaya yang dimaksud kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk datang ke bank. Selain itu, Sobat dapat menghemat waktu karena tidak membutuhkan waktu yang lama saat antre di bank.

Ramah Lingkungan

Adanya digitalisasi perbankan ini dinilai ramah lingkungan karena bank dapat menghemat kertas. Hal tersebut karena semua transaksi perbankan dilakukan melalui proses digital menggunakan gadget dan akses internet.

Mengurangi Human Error

Perlu kamu tahu, digitalisasi perbankan dapat mengurangi human error. Hal itu karena hampir semua transaksi perbankan dilakukan oleh sistem digital bahkan ada juga yang memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Itulah tentang digitalisasi perbankan yang dinilai memberikan banyak manfaat bagi semua pihak. Tentu saja, digitalisasi perbankan ini harus menggunakan server terbaik supaya data nasabah aman. Tips buat Sobat, pilihlah layanan perbankan digital yang memberikan pelayanan terbaik dan aman diakses. Nah, jika kamu ingin merintis bisnis digital, pastikan pilihanmu pada  hosting paling fleksibel dari Jagoan Hosting.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like