Midjourney: AI Pembuat Gambar yang Mudah

midjourney

Mid Journey AI – Teknologi AI atau Artificial Intelligence kini sedang sangat digandrungi oleh pengguna internet di seluruh dunia. Kehebatan AI dalam membantu pekerjaan manusia yang sebelumnya membutuhkan lebih banyak waktu membuat orang-orang terpukau karena bisa menyelesaikan pekerjaannya dalam waktu yang lebih cepat.

Tak hanya dalam bentuk tulisan, teknologi AI juga dapat menghasilkan dalam bentuk gambar.  Salah satu teknologi AI yang sedang marak digunakan adalah teknologi GAI atau Generative Artificial Intelligence.

Teknologi tersebut memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang membuatnya dapat mempelajari sendiri berbagai macam tugas dalam banyak domain. Salah satu contoh perusahaan yang mengembangkan teknologi GAI adalah Midjourney.

Apa itu Midjourney AI?

Midjourney merupakan laboratorium eksperimen independen yang didirikan oleh David Holz. Sebelum mendirikan Midjourney, David Holz merupakan salah satu co-founder Leap Motion, sebuah perusahaan yang memproduksi teknologi motion-sensing untuk komputer dan headset VR, pada tahun 2010.

Kali ini, David Holz mendirikan Midjourney sebagai sarana melakukan eksplorasi terhadap media-media pemikiran baru dan mengembangkan kekuatan imajinasi manusia. Teknologi yang dibuat oleh Midjourney berfokus pada desain, infrastruktur manusia, dan teknologi AI. Midjourney menggabungkan antara teknologi AI dan kesenian untuk membuat hasil karya visual dengan mudah dan cepat. 

Midjourney memungkinkan penggunanya untuk mengubah teks yang diperintahkan oleh pengguna menjadi gambar. Midjourney dapat menghasilkan visualisasi CGI – 3D dalam waktu maksimal 60 detik. Gambar yang dihasilkan melalui Midjourney dapat memvisualisasikan berbagai emosi, perjalanan masa ke masa, media gambar atau lukis, palet warna, dan latar belakang.

Midjourney memiliki beberapa pesaing yang menggunakan teknologi serupa seperti DALL-E 2 dan Stable Diffusion. Jika dibandingkan dengan DALL-E 2, gambar yang dihasilkan DALL-E 2 lebih realistik atau menyerupai foto sedangkan gambar yang dihasilkan oleh Midjourney lebih terlihat artsy.

Jika dbandingkan dengan Stable Diffusion, kuaitas gambar yang dihasilkan oleh Stable Diffusion masih lebih rendah dibandingkan Midjourney. Namun, harga berlangganan Midjourney lebih mahal dibandingkan Stable Diffusion.

Cek Konten Lainnya:
7 Fakta Bill Gates Ini Mungkin Tak Banyak Kamu Ketahui

Percobaan pertama Midjourney dilakukan melalui server perselisihan pada 14 Maret 2022. Sebulan setelah percobaan tersebut yakni April 2022, Midjourney Versi 2 diluncurkan. Kemudian, Midjourney berturut-turut merilis Versi 3 dan iterasi alfa Versi 4 pada Juli dan November 2022. Usaha tersebut pun membuahkan hasil keuntungan finansial pada Agustus 2022.

Berapa Biaya Berlangganan Midjourney?

subscription midjourney

Awalnya, Mid journey AI Image Generator memberikan versi percobaan gratis kepada penggunanya di awal pemakaian dengan memungkinkan mereka membuat 25 gambar secara gratis. Sayangnya, kini percobaan hanya dapat dilakukan dengan 4 gambar.

Jika versi percobaan gratis tersebut sudah habis, pengguna perlu berlangganan versi paket berbayar untuk melanjutkan penggunaannya. Paket berbayar Midjourney dapat dibayar secara bulanan maupun tahunan.

Tingkat kemahalan paket berbayar tersebut ditentukan dengan jumlah waktu yang dibutuhkan GPU atau Graphics Processor Unit Midjourney untuk melakukan proses gambar yang diminta.

Semakin bagus kualitasnya, semakin lama pula proses yang dibutuhkan. Jika kalian ingin kualitas gambar yang lebih baik, kalian dapat membayar biaya tambahan untuk extra time.

Baca juga: 10+ Tools AI Alternatif ChatGPT Terbaik (Gratis dan Bayar)

Bagaimana Cara Menggunakan Midjourney?

Registrasi atau Log In Akun Discord

join midjourney

Untuk menggunakan Midjourney, kalian harus memiliki akun Discord. Hal tersebut disebabkan karena perintah pembuatan gambar Midjourney dilakukan melalui Discord.

Bergabung di Midjourney

Masuklah ke laman https://www.midjourney.com/home/ melalui browser kalian dimana nanti akan ditampilkan beberapa perintah. Klik ‘Join the Beta’ untuk menerima undangan dari Midjourney. Setelah mendapat invitasi, terimalah invitasi tersebut dengan klik ‘Accept Invite’ sehingga kalian akan diarahkan kembali ke Discord untuk bergabung dengan server Midjourney.

Mengubah Teks Menjadi Gambar

Setelah kalian masuk di server Mid journey AI, kalian akan melihat banyaknya ratusan channel yang ada di bilah sebelah kiri tampilan Discord. Pilihlah salah satu channel tersebut untuk bergabung.

Cek Konten Lainnya:
Cara Proxy Spaces dengan Nginx di Ubuntu 16.04

Jika sudah bergabung, kalian dapat melakukan pemberian perintah untuk membuat gambar di kolom chat pada bagian bawah tampilan Discord. Perintah yang dibuat diawali dengan

/imagine (prompt)….

Ketika kalian mengetik perintah tersebut, pop up prompt akan muncul sehingga kalian akan memiliki banyak kata-kata pilihan dalam Bahasa Inggris yang mendukung imajinasi kalian. Pilihlah kata-kata yang kalian inginkan pada pop pup prompt tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa Midjourney tidak mengizinkan penggunanya untuk membuat gambar yang mengandung kekerasan berdarah maupun seksual. 

Apabila kalian pengguna yang baru pertama kali menggunakan Midjourney, kalian akan diminta untuk mematuhi aturan-aturan yang mereka buat. Jika kalian menyetujuinya, klik ‘Accept ToS’. Kemudian, tunggu beberapa saat selagi Midjourney memproses gambar yang akan dibuat.

Setelah Midjourney selesai melakukan prosesnya, kalian akan ditampilkan beberapa hasil gambar yang berkaitan dengan teks yang kalian perintahkan. Gambar-gambar tersebut terdiri dari berbagai macam variasi. Selain menghasilkan gambar, kalian juga dapat memperbesar, membuat variasi lain, dan mengunggah gambar tersebut.

Baca juga: Apa itu Chat GPT? Manfaat & Cara Menggunakannya

Apakah Orang Lain dapat Melihat Hasil Gambar Kita Melalui Mid Journey AI?

Pengguna dapat memilih status publikasi gambar yang dihasilkan melalui Midjourney. Pengguna dapat memilih status publik apabila ia tidak keberatan orang lain mengetahui proses serta hasil gambarnya melalui Midjourney.

Namun, apabila pengguna tidak ingin proses serta hasil karyanya dilihat oleh publik, pengguna dapat memilih opsi ‘stealth’ yang berarti siluman sehingga karyanya hanya dapat dilihat dirinya sendiri. 

Bagaimana Hak Cipta Gambar Hasil Karya Mid Journey AI?

Banyak perdebatan mengenai status seni dari gambar yang dihasilkan melalui Midjourney. Pro-kontra terjadi karena ide gambar tersebut sebetulnya berasal dari penggunanya sendiri namun karyanya dikerjakan oleh teknologi GAI tersebut. Selain masalah mengenai status seni, masalah hak cipta turut diperbincangkan.

Cek Konten Lainnya:
6 Cara Mengganti Password Wifi Semua Provider dengan Mudah

Banyak orang mengira bahwa gambar yang dihasilkan oleh Midjourney dapat langsung dijual seperti di NFT marketplace. Kenyataannya hal tersebut tidak semudah itu untuk dilakukan. Menurut Terms of Service yang dibuat oleh Midjourney per tanggal 23 Februari 2022, hak cipta gambar yang dihasilkan merupakan milik Midjourney. Gambar yang dihasilkan pun dapat digunakan kembali oleh pengguna lainnya.

Apabila akun pengguna Midjourney yang digunakan merupakan akun pribadi, pengguna dapat menggunakan gambar tersebut untuk kepentingan pribadi namun dengan beberapa aturan jika ingin menggunakannya secara komersial.

Sedangkan, apabila akun pengguna tersebut merupakan perusahaan yang memperoleh pendapatan kotor lebih dari $1.000.000 USD per tahun, pengguna tersebut harus membayar paket Pro. Apabila pengguna tidak meggunakan paket berbayar, gambar yang dihasilkan tidak dapat dimiliki olehnya.

Namun, Midjourney memberikan lisensi untuk aset tersebut di bawah Lisensi Internasional Atribusi Creative Commons Noncommercial 4.0.

Baca juga: Mengenal Bing AI, Chatbot Canggih Milik Microsoft

Apakah Midjourney Akan Menggantikan Desainer Grafis Profesional?

Apakah seseorang yang membuat karya melalui Midjourney dapat dikatakan kreatif? Kreativitas tidak hanya berupa pembuatan karya dalam menggambar atau melukisnya saja. Namun, kreativitas juga digunakan ketika seseorang menggunakan kata-kata yang tepat untuk membuatnya menjadi gambar melalui teknologi. 

Midjourney memang memungkinkan seseorang untuk menghasilkan gambar dalam waktu yang singkat. Teknologi seperti Midjourney pun akan semakin berkembang dan menghasilkan karya yang semakin baik.

Namun, perlu diingat bahwa jika kalian menginginkan hasil karya yang sesuai dengan keinginan kalian secara detail, hal tersebut hanya dapat diperoleh dengan bantuan manusia atau profesional.

Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian tertarik untuk membuat karya melalui Mid journey AI?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
aplikasi membuat animasi
Read More
Ini 7 Aplikasi Membuat Animasi Terbaik bagi Para Animator
Pernahkan terbesit di pikiranmu bagaimana proses pembuatan animasi pada film-film yang biasanya kita nikmati di layar kaca? Selain…
Read More
Apa Sih Server Monitoring Itu? dan Toolsnya
Server Monitoring Itu Adalah : Seperti namanya, Server Monitoring adalah alat untuk memantau seluruh kinerja yang sedang berlangsung…