Pop up adalah notifikasi berupa jendela yang biasanya muncul ketika kamu membuka gadget. Kemunculan pop up memiliki tujuan berbeda-beda, misalnya sebagai peringatan dari sistem atau pesan baru di aplikasi.

Selain pada perangkat seperti gadget, pop up juga bisa difungsikan sebagai pengingat dalam situs web atau situs internet lainnya. Penggunaan pop up ini akan memudahkan sistem mendapat perhatian dari user. Yuk pelajari selengkapnya di sini.

Apa itu Pop Up?

Jika dilihat secara teknis, pop up adalah sebuah jendela yang ditampilkan di layar depan antarmuka visual. Tak hanya itu, pop up bisa muncul saat kita sedang menjalankan suatu aplikasi. Kehadiran pop up adalah atas pilihan kita sendiri maupun pengaturan yang telah diatur sebelumnya oleh kita sebagai pengguna.

Hadirnya pop up di layar gadget pengguna dapat terjadi mengikuti tindakan memencet tombol tertentu atau melakukan gerakan yang spesifik. Pada saat layar smartphone sedang terkunci, jendela notifikasi pada layar depan itu bisa disebut dengan pop up jenis notifikasi.

Fungsi Pop Up

Fitur pop up tidak terbatas pada estetika saja. Kehadirannya memiliki segudang fungsi. Berikut fungsi-fungsi pop up:

1. Pemberi notifikasi

Pertama dalam fungsi pop up adalah mengingatkan pengguna untuk memilih suatu tindakan seperti memencet satu tombol, membuat pilihan atau cukup melihatnya saja. Hal ini akan muncul dalam jenis script pop up dimana papan peringatan spesifik akan dimunculkan di layar pengguna.

2. Sistem peringatan

Pop up juga bisa berfungsi sebagai sarana bagi pengguna untuk mengetahui ada yang bermasalah dalam gadgetnya. Contohnya, smartphone kamu mulai kehabisan tempat penyimpanan, fungsi pop up adalah memunculkan suatu pemberitahuan untuk memperingatkan penyimpanan kamu sudah terbatas saat hendak mengunduh suatu aplikasi.

Baca juga: 7 Tips Untuk Meningkatkan Kinerja Smartphone

3. Alat promosi

Fungsi pop up lainnya adalah sebagai alat promosi. Jika kamu mengunduh suatu aplikasi dengan fitur berbayar atau memiliki elemen pembayaran didalamnya, pop up akan muncul secara berkala untuk memasarkan faktor tersebut. 

Sebagai contoh, aplikasi marketplace seperti Tokopedia dan Shopee akan memberitahu melalui pop up ke gadget kamu saat sedang ada promosi besar-besaran seperti 11.11 sale.

Jenis-Jenis Pop Up

Pop up dalam gadget milik pengguna pun memiliki berbagai jenis. Perbedaan jenis ini dikategorikan berdasarkan tujuan dan bentuknya. Berikut jenis-jenis pop up:

1. Pop up aplikasi

Jenis pertama pop up adalah pop up aplikasi. Pop up ini dikeluarkan oleh aplikasi yang telah diunduh di gadget milik pengguna dan biasanya menggambarkan suatu kegiatan, pesan masuk, keperluan pembaharuan aplikasi maupun iklan. Pop up ini umumnya muncul secara otomatis pada layar gadget pengguna.

2. Pop up dialog box

Jenis pop up selanjutnya adalah dialog box. Tujuan pop up dialog box adalah memberitahu pengguna gadget untuk mengkonfirmasi sesuatu atau memberikan peringatan. Ketika terdapat kesalahan saat menginput data atau melakukan sesuatu yang tidak benar, pop up dialog box akan muncul.

3. Pop up iklan

Pop up iklan merupakan pemberitahuan layanan maupun elemen dalam suatu aplikasi. Biasanya, jenis iklan pop up artinya mengandung poster, flyer atau infografis untuk memasarkan produk atau jasa dalam aplikasi tersebut.

Umumnya, sifat iklan pop up adalah aman untuk diklik oleh pengguna. Namun pop up iklan yang muncul pada web-web illegal seperti streaming film illegal, web berisi cheat software maupun alat untuk hacking berpotensi memberikan virus pada gadget kamu.

4. Pop up notifikasi sistem

Salah satu jenis pop up adalah notifikasi sistem yang hadir dengan tujuan untuk memberitahu kondisi sistem pada gadget. Jika salah satu fitur pada gadget kamu mengalami error, maka pop up notifikasi sistem akan muncul dalam bentuk jendela pada layar kamu.

Baca juga: Gunakan 5 Aplikasi Penghapus Iklan Ini Agar Lebih Mudah Berselancar di Jagat Maya!

5. Pop up pengaturan

Pop up juga bisa muncul pada PC maupun laptop pribadi milik kamu. Pada layar utama kamu, klik kanan dan akan muncul pop up untuk mengatur tindakan yang diinginkan. Contohnya pada sistem operasi Windows, tindakan ini akan menghadirkan opsi untuk Sort By, View, Refresh, New dan sebagainya.

Cara Membuat Pop Up

Lalu, bagaimana cara membuat pop up untuk gadget kamu? Berikut beberapa cara untuk mengatur pop up pada aplikasi-aplikasi yang umum digunakan oleh pemilik perangkat pintar.

1. Cara membuat pop up di Whatsapp

Untuk mengaktifkan notifikasi pesan Whatsapp dalam bentuk pop up adalah dengan memilih menu pengaturan di kanan atas tampilan Whatsapp yang bertanda titik tiga vertikal. Lalu, pilihlah Setelan (Settings), Notifikasi dilanjutkan dengan Notifikasi Pop Up. Untuk mengatur notifikasi obrolan grup, ketuk ‘Notifikasi Grup’.

Setelah itu, akan ada jendela berjudul ‘Notifikasi Pop Up’ dan pilihan ‘Tidak Ada Pop Up’ dan ‘Hanya Ketika Layar “Hidup”’. Pilihlah sesuai kebutuhan kamu.

2. Cara mengatur pop up di Instagram

Selanjutnya, kamu bisa mengatur pop up aplikasi media sosial berbagi foto dan video, Instagram di gadget kamu. Cara memunculkannya adalah dengan membuka Instagram dan mengklik Profile yang berisikan Profile Picture akun Instagram kamu.

Selanjutnya, tekan menu Options berbentuk garis tiga. Pada pop up menu yang muncul, pilihlah Settings dan Notifications. Lalu, pada segmen Push Notifications, kamu bisa mengatur untuk kemunculan notifikasi pop up post, stories, comments, reels maupun live video.


Nah, sekarang kamu sudah tahu kan mengenai apa itu pop up dan bagaimana cara kerjanya? Kamu bisa memanfaatkan pop up sebagai pengingat hal-hal penting, misalnya pesan baru dari atasan atau orang tertentu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa simak info seputar teknologi lebih lanjut di Jagoan Hosting!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like