Cara menghasilkan uang dari internet adalah aktivitas yang bisa dilakukan hampir semua orang. Prosesnya juga tidak terlalu sulit asalkan kamu tahu area dan cara yang tepat untuk mendapatkan keuntungan. Sudah banyak orang yang menghasilkan ratusan juta melalui usaha online mereka di internet. 

Mendapatkan uang dari internet juga bisa dilakukan hanya dengan modal kuota. Selanjutnya, kamu hanya perlu tahu hal apa yang bisa dieksplorasi untuk mendatangkan cuan dan sesuai kemampuan kamu. Berikut adalah beberapa inspirasi cara menghasilkan uang dari internet bagi pemula.

15 Cara menghasilkan uang dari internet

Dari banyak hal yang tersedia untuk cara menghasilkan uang dari internet, berikut adalah beberapa di antaranya:

Penulis lepas

Kamu punya hobi menulis? Siapa sangka hobi kamu termasuk ke dalam cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal yang cukup menjanjikan loh. 

Penulis freelance adalah mereka yang bekerja untuk klien dengan menulis topik tertentu. Namun, seorang freelance writer kebanyakan berstatus tidak terikat dan hanya dilibatkan pada beberapa project saja. Kamu bisa bergabung di situs freelancer untuk bisa menjadi seorang freelancer content writer.

Profesi penulisan kreatif, termasuk dalam bentuk pekerjaan freelance dinilai efektif sebagai cara menghasilkan uang dari internet. Jika kamu menekuni bidang ini dengan serius, kamu bisa menghasilkan jutaan rupiah dari pekerjaan tersebut!

Jasa kursus online

Cara menghasilkan uang dari internet tidak harus selalu dengan menjual barang, tapi juga bisa berupa jasa atau keahlian. Salah satunya, yaitu dengan membuka kursus online yang bermodalkan kompetensi dan keahlian mengajar. 

Ada banyak ilmu yang bisa kamu bagikan secara online, mulai dari mata pelajaran sekolah, tips dan trik bisnis, tutorial, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menggunakan video call melalui Google Meet atau platform live streaming lainnya untuk sesi mengajar. 

Dengan kata lain, membuka kursus online adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah dan modal kecil.

Memulai channel YouTube

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet bagi pemula adalah membangun channel YouTube dan menjadi seorang content creator. Namun sebelum memulai, kamu perlu menentukan siapa target yang dituju. Contohnya, jika target konten adalah anak-anak, buatlah ide konten seperti unboxing atau review mainan.

Sebelum memulai, kamu tentu membutuhkan sejumlah alat-alat pendukung, seperti kamera, lighting, dan perencanaan konten yang menarik. Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube? Selain dari sponsor, seorang youtuber bisa meraih banyak penghasilan tambahan mulai dari iklan atau endorse ketika sedang mereview sebuah produk.

Baca juga: 10 Cara Berpikir Kreatif dalam Menunjang Skill dan Karir

Menjadi streamer game

Streamer game adalah orang yang bermain game sambil live streaming di Twitch ataupun YouTube. Cara yang ini cukup menarik dan digemari oleh anak muda akhir-akhir ini. Jika ditekuni, profesi ini berpeluang untuk mendatangkan keuntungan, seperti streamer game sukses PewDiePie.

Profesi ini bisa dikatakan sebagai cara menghasilkan uang dari internet dengan mudah. Kamu cukup menyiapkan peralatan untuk merekam, seperti webcam, mic, headset, jaringan internet yang baik, dan spesifikasi PC memadai.

Membuka kursus bahasa asing online

Ahli dalam bahasa asing adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang menjanjikan lho, Sob! Kamu bisa mendaftar untuk menjadi tutor bahasa asing online ataupun membuka kursus sendiri. Kamu bisa mencoba sejumlah website, seperti italki, VerbalPlanet, Remote.co, Learn4Good, dan Chegg Tutors untuk menjadi guru bahasa asing secara online.

Berjualan e-book

Berbekal kemampuan menulis yang baik dan keahlian di bidang tertentu, kamu bisa membuat eBook dan menjualnya. Saat ini eBook semakin populer dan penjualannya pun meningkat. Sehingga banyak toko konvensional yang menyediakan buku versi digital melalui website resmi seperti Gramedia.

Menjual e-book dapat menjadi salah satu opsi mudah cara mendapatkan uang dari internet, terutama bagi seseorang yang suka menulis.

Admin sosial media

Nyatanya media sosial masih menyediakan banyak lahan yang bisa dieksplorasi untuk mendapat cuan. Saat ini, admin sosial media adalah pilihan karier yang sangat berpeluang. Hal ini juga didukung dengan banyaknya perusahaan yang mulai membuka lowongan pekerjaan untuk jobdesk ini. Menekuni profesi ini tentu menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet secara efektif dan mudah.

Customer service online

Tahukah kamu bahwa menjadi seorang customer service online bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet yang menjanjikan? Maraknya bisnis online menyebabkan kebutuhan akan customer service juga meningkat. Oleh karena itu, demi menjaga kepuasan pelanggan banyak perusahaan yang mulai membutuhkan jasa ini. 

Jasa desain grafis

Desain grafis menjadi salah satu peluang bisnis online yang memiliki minat pasar tinggi. Perusahaan dan industri mulai merambah ke dunia digital dan membutuhkan aset atau konten yang tepat untuk produknya. Oleh karena itu, menawarkan jasa desain dapat menjadi cara menghasilkan uang dari internet yang menjanjikan.

Penawaran jasa bisa dilakukan di situs penyedia jasa freelance atau sosial media. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan website penyedia grafis, seperti Shutterstock dan Freepik untuk menjual karya desain.

Menjadi dropshipper

Seorang dropshipper bisa menjual barang tanpa modal, loh. Tentu saja ini menjadi cara mendapatkan uang dari internet yang mendatangkan keuntungan. Kamu hanya berperan sebagai penghubung antara konsumen dan supplier. Selisih harga barang yang kamu tawarkan dengan harga yang supplier tawarkan inilah yang nantinya menjadi keuntunganmu.

Menjadi influencer

Saat ini, influencer menjadi profesi yang semakin marak terutama dengan meningkatnya penggunaan sosial media. Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh dalam pengambilan keputusan seseorang melalui aktivitas mereka di dunia maya. Namun, syarat untuk menjadi influencer adalah memiliki jumlah pengikut banyak di sosial media.  

Profesi ini memang bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet yang menjanjikan. Akan tetapi, kamu membutuhkan audiens sebelum memulainya dan menemukan keunikan untuk membangun branding diri kamu sendiri.

Menjual tema dan plugin

Di era digital seperti sekarang, perkembangan website semakin dibutuhkan di hampir seluruh lapisan masyarakat, terutama untuk keperluan bisnis. Kemampuan untuk mengembangkan website yang masih kurang mendorong masyarakat lebih banyak memilih untuk menggunakan tema dan plugin yang sudah jadi.

Oleh karena itu, menjual dan menyediakan beragam tema dan plugin untuk website dapat menjadi cara menghasilkan uang dari internet yang menguntungkan. Plugin dan tema yang kamu buat bisa dipasarkan melalui marketplace seperti ThemeForest. 

Baca juga: Online Marketing Adalah: Ini Panduan Lengkapnya bagi Pemula

Bergabung afiliasi marketing

Program afiliasi adalah salah satu bentuk kerja sama dengan sebuah perusahaan dalam melakukan promosi produk mereka. Jika kamu berhasil mengajak seseorang untuk membeli atau menggunakan suatu produk dari perusahaan tersebut, maka kamu akan mendapatkan imbalan berupa komisi. 

Menyelami dunia cryptocurrency

Cryptocurrency adalah sebuah inovasi teknologi yang memungkinkan terjadinya transaksi menggunakan uang digital. Terdapat beberapa jenis aset kripto yang bisa kamu pilih, mulai dari Bitcoin sampai Bittorrent. Menekuni cryptocurrency dapat menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang menguntungkan. 

Namun, perlu diketahui bahwa investasi pada aset kripto cukup berisiko sehingga kamu perlu melakukan banyak riset sebelum memulai investasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat menggunakan cryptocurrency, mulai dari investasi, mining, dan trading. 

Membuka toko online

Membuka bisnis toko online adalah salah satu hal umum yang banyak dipilih oleh masyarakat sebagai cara menghasilkan uang dari internet. Kamu bisa menjual produk yang sedang menjadi tren dan pastikan untuk menjual produk yang berkualitas. 

Selain membangun website pribadi untuk toko online, kamu juga bisa bergabung di marketplace online. Dengan membuka toko online, kamu juga berpeluang untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. 

Hal ini tentu berbeda ketika kamu menjual produk secara offline yang pasarnya terbatas. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk masalah konvensional. 

Itulah beberapa cara menghasilkan uang dari internet yang bisa kamu coba lakukan. Tidak hanya modal, kemauan kuat dan konsistensi adalah kunci untuk meraih kesuksesan dalam hal apapun, termasuk memulai usaha di internet. Jadi, bisnis apa yang ingin kamu coba lakukan, Sob?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like