10+ Cara Jualan Online Laris Bagi Pemula di 2024

cara jualan online

Memahami bagaimana cara jualan online yang tepat memang sangat penting untuk para pebisnis. Pasalnya, meski terlihat mudah dan fleksibel untuk dijalani, persaingan di bisnis online juga sangat ketat.

Jika kamu tidak menguasai caranya, bisa-bisa bisnis yang dimiliki kalah dengan kompetitor dan kemungkinan terburuknya bisa sampai gulung tikar. Tentu kamu tidak ingin gulung tikar ketika menjalankan bisnis kan?

Oleh karena itu, pahami berbagai tips jualan online yang efektif dan laris pada artikel berikut ini. Yuk, simak sampai akhir Sob! 

Bisnis Online dan Keuntungannya

Pada dasarnya, bisnis online adalah kegiatan jual beli atau transaksi jual beli yang berjalan melalui media internet. Jadi seluruh transaksi yang berjalan antara penjual dan pembeli semuanya berlangsung secara online. 

Seiring dengan perkembangan internet yang semakin masif, bisnis ini pun juga semakin populer. Media yang bisa kamu gunakan untuk bisnis online bisa berupa website, marketplace, atau media sosial. 

keuntungan jualan online

Melansir dari Stockarea.io, keuntungan dari menjalankan bisnis online adalah proses pembelian yang cepat dan peluang pengembangan bisnis yang lebih cepat. Inilah yang membuatnya berbeda dengan bisnis offline. 

Adanya bisnis online memungkinkan pelanggan untuk membeli dari rumah dan tidak harus berkunjung ke toko offline. Dengan cara ini, pelanggan bisa menghemat tenaga, uang, dan waktu. 

Selain itu, bisnis online memiliki peluang pengembangan yang lebih cepat karena tidak terpaku di satu lokasi saja seperti toko offline. Ketika pengusaha bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat, bisnis bisa berkembang dengan pesat.

Cara Jualan Online yang Laris dan Efektif untuk Pemula

Menjalankan usaha online sebenarnya memang tidak sulit. Akan tetapi, agar bisa memenangkan persaingan, kamu harus tahu bagaimana cara yang tepat. Inilah beberapa cara berjualan secara online yang bisa kamu ikuti:

1. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Jualan online tentu tidak akan bisa berjalan tanpa adanya produk. Kamu bebas menentukan produk seperti apa yang ingin kamu tawarkan kepada konsumen. Akan tetapi, pahami juga bahwa tidak ada jaminan produk tersebut bisa laku di pasaran.

Cek Konten Lainnya:
Ini Dia 5 Skill Utama Project Management Professional!

Oleh karena itu, pilihlah produk yang tepat dengan pertimbangan yang matang. Agar lebih mudah menentukan produk, ada 3 (tiga) cara yang bisa kamu lakukan:

a. Produk Sesuai Minat

Pemilihan produk bisa berdasarkan minat atau hobi dari orang yang menjualnya. Misalnya kamu memiliki minat yang sangat tinggi terhadap perawatan kulit wajah, maka coba jual skincare. 

Dengan cara ini kamu bisa memiliki produk jualan yang sesuai dengan minat. Alhasil ketika menjualnya kamu pun bisa merasa senang karena sesuai dengan apa yang kamu minati. 

b. Produk Sesuai Trend

Trend adalah salah satu hal yang sangat mempengaruhi suatu bisnis. Karena ketika trend terhadap produk tersebut sedang tinggi, penjualannya pun bisa meningkat. Misalnya, saat ini makanan berupa croffle sedang sangat trend di Indonesia. 

Banyak orang yang mencari croffle untuk mereka konsumsi. Kamu bisa menjual croffle karena permintaan yang tinggi tersebut. Dengan begitu, keuntungan pun bisa tinggi. 

c. Produk yang Menjawab Masalah Konsumen

Produk yang laris adalah yang bisa menjawab masalah konsumen. Adanya prinsip ini bisa menjadi dasar untuk menentukan produk jualan online. Coba lakukan riset untuk mencari tahu apa yang sebenarnya sedang banyak orang butuhkan. 

Kemudian jual produk yang bisa menjawab kebutuhan tersebut. Misalnya, banyak orang yang bermasalah dengan jerawat dan wajah yang berminyak. Solusinya coba jual produk skincare untuk wajah yang berminyak dan berjerawat. 

2. Menyusun Rencana Bisnis

Cara jualan online selanjutnya adalah menyusun rencana bisnis. Setelah menemukan produk, selanjutnya susun rencana bisnis atau business plan. Isi dari dokumen ini adalah berbagai hal yang menyangkut bisnis online. 

Mulai dari anggaran dana untuk bisnis, strategi pemasaran dan penjualan, analisis pasar, deskripsi usaha, hingga deskripsi mengenai produk. Pembuatan business plan bertujuan sebagai pedoman dan peta bisnis di masa depan. 

Kamu akan sangat terbantu dengan kehadiran rencana bisnis meski formatnya sederhana. Tanpa adanya rencana bisnis yang jelas, sulit bagi usaha untuk mencapai target atau tujuan yang jelas di masa depan. 

3. Menentukan Unique Selling Point (USP)

Cara sukses jualan online selanjutnya adalah menentukan unique selling point atau ciri khas produk. Adanya ciri khas membuat produk akan jauh lebih menarik dari kompetitor. 

Carilah hal yang membuat produkmu lebih unggul dan berbeda daripada produk dari pesaing lainnya. Keberadaan USP akan membuat pemilik usaha bisa menargetkan target pasar dengan lebih spesifik. 

4. Mencari Supplier yang Tepat 

Setelah produk sudah terpilih rencana bisnis sudah siap, putuskan untuk membuat sendiri produk tersebut atau mencari supplier sebagai pemasok. Apabila menggunakan supplier, maka pilihlah pihak pemasok yang tepat. 

Hal ini sangat penting untuk memastikan stok barang senantiasa aman, berkualitas, dan harganya tidak terlampau tinggi untuk usaha. Pertimbangkan juga soal lokasi dan kemudahan komunikasi dengan pihak pemasok tersebut. 

5. Menentukan Target Konsumen 

Menentukan target konsumen adalah cara jualan online lainnya yang tidak kalah penting. Target market adalah pihak potensial yang akan membeli produk. 

Cek Konten Lainnya:
Tiktok Creative Center: Fitur & Cara Menggunakannya

Target konsumen bisa kamu tentukan dalam beberapa cara, seperti jenis kelamin, usia, lokasi, daya beli, pekerjaan, dan lain sebagainya. Dengan target konsumen yang tepat, strategi pemasaran pun bisa berjalan lebih efektif. 

6. Manfaatkan E-commerce 

Salah satu tempat jualan online yang paling efektif saat ini adalah e-commerce. Dengan menggunakan e-commerce kamu bisa lebih mudah bertransaksi dengan konsumen. 

Selain itu, di dalam e-commerce juga umumnya terdapat banyak fitur yang bisa dimanfaatkan agar jualan menjadi lebih mudah. Beberapa contoh e-commerce yang bisa kamu pilih adalah Shopee, Bukalapak, Blibli, Lazada, dan lain sebagainya.

7. Tunjang dengan Website 

Agar cara jualan online laris dan semakin terkenal, kamu bisa membuat website toko online untuk meningkatkan kredibilitas dan reputasi toko online. Nantinya di dalam website, bisa kamu isi berbagai informasi terkait produk dan bisnis. 

domain untuk jualan online

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk bikin web toko online adalah dengan cara Cek Domain yang tersedia untuk nama jualan onlinemu.

Website toko online akan membuat bisnismu akan mudah ditemukan di Google atau search engine lainnya dengan strategi SEO yang tepat.

hosting untuk bisnis online

Setelah pilih nama domain yang bagus, kamu bisa mulai bikin website toko online dengan pakai Dedicated Hosting dari Jagoan Hosting yang secara khusus dibuat untuk bisnis prioritas.

Di Dedicated Hosting ini kamu akan dapat layanan eksklusif satu server satu pelanggan hingga performa yang paling maksimal.

8. Gunakan Strategi “Word of Mouth”

Word of mouth adalah salah satu strategi marketing yang sangat efektif dilakukan. Karena pembeli cenderung mudah percaya dengan review atau testimoni dari pelanggan sebelumnya. 

Untuk menerapkan strategi ini kamu bisa menampilkan review atau testimoni dari pelanggan. Selain itu, bisa juga dengan mencoba meng-endorse influencer yang memiliki jumlah pengikut yang besar. 

9. Manfaatkan Media Sosial dengan Maksimal

Cara jualan online untuk pemula lainnya adalah memanfaatkan media sosial. Saat ini kekuatan media sosial memang sangat besar untuk bisnis. Hal ini tidak terlepas dari jumlah pengguna media sosial yang sangat besar di Indonesia. 

Oleh karena itu, maksimalkan media sosial untuk membangun hubungan dengan konsumen dan memperluas jangkauan jualanmu. Beberapa media sosial yang bisa kamu gunakan adalah TikTok, Instagram, Facebook, dan Twitter. 

10. Pastikan Toko Jualan Online Mudah Pelanggan Temukan 

jualan mudah ditemukan

Cara jualan online selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah membuat toko online mudah untuk pelanggan temukan. Terutama di pencarian search engine seperti Google. 

Hal ini menjadi sangat penting karena ketika toko online mudah ditemukan, semakin besar pula peluang pembelian dari pelanggan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar toko online mudah pelanggan temukan, yaitu:

11. Prioritaskan Kepuasan Pelanggan 

Kesuksesan sebuah bisnis tidak terlepas dari pelanggan. Oleh karena itu, sebisa mungkin jaga kepuasan pelanggan dengan selalu memberikan pelayanan dan treatment terbaik kepada mereka. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Waralaba? Jenis, Contoh dan Tips

Hal ini bisa kamu wujudkan dengan berbagai cara. Seperti misalnya dengan mengadakan program loyalitas, responsif terhadap keluhan atau pertanyaan pelanggan, bersikap ramah, dan lain sebagainya. 

12. Kelola Keuangan dengan Baik 

Terakhir, cara jualan online bagi pemula yang tidak boleh terlewatkan adalah soal keuangan. Pastikan kamu mengelola keuangan bisnis dengan baik karena keuangan sangat penting untuk perkembangan bisnis kedepannya. 

Agar lebih rapi dan rinci, buatlah laporan keuangan jualan online secara lengkap. Berapa pendapatan, pengeluaran, dan berbagai perhitungan lainnya. Kelola juga setiap nota yang ada di setiap transaksi agar laporan keuangan makin lengkap.

Frequently Asked Question (FAQ) 

Bagaimana cara menjual online agar cepat laku?

Ada banyak cara jualan online yang bisa dilakukan agar produk cepat laku yaitu:

  1. Menentukan Produk yang Akan Dijual 
  2. Menyusun Rencana Bisnis
  3. Menentukan Unique Selling Point (USP)
  4. Mencari Supplier yang Tepat  
  5. Menentukan Target Konsumen  
  6. Manfaatkan E-commerce  
  7. Tunjang dengan Bikin Website  
  8. Gunakan Strategi “Word of Mouth” 
  9. Manfaatkan Media Sosial dengan Maksimal 
  10. Pastikan Toko Jualan Online Mudah Pelanggan Temukan  
  11. Prioritaskan Kepuasan Pelanggan  
  12. Kelola Keuangan dengan Baik

Bagaimana cara agar konsumen tertarik untuk membeli produk kita?

Cara agar konsumen tertarik untuk membeli produk kita adalah dengan menciptakan USP atau Unique Selling Point. USP adalah ciri khas produk. Adanya ciri khas membuat produk akan jauh lebih menarik dari kompetitor. 

Carilah hal yang membuat produkmu lebih unggul dan berbeda daripada produk dari pesaing lainnya. Keberadaan USP akan membuat pemilik usaha bisa menargetkan target pasar dengan lebih spesifik. 

Cara menentukan mau jualan apa?

Ada tiga cara untuk memilih produk yang tepat untuk dijual secara online:

  1. Pilih produk yang sesuai dengan minat. Ini akan membuat kamu lebih bersemangat untuk menjualnya dan lebih memahami kebutuhan konsumen.
  2. Pilih produk yang sedang tren. Ini akan meningkatkan peluang untuk sukses karena ada banyak permintaan untuk produk tersebut.
  3. Pilih produk yang dapat menjawab masalah konsumen. Ini adalah cara yang bagus untuk membedakan diri dari pesaing dan membangun loyalitas pelanggan.

Setelah memilih produk, kamu perlu melakukan riset untuk mengetahui lebih lanjut tentang pasarnya. Ini bertujuan untuk menetapkan harga, mengembangkan strategi pemasaran, dan meningkatkan peluang kesuksesan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
customer journey adalah
Read More
Apa itu Customer Journey? Langkah, Manfaat & Contohnya
Bagi kamu yang ingin menciptakan sebuah produk dimana sesuai dengan kebutuhan, maka kehadiran customer journey mempunyai peran yang…
Read More
5 Teknik Marketing yang Pas untuk Target Pelanggan Millennial
Bagaimana dunia bisnis di tahun 2017? Sepertinya didominasi oleh generasi millennial. Ya, selain lebih muda, mereka memberikan tantangan…