Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Ilmu Jaringan Komputer: Ketahui Pengertian, Perangkat Jaringan, Topologi dan Manfaat Jaringan Komputer

Tahukah kamu bagaimana kamu bisa berkirim data di internet, Itu semua terjadi karena Jaringan Komputer. Di artikel kali ini, kami akan membahas pengertian, jenis-jenis, serta topologinya, dan manfaat penerapan jaringan dalam komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua device atau lebih saling berhubungan baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi.

Dalam bertukar data atau informasi tentunya ada pihak yang menerima dan pihak yang memberi. Pihak penerima layanan disebut klien (client) sedangkan yang memberikan layanan disebut peladen (server). Desain tersebut dinamai dengan sistem client-server.

Jaringan komputer dibangun dengan mengkombinasikan antara hardware dan software. Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dikoneksikan melalui kabel maupun  tanpa kabel (nirkabel) sebagai media transmisi data, dan terdapat software sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan yang sederhana.

Mengenal Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan adalah struktur atau tata letak antar device perangkat yang saling terhubung dalam jaringan komputer. Topologi jaringan terdiri dari beberapa macam, Berikut macam macam topologi jaringan :

1. Topologi Bus

TopologiBus Jaringan komputer
Topologi Bus

Topologi bus yaitu topologi yang memiliki sebuah kabel tunggal atau pusat yang masing-masing workstation dan server dihubungkan. Kelebihan topologi bus yaitu saat melakukan pengembangan  jaringan  atau  penambahan  workstation  baru tidak mengganggu  workstation  lain. Sedangkan kekurangan topologi bus adalah saat kabel pusat mengalami masalah, Maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

2. Topologi Ring (Cincin)

Topologi Jaringan Komputer
Topologi Ring

Topologi ring atau topologi cincin adalah topologi yang terbentuk ketika semua perangkat yang terhubung menyerupai cincin atau pola lingkaran. Tiap  workstation  ataupun  server  pada topologi ini akan menerima dan melewatkan informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya, Jika alamat  yang dimaksud sesuai maka informasi akan diterima dan bila tidak sesuai makan informasi  tersebut akan dilewatkan.

Kelebihan topologi ring yaitu tidak akan terjadi collusion atau tabrakan data, karena hanya satu saja node yang dapat mengirimkan data pada suatu saat. Sedangkan kekurangan topologi ring yaitu saat salahsatu node terjadi masalah maka keseluruhan jaringan mengalami gangguan.

3. Topologi Star

Topologi Star Jaringan Komputer
Topologi Star

Topologi star merupakan topologi yang masing-masing workstationnya memiliki jalur/ kabel yang terhubung langsung ke server atau hub.

Kelebihan topologi star yaitu saat salahsatu workstation mengalami gangguan, Tidak semua yang berada di jaringan komputer tersebut mengalami gangguan, Hal tersebut karena setiap workstation memiliki jalur sendiri. Karena memiliki jalur sendiri maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga berdampak pada peningkatan kerja jaringan.

Kekurangan topologi star yaitu membutuhkan biaya lebih mahal, Karena kebutuhan  kabel  yang  lebih  besar  dibandingkan  dengan  topologi  lainnya menyebabkan lebih banyak mengeluarkan biaya.

4. Topologi Tree

Topologi Tree
Topologi Tree

Topologi tree merupakan gabungan antara topologi bus dan topologi star, Topologi ini menyerupai anotomi akar pohon sehingga disebut topologi pohon. Bisa dibilang hanya perangkat hub saja yang terhubung langsung ke bus pohon, dan setiap hub tersebut berfungsi sebagai akar dari pohon perangkat.

Untuk kelebihan dan kekurangan topologi tree, Sama saja dengan kelebihan dan kekurangan topologi bus dan tree, Tetapi dengan adanya hybrid antara bus dan star ini mendukung permudahan perluasan jaringan dengan jauh lebih baik daripada menggunakan topologi bus atau topologi star saja.

5. Topologi Mesh

Topologi Mesh
Topologi Mesh

Topologi mesh ini sering digunakan pada kondisi di mana tidak ada hubungan komunikasi yang terputus secara absolut antar node dalam jaringan komputer. Jadi antar satu perangkat akan terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang berada di dalam jaringan tersebut.

Kelebihan topologi mesh yaitu komunikasi antar komputer lebih cepat, keamanan lebih terjamin karena komunikasi yang terjadi langsung diterima client yang dituju. Dan saat salah satuperangkat mengalami masalah, Jaringan tidak akan terpengaruhi gangguan tersebut.

Kekurangan topologi mesh dalam jaringan komputer yaitu butuhnya biaya yang lebih karena membutuhkan leibih banyak kabel. Dan banyaknya kabel yang digunakan maka untuk melakukan penataan dan merapikan kabel cukup sulit dan tentunya juga membutuhkan tempat yang ekstra.

Macam Macam Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat  jaringan merupakan semua  komputer,  peripheralinterface card, dan perangkat  tambahan yang terhubung dan terkoneksikan ke dalam suatu sistem jaringan untuk melakukan komunikasi data/ informasi. Ada beberapa perangkat umum yang sering digunakan dalam pengaplikasian sistem jaringan komputer,

1. Server

Server Jaringan Komputer
Server Jaringan Komputer

Server adalah alat control pada jaringan, Sesuai penjelasan tentang pengertian jaringan komputer diatas tadi, Server memberikan layanan kepada client. Server juga berfungsi sebagai media untuk menyimpan  informasi dan untuk  mengelola  suatu  jaringan  komputer.

Karena berfungsi melayani client, Spesifikasi server lebih tinggi dari spesifikasi client untuk bisa melayani semua permintaan. Server juga harus memiliki sistem operasi khusus yang sesuai dan medukung layanan yang diminta oleh client.

2. Network Interface Card

Kartu Jaringan
Kartu Jaringan (NIC) | Via tertera

NIC atau Lan Card expansion board yang digunakan agar komputer bisa terhubung dengan  jaringan. LAN Card terdiri dari berbagai jenis yang bisa dilihat dari kecepatannya, Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yakni sebagai berikut:

  1. 10 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Ethernet.
  2. 100 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Fast Ethernet.
  3. 1000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik, yang sering disebut sebagai Gigabit Ethernet.
  4. 10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik, biasa disebut TenGig.

3. Kabel Jaringan

Kabel Jaringan Komputer
Kabel UTP

Kabel adalah saluran atau media yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat lainnya. Banyak sekali jenis – jenis kabel yang digunakan pada jaringan komputer, Apa saja?

  1. Kabel Coaxial, Kabel coaxial sering digunakan untuk kabel TV, ARCnet, thick ethernet dan thin ethernet. Kabel jenis ini memiliki kecepatam transfer sampai 500 Mbps, dan mampu menjangkau jarak 500m bahkan lebih.
  2. Kabel Fiber Optic, Kabel fiber optik saat ini mulai banyak digunakan karena kemampuan transfer data yang lebih cepat dan besar, serta jangkauan kabel yang lebih jauh. Kabel Fiber Optic memiliki dua tipe jenis, yaitu tipe single mode dan tipe multi mode.
  3. Twisted Pair,  Kabel twisted pair umum digunakan pada jaringan LAN, dibagi menjadi 2 tipe, Shielded Twisted Pair (STP) dan Unshielded Twisted Pair (UTP). Kecepatan transfer data pada penggunaan kabel ini sampai 10Mbps, Dan menggunakan konektor yang biasa digunakan adalah RJ-11 atau RJ-45.

4. Hub dan Switch

Hub Switch Jaringan Komputer

Switch adalah perangkat jaringan komputer yang juga berfungsi untuk menghubungkan multiple atau beberapa komputer. Switch secara fisik hampir sama dengan hub tetapi untuk logikalnya sama dengan barisan brigde. Switch memiliki 2 tipe, yaitu :

  1. Unmanaged Switch, Switch ini merupakan tipe termurah dan biasanya digunakan di rumah, kantor atau bisnis kecil dan rumahan. Fungsi dasar dari switch ini mengelola lalu lintas data antara  periperal satu dengan peripheral yang lainnya.
  2. Managed Switch, Switch ini lebih mahal dari switch biasanya, keunggulan switch ini terdapat perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melakukan konfigurasi pada switch, elakukan segmentasi pada jaringan dengan konsep VLAN, dll.

5. Bridge

Bridge Perangkat Jaringan
Bridge | via : mikrotik.co.id

Bridge adalah peranti yang berfungsi meneruskan lalu lintas antara  segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link. Bridge juga bisa membagi satu buah jaringan yang besar kedalam beberapa jaringan kecil.

6. Router

Perangkat jaringan komputer
Router | via : Freepik

Router adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan suatu jaringan LAN ke suatu jaringan WAN dan mengelola lalu-lintas data di dalamnya. Router juga dapat menentukan jalur terbaik untuk komunikasi data, perangkat ini memliki tabel routing untuk melakukan pencatatan terhadap semua alamat yang berada pada jaringan yang diketahui dan jalur yang mungkin dilalui serta waktu tempuhnya.

7. Repeater

Perangkat Repeater
Repeater

Repeater adalah perangkat yang berfungsi untuk meregenerasi atau memperkuat sinyal-sinyal yang masuk. Repeater akan berusaha untuk mempertahankan integritas sinyal jaringan dan mencegah adanya degradasi sampai paket-paket data menuju tujuan. Kelemahan repeater yaitu tidak bisa melakukan filter traffic dalam jaringan, Sehingga semua daa yang masuk akan tersebar pada segmen-segmen LAN tanpa melakukan perhitungan apakah data tersebut dibutuhkan atau tidak.

8. Modem

Modem Jaringan Komputer
Modem | via : freepik.com

Modem adalah sebuah perangkat yang berfungsi dan digunakan sebagai penghubung dari sebuah perangkat komputer menuju ke jaringan  Penyedia Layanan Internet (Internet Service Provider / ISP).

Manfaat Jaringan Komputer

Ada beberapa pertimbangan mengapa kita harus membangun sebuah jaringan komputer. Pertimbangan inilah yang juga menjadi manfaat dari sebuah jaringan komputer. Apa saja manfaat yang kamu dapatkan dalam membangun jaringan komputer?

1. Resource Sharing

Dengan memanfaatkan jaringan komputer, kita bisa lebih mudah melakukan resource sharing tanpa terkendala jarak, Resource sharing sendiri meliputi :

  1. Data Sharing, Dengan adanya jaringan komputer saat ini kamu bisa dengan mudah berbagi data seperti dokumen, gambar, video, dll, Bahkan berbagi data ke negara yang jauh keberadaannya.
  2. Hardware Sharing, Jika dulu satu perangkat komputer hanya untuk satu printer, dengan memanfaatkan jaringan komputer saat ini kamu bisa gunakan satu printer untuk digunakan oleh beberapa komputer sekaligus.
  3. Internet Access Sharing, Dengan adanya jaringan komputer, Jaringan yang kecil memungkinkan beberapa komputer berbagi satu koneksi internet. Cukup dengan memanfaatkan perangkat jaringan komputer yaitu router untuk bisa membagi alokasi bandwitch.

2. Connectivity dan Communication

Dengan adanya jaringan komputer, seorang Individu dalam sebuah gedung atau workgroup dapat saling berkoneksi dalam jaringan LAN. Ketika jaringan sudah terbentuk dan terhubung dengan koneksi internet, Maka koneksi ddan komunikasi antar user tadi bisa terjadi, misalnya dengan menggunakan teknologi email.

3. Data security dan Management

Jaringan juga bermanfaat untuk memberikan kemudahan bagi administrator untuk melakukan managemen data-data penting perusahaan dengan jauh lebih baik. Sebuah data akan lebih aman dan lebih mudah dicari ketika data tersebut disimpan secara terpusat. Dan dengan memanfaatkan Shared Server maka karyawan bisa lebih mudah dalam mencari data, Administrator pun juga bisa lebih mudah dalam melakukan backup data.

4. Performance Enhancement dan Balancing

Sebuah jaringan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja dari beberapa aplikasi dengan cara melakukan distribusi tugas komputasi pada beberapa komputer pada jaringan. Sehingga bisa lebih mudah untuk melakukan pembagian tugas.

5. Entertainment

Jaringan bisa dimanfaatkan untuk keperlua hiburan, Seperti memainkan game online, mencari informasi di internet atau sekedar menonoton video yang berada di internet.  Bisa dikatakan entertainment termasuk dalam manfaat jaringan komputer.

.

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +