Mulai dari urusan pribadi hingga bisnis, banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan perangkat komputer. Agar dapat beroperasi dengan baik, tentu diperlukan berbagai komponen komputer yang terpasang pada mainboard dan telah terintegrasi antara satu dengan lainnya, di mana setiap komponennya memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Apa saja? Berikut selengkapnya.

Apa itu Komponen Komputer?

Secara garis besar, komponen komputer adalah unit elektronik yang tergabung menjadi satu di dalam sebuah komputer. Biasanya, komponen-komponen komputer terbagi dalam dua bagian besar, yakni perangkat utama dan perangkat tambahan.

Perangkat utama tentunya harus ada di dalam komputer karena mempengaruhi kinerjanya dan supaya bisa dijalankan. Sedangkan perangkat tambahan mempunyai sifat pelengkap, sehingga bertujuan memaksimalkan penggunaan komputer ke depannya.

Jika dilihat berdasarkan bentuknya, komponen komputer terbagi juga menjadi dua, yakni perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). 

Nggak terbatas di situ saja, Sob! Nantinya, ada beberapa bagian-bagian lainnya yang menunjang kinerja komputer hingga akhirnya bisa kita gunakan dan manfaatkan dalam menyelesaikan berbagai macam tugas. Penjabaran lebih lanjut mengenai komponen komputer dan fungsinya langsung kita bahas sama-sama yuk di bawah ini!

Perangkat Keras (Hardware)

Macam-macam komponen komputer yang pertama adalah perangkat keras (hardware), yakni bagian komputer yang bentuk fisiknya dapat dilihat secara langsung serta mampu disentuh.

Fungsi dari hardware adalah bisa menjadi output maupun input, tergantung dari data apa yang kamu proses saat menggunakan komputer. Berikut pembahasan dari masing-masing jenis hardware yang biasanya sering kamu temukan pada komputer.

1. Input Device (Unit Masukan) 

Sama seperti namanya, input device memiliki arti bahwa komponen komputer ini berfungsi untuk memasukan data dari luar ke dalam sistem. Baik menggunakan Personal Computer maupun laptop, tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan saat mengakses komputer.

a. Keyboard

Contoh komponen komputer berjenis input device pertama adalah keyboard. Yaps! Berfungsi untuk memasukan angka, huruf, dan simbol, keyboard mempunyai peranan penting dalam pekerjaan sehari-hari, seperti menulis email, membuat dokumen hingga menciptakan konten-konten yang membutuhkan media tulisan sebagai penyampaian informasi.

b. Mouse

Karena bentuk dan ukurannya menyerupai tikus, maka komponen komputer untuk mengarahkan kursor komputer yang satu ini diberi nama mouse.

Dalam perangkat mouse terdiri dari tiga bagian, yakni tombol kiri (untuk memilih OK), tombol kanan (untuk menampilkan beberapa menu tambahan, seperti pop up menu), dan tombol tengah (untuk membuka dan menutup jendela tab).

c. Microphone dan Headphone

Macam-macam komponen komputer lainnya adalah microphone dan headphone. Fungsi dari microphone adalah untuk berbicara dengan orang lain atau memasukan suara ke perangkat komputer. Sedangkan headphone merupakan komponen komputer yang berfungsi mendengarkan suara dan sudah diproses melalui sistem komputer.

d. Touchpad

Kamu pastinya sudah nggak asing lagi dengan perangkat laptop kan, Sob? Sebagai pengganti mouse, maka setiap laptop disediakan bantalan kursor yang disebut dengan touchpad. Fungsinya persis seperti mouse pada umumnya, bedanya hanya pada bentuknya yang pipih dan berbentuk persegi panjang serta sudah terpasang di badan laptop.

e. Joystick

Tuas kendali (joystick) biasanya digunakan sebagai konsol untuk memainkan game di komputer.

f. Light Pen

Bagi seorang graphic designer, light pen menjadi alat wajib untuk menuangkan ide mereka ke dalam gambar ke perangkat komputer. Nggak hanya itu, adanya light pen juga memudahkan kamu untuk menulis atau sekedar corat-coret di perangkat layar berjenis touch screen.

Baca juga: Jenis-Jenis Jaringan Komputer: Manfaat, Transmisi dan Topologi

2. Output Device (Unit Keluaran)

Komponen komputer selanjutnya adalah unit keluaran (output device) yang akan menampilkan data di dalam komputer setelah kamu memprosesnya melalui input device.

a. Monitor

Monitor merupakan layar komputer yang berfungsi menampilkan seluruh pemrosesan data, mulai dari teks, gambar, audio hingga video pada monitor komputer kamu.

b. Printer

Komponen komputer yang satu ini berfungsi untuk melakukan pencetakan, seperti tulisan, grafik, hingga foto, tergantung dari proses printing apa yang mau kamu olah ke dalam bentuk fisik.

c. Speaker

Fungsinya hampir menyerupai headphone, bedanya speaker menghasilkan suara yang lebih besar dan biasanya terdapat lubang-lubang kecil untuk menyalurkan suara tersebut secara meluas.

d. Scanner

Merupakan alat yang digunakan untuk proses pemindaian data fisik ke digital, contohnya seperti KTP yang ingin diproses ke dalam sistem komputer.

3. Process Device (Unit Pemrosesan)

Peran output dan input device nggak akan berfungsi tanpa adanya process device. Terdiri dari 4 komponen utama, yuk cari tahu bareng-bareng fungsinya!

a. Power Supply

Berfungsi mengalirkan listrik ke dalam komponen-komponen komputer. Power supply memastikan jika masing-masing komponen mendapatkan daya arus listrik sesuai kebutuhan.

b. RAM

Random Access Memory (RAM) merupakan memori internal yang berfungsi menyimpan data di komputer kamu.

c. CPU atau Processor

Merupakan pusat pada perangkat komputer dalam menerima, mengelola, dan menjalankan tugas ketika kamu sedang menggunakan komputer dalam pemenuhan aktivitas pekerjaan.

d. Motherboard

Motherboard mempunyai peranan penting sebagai computer base untuk menghubungkan fungsi antar perangkat komputer supaya bisa terkoneksi dengan baik.

4. Peripheral (Unit Tambahan)

Penggunaan unit tambahan berfungsi untuk memaksimalkan fungsi dari komputer yang sedang kamu gunakan.

a. Modem

Meskipun saat ini sudah banyak yang beralih ke koneksi internet nirkabel (Wi-Fi), akan tetapi modem masih digunakan untuk memudahkan kamu mengakses internet. Modem pun biasanya mempunyai ragam bentuk, seperti modem kabel, dial-up, DSL, hingga GSM.

b.  Flashdisk

Merupakan tempat penyimpanan kecil (portable) yang biasanya berbentuk persegi panjang dan berfungsi untuk menampung data esensial.

Baca juga: Pengertian HTTP, Fungsi, Cara Kerja dan Bedanya dari HTTPS

5. Storage Device (Unit Penyimpanan)

Setelah semua data yang kamu olah selesai di proses, saatnya melalui proses penyimpanan di storage device.

a. Perangkat Lunak (Software)

Proses pengolahan data akan tersimpan dalam perangkat lunak (software) dan proses penyimpananya secara digital.

b. Perangkat Lunak Sistem (Sistem Operasi Komputer)

Berfungsi untuk menerjemahkan berbagai macam fungsi dan instruksi yang diberikan saat menggunakan komputer. 

c. Microsoft Office (Perangkat Lunak Perkantoran)

Terdiri dari berbagai macam jenis, seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Microsoft Office digunakan sebagai software pendukung dalam menunjang pekerjaan kantor.

d. Web Browser ( Perangkat Lunak Browser Internet)

Web browser menjadi portal untuk mengakses internet. Biasanya secara otomatis history dari kunjungan web yang kamu lakukan akan tersimpan.

e. Perangkat Lunak Pengolah Gambar

Sesuai namanya, perangkat lunak pengolah gambar digunakan untuk mengolah gambar seperti perangkat lunak Adobe Photoshop, Sketch, Adobe InDesign hingga Adobe Illustrator.

f. Perangkat Lunak Pemutar Video

Contoh perangkat lunak pemutar video antara lain GOM Player, KMPlayer, Quicktime Player, DivX Player, dan PotPlayer.

g. Perangkat Lunak Pemutar Audio

Perangkat lunak pemutar audio misalnya MediaMonkey, Foobar 2000, Winamp, dan MusicBee.

h. Perangkat Lunak Perekaman Audio

Untuk merekam suara atau audio, misalnya Audacity, Muse, Reaper, Sonar, dan MixCraft.

i. Perangkat Lunak Antivirus

Berfungsi untuk memindai, mencegah, dan menghapus virus yang bisa saja merusak sistem komputer. Jenis perangkat lunak antivirus yang populer digunakan seperti Malwarebytes, Microsoft Defender, dan Norton LifeLock.

j. Perangkat Lunak Maintenance

Software yang berfungsi melakukan perawatan pada sistem sebelum dan sesudah digunakan.

k. Perangkat Lunak Device Driver

Pemacu perangkat (device driver) merupakan perangkat lunak untuk melakukan penerjemahan data, jembatan, dan pengontrol input antara hardware dan software beserta hardware.

l. Perangkat Otak (Brainware)

Brainware adalah pihak yang mengoperasikan komputer.

Itulah komponen-komponen komputer yang ternyata membantu kita dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan selama ini. Walau memiliki tugas serta fungsinya masing-masing, 

Komponen komputer adalah seperti hardware, software, dan brainware merupakan satu kesatuan yang mana jika salah satunya tidak berfungsi akan mempengaruhi kinerja komputer.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like