Dalam proses online marketing, PPC adalah salah satu strategi yang banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk mengiklankan produk mereka. Model iklan ini dinilai lebih praktis, kreatif dan ekonomis di era digital seperti sekarang.

Kini, sebagian besar masyarakat telah terhubung dengan internet dan sosial media. Maka tak heran bila strategi ini mampu menjangkau target audiens dari berbagai penjuru. Kalau kamu tertarik menggunakannya, yuk pahami dulu apa itu PPC dan berbagai informasi menarik seputar PPC berikut ini.

Apa itu PPC?

Sebelum menjelaskan lebih lanjut tentang PPC, mari kita pahami dulu apa itu PPC. PPC adalah kepanjangan dari Pay per Click. Pengertian PPC adalah sebuah terobosan baru dari cara marketing di internet dengan si pemasang iklan hanya perlu membayar ketika iklan yang dipasang di klik oleh calon konsumen atau penonton.

Contoh iklan PPC dapat kamu temukan di platform search engine besar, seperti Facebook, Google, dan Instagram. PPC adalah cara tercepat mendapatkan engagement tinggi untuk iklan produk yang kamu tawarkan.

Iklan PPC adalah metode yang cukup terjangkau bagi pemilik usaha. Karena seperti yang telah dijelaskan, kamu cukup membayar kepada pihak pengiklan ketika iklanmu berhasil diklik oleh penonton.

Jenis-Jenis PPC dan Cara Membuatnya

PPC adalah solusi jitu untuk kamu yang memiliki budget terbatas namun ingin mengiklankan produk secara optimal. Berikut adalah beberapa contoh PPC dan cara membuatnya.

1. Search Ads

Contoh iklan PPC ini paling sering digunakan oleh pengiklan. Biasa juga dikenal dengan Search Engine Result Page (SERP). Kamu dapat menemukan jenis PPC ini di Google, Bing, atau mesin pencari lainnya.

Bentuk dari iklan ini tidak menonjolkan visual, melainkan hanya menampilkan tulisan berupa paragraf dengan tanda “Ad” kecil di sampingnya. Cara membuatnya cukup mudah Sob, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan keyword. Biasanya terdiri dari 3 kata atau lebih.
  2. Tawar untuk hasil yang maksimal dalam penempatan iklanmu.
  3. Setelah semua siap, iklanmu akan siap berlayar.

2. Social Ads

Contoh PPC berikutnya adalah jenis Social Ads. Tidak berbeda jauh dengan Search Ads, hanya saja iklan jenis ini akan ditampilkan pada platform sosial media, seperti Instagram, Tiktok, Facebook, dan lain-lain. Cara membuat iklan PPC adalah sebagai berikut:

  1. Pilih media sosial yang ingin kamu gunakan, pilihlah sesuai dengan target audiens produkmu.
  2. Tentukan format campaign yang akan digunakan.
  3. Tentukan target, bisa berupa jenis kelamin, lokasi, pendidikan, dan masih banyak lagi.

3. Gmail Sponsored Promotion

Jenis lainnya dari PPC adalah jenis pemasaran yang memudahkan kamu untuk menjangkau berbagai platform, yaitu Gmail Sponsored Promotion. Kamu bisa melakukan pengiklanan PPC melalui Gmail, yang nantiya akan dikirim pada penggunanya dengan tagar “Ad” sebagai penanda.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke pengaturan Google Ads dengan memilih Gmail Ads.
  2. Siapkan kampanye dan iklan bergambar untuk Gmail Ads.
  3. Tentukan tujuan, jenis kampanye, dan target.

4. Remarketing Ads

Apa yang dimaksud dengan PPC jenis Remarketing Ads adalah platform yang akan menawarkan iklanmu kepada mereka yang sudah mengunjungi websitemu sebelumnya, namun belum melakukan pembelian karena masih membandingkan produkmu dengan produk lain.

Hal ini dianggap sangat efektif guna menargetkan audiens yang sudah tertarik dengan website milikmu. Sementara buat kamu yang belum memiliki website, kamu bisa merancang website sendiri dan mengubahnya menjadi domain sesuai keinginan dengan hosting keren dari Jagoan Hosting.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Facebook Ads dan Panduan Iklan untuk Bisnis

5. Display Ads

Arti PPC dengan Display Ads adalah pengiklanan di website mitra milik Google. Kamu juga bisa menyertakan teks dan foto yang sesuai dengan ketentuan Google. Kelebihannya, iklan ini hanya dapat ditampilkan pada mereka yang telah mengunjungi website serupa dengan iklan yang kamu tawarkan.

Cara membuatnya hampir sama dengan Search Ads, hanya saja kamu harus menentukan teks bergambar yang sesuai dengan ketentuan Google agar tidak ditolak. Kamu juga harus menentukan target pasar yang sesuai agar relevan dengan iklanmu.

Apa Kelebihan Menggunakan PPC?

PPC adalah metode yang memiliki berbagai kelebihan sehingga tak ada salahnya para pemilik bisnis  mencobanya. Beberapa kelebihan PPC adalah berikut ini.

1. Mendapatkan hasil lebih cepat

Traffic yang dihasilkan dari iklan ini sangatlah cepat. Hal tersebut disebabkan karena pengguna search engine setiap harinya cukup banyak. Sehingga, kamu bisa mendapatkan hasil iklan dalam waktu relatif cepat pula.

2. Bisa mengatur target audiens

Kamu bisa mengatur seberapa banyak audiens yang kamu targetkan sesuai dengan biaya yang hendak kamu keluarkan. Semakin banyak target yang ingin kamu raih, maka biaya yang kamu keluarkan juga semakin tinggi, Sob.

Kamu pun dapat mengatur target yang mengerucut untuk iklanmu agar semakin tepat pada sasaran. Misalnya kamu fokus pada lokasi tertentu sesuai sasaran bisnismu.

3. Dapat menyesuaikan anggaran

Karena bisa mengatur target yang ingin diraih, sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan anggaranmu. Tidak perlu budget tinggi, kamu sudah bisa mendapatkannya target sesuai keinginan. Selain itu, kamu cukup membayar ketika iklanmu diklik oleh audiens, sehingga semakin irit di kantong kan, Sob?

4. Memberikan traffic web yang berkualitas

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa PPC adalah metode dimana kamu bisa mengatur siapa saja target iklan dari produkmu.

Dengan begitu, traffic yang didapatkan bisa dibilang berkualitas, pasalnya traffic tersebut memang berasal dari orang-orang yang tertarik dan ingin menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Sehingga peluang terjadinya konversi pun akan semakin tinggi.

5. Tidak dipengaruhi oleh algoritma

Meskipun berbagai platform media sosial dan mesin pencari terus memperbarui algoritmanya untuk memperbaiki layanan bagi penggunanya, namun PPC tidak akan terdampak dari hal tersebut. Jadi, iklan PPC adalah hal yang tepat untuk menyampaikan berbagai iklan pada calon konsumen atau audiens.

Tips Sukses Membuat PPC untuk Iklan

PPC adalah hal yang sangat penting bagi para pengiklan. Agar PPC buatan kamu semakin sukses, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam pembuatannya.

1. Tentukan kata kunci

Aspek dasar dari PPC adalah kata kunci atau keyword. Kata kunci ini akan berada di dalam Ad Groups yang akan memicu cara kerja iklanmu nantinya. Sebagai tips, Ad Groups akan berisi 15 kata agar tidak melenceng dari target yang sudah ditentukan. Jika kueri pencarian cocok dengan iklanmu, maka iklanmu akan dimunculkan.

2. Menetapkan anggaran dana

Agar iklanmu semakin sesuai dengan harapan, kamu harus menetapkan anggaran dana yang sesuai. Anggaranmu akan semakin tinggi jika target yang ingin kamu raih semakin banyak, namun tentu hasilnya juga akan lebih maksimal.

3. Membuat konten iklan

Iklan PPC adalah hal yang mengharuskan kamu membuat konten iklan yang menarik, agar audiens tertarik untuk mengklik iklan tersebut. Gunakan kata-kata yang sesuai, keyword yang tepat, unique value proposition, dan sertakan Call to Action di dalamnya untuk menuju website produkmu.

4. Sesuaikan tawaran kamu

Dalam beberapa platform, akan diberikan penawaran untuk menempatkan iklanmu di tempat yang strategis. Sehingga, kamu harus memberikan penawaran maksimal agar kamu mendapat tempat yang tepat tersebut dengan hasil output yang terbaik.

5. Ciptakan landing page yang menarik

Iklan PPC adalah hal yang tidak berjalan lancar tanpa adanya sesuatu yang mendukung dari berjalannya iklan tersebut. Maka dari itu buatlah landing page yang menarik. Tujuan utama dari landing page adalah mengubah para audiens untuk menjadi pelanggan dan meningkatkan penjualan.

6. Buat pertimbangan ekstensi iklan

Tentu banyak yang membuat iklan dengan PPC. Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangkan adanya eksistensi dari pengiklan lain dan kamu harus membuat hal yang lebih menarik di bidang yang sama dengan milikmu.Tapi ingat, bersainglah secara sehat ya, Sob!

Baca juga: Cara Meningkatkan Jumlah Klik dan Pendapatan Adsense

Cara Mengelola PPC dengan Baik

Setelah mengenal apa itu PPC, mungkin kamu sudah mulai tertarik untuk membuat iklan dengan fitur ini. Nah, pembuatannya memang cukup mudah Sob, tapi jangan lupa bahwa kamu juga perlu mengelolanya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut adalah tips yang tepat untukmu.

1. Rutin melakukan update landing page

Cara mengelola PPC yang pertama adalah lakukan update landing page secara rutin. Jika ada layanan baru pada usahamu, jangan lupa pula untuk dicantumkan, ya! Setelah itu, kampanye harus dilakukan secara bertahap namun sesuai dengan keyword yang sudah ada. Perbarui setiap minggu untuk hasil terkini dan sesuai dengan kebutuhan.

Kamu bisa membuat landing page ini melalui hosting, lho! Harganya murah banget, cuma mulai dari 18.000-an aja per bulannya, serta kamu gak perlu ribet tentang coding. Yup, kamu bisa langsung mendapatkannya di Jagoan Hosting, Sob!

2. Melakukan pelacakan terhadap hasil iklan

Gunakan testing A/B/C untuk menentukan berbagai kata kunci yang tepat dalam iklanmu. Sesuaikan dengan budget, materi pemasaran, dan upaya. Tentukan kata kunci yang bisa dikonversi dengan tinggi dan hapus kata kunci yang memiliki rasio pentalan tinggi. Ini akan berfokus pada hasil masa depan.

3. Terus berlatih strategi marketing

Teruslah berlatih agar dapat menghasilkan strategi PPC yang terbaik. Kamu juga bisa melihat target sesuai dengan iklanmu dan menganalisis berbagai pengunjung yang menghabiskan waktu lama dalam website-mu tapi tidak melakukan penjualan.

Kampanye yang terus berulang ini disebut remarketing dan merupakan hal yang terus dilatih guna menciptakan strategi marketing yang tepat.

4. Menggunakan beragam kampanye sekaligus

Iklan PPC akan semakin menghasilkan dengan berbagai kampanye yang kamu sampaikan. Kamu tak perlu menunggu satu kampanye selesai untuk menjalankan kampanye lainnya, Sob.

Jalankan saja beberapa kampanye iklan secara bersamaan, dengan begitu peluang iklanmu muncul di pencarian semakin tinggi. Diversifikasi ini akan meningkatkan jangkauan audiens kamu lebih luas.

Strategi online marketing saat ini sudah sangat beragam. Salah satunya yang telah kita bahas yaitu PPC. Jadi kesimpulannya, PPC adalah kepanjangan dari Pay Per Click, yaitu model iklan secara online dimana penggunanya perlu membayar untuk setiap klik.

Penting untuk menerapkan strategi online marketing, apalagi di era digital seperti saat ini. Nah, kalau kamu ingin tahu tips seputar bisnis lainnya, jangan lupa simak berbagai informasi menarik di blog Jagoan Hosting ya, Sob!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like