Cara Membuat Website Sekolah Paling Mudah & Cepat

cara membuat website sekolah

Membuat website sekolah itu nggak perlu punya keahlian coding. Kamu bisa kok pakai cara membuat website sekolah dengan tutorial yang kami sediakan di sini. 

Perkembangan dari teknologi yang ada, membuat siapapun bisa lebih mudah untuk membangun websitenya sendiri. 

Kehadiran website jelas tidak hanya untuk perusahaan atau bisnis saja, industri pendidikan juga sangat membutuhkannya. Terutama sebagai sarana terbaik untuk memberikan layanan pada siswa, orangtua, bahkan juga untuk keperluan pemasaran. 

Tapi, sampai sekarang masih banyak instansi pendidikan yang ragu karena takut akan mahalnya biaya. Padahal, cara buat website sekolah itu tergolong sangat murah. 

Persiapan Bikin Website Sekolah

Sebelum memikirkan isi website sekolah atau cara membuatnya, kamu bisa mempersiapkan beberapa hal ini lebih dahulu. 

Sejumlah komponen ini jelas sangat penting, misalnya saja hosting, domain, sertifikat SSL, dan juga CMS. Ini penjelasan lebih lengkapnya: 

1. Beli Domain

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah domain. Domain ini adalah alamat dari situs atau website. Contohnya saja amanahschool.com. 

Domainnya itu ‘amanahschool’ dan ‘.com’ adalah ekstensinya. Nah untuk website sekolah, ekstensi yang mereka pakai biasanya ‘.sch.id’. Bisa sih pilih yang lain. 

Tapi ekstensi domain .sch.id memang lebih cocok dengan instansi sekolah dan bisa tampak lebih profesional. 

Apakah ada cara membuat website sekolah sch.id gratis? Sepertinya tidak ada. Yap, kamu harus membelinya, Sob. 

Nah biar lebih mudah dan murah, cobalah untuk mendapatkan Domain ID Murah dari Jagoan Hosting. Dijamin layanannya mantep dan harganya affordable. 

Prosesmu untuk bikin website sekolah akan jauh lebih mudah. 

2. Sediakan Web Hosting

Bagian yang juga sangat penting selain domain adalah web hosting. Tanpa hosting, kamu nggak bisa memulai pembuatan situs. Yap, sebelum masuk ke cara membuat website sekolah, kamu harus menyediakan web hostingnya dulu. 

Cek Konten Lainnya:
Sertifikasi Profesi Programmer: Cocok Buat Menunjang Kariermu!

Pada dasarnya, hosting merupakan tempat dari data-data website milikmu tersimpan. Lewat hosting ini, situsmu baru bisa terlihat oleh pengguna internet. 

Web hosting ini punya beberapa jenis, sangat kami sarankan untuk menggunakan layanan dengan basis cloud. Apalagi untuk website sekolah. 

Jenis web hosting ini sangat mudah untuk kamu gunakan karena penyedianya akan langsung mengelola hosting. Sumber dayanya yang besar pun bisa meningkatkan loading website dari sekolah yang kamu bikin. Sekaligus juga minim downtime. 

hosting untuk web sekolah

Sama halnya dengan domain, tidak ada cara membuat website sekolah gratis kalau untuk menyediakan hosting. Meskipun berbayar, Jagoan Hosting menawarkan Cloud Hosting murah serba unlimited dengan harga terjangkau yang cocok untuk website sekolah.

3. SSL Certificate

Selanjutnya setelah kamu beli domain dan hosting, kamu perlu memperhatikan tingkat keamanan website. 

Apalagi website yang kamu bikin tujuannya untuk sekolah atau instansi pendidikan. Demi memproteksi pertukaran data yang terjadi, SSL certificate harus kamu miliki. Tidak hanya punya fungsi jadi pengaman, ada manfaat lain juga kok dari SSL Certificate ini. 

Ada cukup banyak web browser yang sekarang menampilkan tanda di address bar. Hal itu bisa mengindikasikan aman atau tidaknya suatu website. Yap, jika menggunakan SSL Certificate, citra websitemu akan lebih baik karena banyak yang menganggapnya aman. 

4. Pilih CMS

Nah setelah ketiganya sudah siap, kamu bisa memilih cms untuk website sekolah yang tepat. Pembuatan website bisa lebih mudah dengan ini. 

Bagi yang belum tahu, CMS atau Content Management System ini nantinya yang membuatmu mudah untuk menentukan tampilan. 

CMS juga menawarkan pengelolaan konten yang lebih efektif. Dari banyaknya CMS yang ada, kami merekomendasikan untuk pakai WordPress saja. 

WordPress ini punya banyak keunggulan yang nggak ada di CMS lain. Termasuk juga mudahnya penggunaan, fitur, juga tampilan variatif. 

Cek Konten Lainnya:
Ini Cara Daftar Google News & Tips agar Diterima

Cara Membuat Website Sekolah dengan WordPress

Seperti yang kami bilang, Sob. Membuat website sekolah dengan WordPress adalah hal paling mudah yang bisa kamu lakukan. Belum paham caranya? Cek sini: 

1. Install WordPress

Langkah pertama adalah Install WordPress. Silakan gunakan Softaculous kalau belum tahu caranya. 

Jika sudah berhasil install, maka sekarang waktunya untuk membuat tampilan websitemu jadi lebih profesional dan sesuai dengan tema yang ingin sekolahmu gunakan. 

2. Login WordPress

Cara membuat website sekolah selanjutnya adalah Login WordPress. Silakan ketik nama domain websitemu dan tambahkan /wp-admin di address bar web browsernya. 

Contoh nih, namasekolah.sch.id/wp-admin. Langsung masukkan email dan passwordnya. 

3. Install Tema

tema website sekolah

Setelah login ke dashboard, pilih Appearance. Pilih Themes dan selanjutnya klik Add New guna mencari tema yang kamu inginkan. 

Ketikkan kata kunci misalnya ‘Education’ atau ‘School’ di kolom Search Installed Themes agar kamu lebih mudah menemukan tema web sekolah yang sesuai dengan pembelajaran. 

Kalau sudah selesai, pilih Install untuk melanjutkan proses penginstalan. Kemudian pilih ‘Active’ guna mengaktifkan tema. 

4. Install Plugin

Kemudian ada Plugins di dashboard WordPress, pilih Add New. Langsung pilih plugin dengan mengetikkan namanya di kolom Search Plugin. 

Jika sudah menemukannya, pilih Install Now. Lalu pilih saja Activate. Kalau bingung, nih ada beberapa rekomendasi plugin dari kami: 

  • Contact Form 7
  • Akismet Anti-Spam
  • Photo Gallery
  • The Events Calendar
  • WP Google Maps

5. Buat Halaman

Cara membuat website sekolah selanjutnya yakni dengan klik Pages pada dashboard. Pilih Add New guna membuat laman baru. 

Di tahap ini, kamu akan langsung masuk ke laman editor WordPress untuk bikin konten di halaman baru. 

Guna mengatur urutannya, bisa klik Page di dashboard. Kemudian pilih Edit yang urutannya ingin kamu ubah. 

Setelahnya, pilih Page Attributes kemudian ubah angka yang ada di kolom order sesuai urutan yang kamu inginkan. 

Silakan lakukan hal yang sama untuk halaman yang lainnya. 

6. Atur Halaman Utama

Jika ingin melakukan kustomisasi WordPress, pilih Appearance kemudian pilih Customize. 

Cek Konten Lainnya:
20+ Google Font Gratis untuk Web Terbaik dan Keren

Pada laman selanjutnya, pilih Homepage Settings. Lalu pilih opsi A Static Page. Pilihlah laman yang kamu inginkan dan yang ingin kamu jadikan halaman utama. Gunakan menu drop-down saja yang ada di bawahnya. 

7. Membuat Halaman Berita Sekolah

Selanjutnya, jika ingin membuat halaman Berita Sekolah jadi halaman yang berisi daftar posting, opsinya berada di menu drop-down sebelumnya. Kalau selesai, pilih Publish. 

Semua tema yang ada di WordPress bisa memberimu kebebasan untuk melakukan kustomisasi. Langsung pilih saja tema yang sesuai. 

Kamu bisa membuat konten apapun yang relevan. Misalnya saja program di sekolah, berita acara, informasi untuk siswa, galeri, website untuk ujian, blog, dan masih banyak lagi. 

8. Optimasi Website

Saat websitemu telah berfungsi, optimalkan kinerjanya dengan SEO serta optimasi kecepatannya. 

SEO sangat kamu butuhkan agar memperoleh ranking teratas pada hasil pencarian Google. 

Selain itu, menurut Digital Marketing Institute, SEO berperan untuk membuat website jadi memiliki visibilitas yang lebih baik dan agar lebih mudah untuk ditemukan.  

Saatnya Digitalisasi Sekolah dengan Website

Digitalisasi untuk sekolah bukan lagi impian jauh. Bersama Jagoan Hosting, kita punya solusi kebutuhan sekolah digital:

  • Hosting dan Domain Terbaik: Nikmati hosting supercepat dan pilih nama domain yang tepat untuk sekolahmu.
server untuk sekolah
  • VPS Murah yang Handal: Dengan VPS, kamu memiliki kendali penuh atas sumber daya dan keamanan, memastikan kelancaran operasional sekolah.
web ujian online

Segera digitalisasi sekolahmu dengan Jagoan Hosting!

Dengan tutorial cara membuat website sekolah yang telah kami ulas, semoga bisa membantumu dan jangan lupa untuk ikuti terus artikel terbaru dari Jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
core web vitals
Read More
Core Web Vitals: Definisi, Metrik, dan Tools
User experience dalam website, seringkali jadi pertimbangan untuk menentukan peringkat website. Maka dari itu, pembelajaran tentang core web…