Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
woman writing on a blog

Ingin Buat Blog Baru di Blogspot? Cek Dulu Panduannya di Sini

Membuat blog baru mungkin adalah suatu langkah terbaik yang pernah Sobat Jagoan lakukan seumur hidup. Bagaimana tidak, sebuah blog tidak hanya memungkinkan kamu untuk mengekspresikan diri, berbagi ilmu pengetahuan, mendapatkan penggemar dan pengikut, namun juga dapat menghasilkan pundi-pundi uang untuk kamu. Tentunya keyakinan kamu untuk buat blog akan semakin mantap.

Jika kamu masih baru dalam hal ini dan bertanya-tanya bagaimana cara membuat blog secara gratis, kami mempunyai panduan cara buat blog baru di Blogspot. Untuk itu, ayo, simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Buat Akun Blogspot Baru

Untuk buat blog baru secara gratis, kamu harus terlebih dahulu menuju blogspot.com dan login menggunakan akun Google kamu. Untuk user baru, kamu akan diberi opsi untuk menggunakan identitas dari profil Google Plus atau menggunakan identitas dari profil blogspot. Setelah login berhasil, kamu bisa memilih opsi ‘new blog’.

buat blog baru

Beri Nama Blogspot dan Tentukan Tema (Beli Domain Bila Perlu)

Pada prosesi selanjutnya, Sobat Jagoan dapat memilih sebuah domain untuk blog kamu. Nama domain adalah sebuah alamat yang memungkinkan orang-orang di seluruh penjuru dunia untuk mengakses website kamu. Usahakan memilih nama domain yang relatif singkat dan relevan terhadap topik yang akan kamu bahas di blog kamu. Selanjutnya, Sobat Jagoan dapat memilih tema yang cocok untuk blog kamu dan klik tombol ‘create blog!’

memilih subdomain

Sebagai tambahan, Sobat Jagoan juga bisa membeli domain jika perlu, terutama jika kamu ingin menjadikan blog tersebut untuk bisnis. Dengan domain berbayar, kamu akan mendapatkan banyak sekali fasilitas dan fitur menarik sehingga kamu bisa membuat tampilan blog kamu terlihat lebih bagus, worth, dan profesional.

Optimalisasi Situs Blogspot

Setelah Sobat Jagoan berhasil membuat blog, maka langkah yang selanjutnya harus diambil adalah optimalisasi. Langkah ini berfungsi untuk meningkatkan visibilitas search engine dan kualitas user experience. Kamu bisa mengakses fitur-fitur pendukung optimalisasi situs pada panel sebelah kiri seperti:

setting panel
  • Menambahkan Deskripsi untuk Blog

Kamu bisa menambahkan deskripsi untuk blog supaya pengunjung dan search engines dapat dengan mudah mengetahui informasi umum tentang blog kamu. Kamu bisa mengaturnya pada ‘basic settings option’ di bawah ‘settings panel’.

  • Optimalisasi Postingan Blog

Sobat Jagoan dapat dengan mudah memahami bagaimana cara mengoptimalisasi postingan blog pada ‘settings’. Masing-masing fitur pendukung ini sangat mudah diakses dan diinterpretasikan sehingga kamu bisa belajar dan mengeksplor sendiri masing-masing fungsi.

  • Optimalisasi Blog untuk SEO

Untuk mengoptimalisasi blog untuk SEO, kamu bisa melakukan tiga hal ini: Menulis sebuah rangkuman yang menarik tentang blog kamu pada meta tags untuk menarik pengunjung, karena meta tags akan muncul pada search engines; membuat teks atau pesan HTML pada laman website kamu yang tidak dapat diakses, yang berisi pemberitahuan bahwa laman yang dituju tidak tersedia; dan menggunakan opsi ‘custom redirects’ untuk menyambungkan link-link yang rusak atau salah ke satu laman yang sama, misalnya homepage.

optimalisasi seo

Desain dan Atur Layout Website

Langkah keempat adalah mengedit layout template. Sobat Jagoan telah memiliki template gratis yang standar digunakan oleh suatu blog. Namun, jika kamu ingin menggunakan template yang berbeda, kamu bisa mencari dan mengunduhnya dengan bantuan Google search. Yang bisa kamu lakukan untuk memperindah tampilan layout template adalah:

layout setting
  • Menambahkan Sebuah Logo

Logo berfungsi untuk mendefinisikan dan mengidentifikasi brand kamu. Blogger memungkinkan Sobat Jagoan untuk menentukan logo untuk blog kalian. Untuk pemula, kamu mungkin tidak membutuhkan desain logo yang mahal. Sebagai alternatif, kamu bisa membuat logo sederhana menggunakan tool yang tidak berbayar. Setelah itu, cobalah memilih opsi layout dan memilih ‘edit’ link pada kotak header untuk memilih satu logo.

  • Menghilangkan Navbar

Navbar adalah kotak dialog yang berisi navigasi, biasanya muncul di bagian atas setiap page yang berisi link untuk logout dan mengunjungi blog lain. Kami merekomendasikan kamu untuk menghilangkannya karena akan mengurangi nilai estetika blog kamu. Cara menghilangkannya adalah dengan menekan ‘edit’ link pada kotak navbar dan pilih ‘turn it off’.

  • Menambahkan Gadget

Gadget adalah cuplikan kode yang dibuat untuk membantu Sobat Jagoan menambahkan bermacam-macam fungsi pada blog kamu. Kamu bisa menggunakan gadget seperti tombol-tombol media sosial, opsi pencarian, statistik pengunjung, dan sebagainya. Kamu hanya perlu pergi ke opsi ‘layout’ dan pilih ‘add a gadget’.

Buat Konten

Sekarang, saatnya Sobat Jagoan menulis konten menarik yang sekiranya dapat menarik minat pengunjung. Kamu bisa menulis konten tentang sesuatu yang kamu sukai atau konten yang berisi keywords paling banyak dicari di search engines. Untuk mulai menulis, kamu bisa pergi ke blogger dashboard dan memilih opsi ‘new post’.

menulis konten

Raup Keuntungan dari Google AdSense

Sebelum itu, Sobat Jagoan perlu mencatat bahwa ada banyak cara untuk mendapatkan uang via blog seperti menyediakan layanan, menjual produk, pemasaran, dan sebagainya. Ketika kamu sudah memiliki cukup banyak konten dan pengunjung, kamu bisa mulai menggunakan Google AdSense untuk meraup keuntungan. Daftarkan AdSense melalui blogger dashboard kamu dan minta persetujuan dengan cara klik pada ‘earnings’ dan ‘apply for AdSense’.

monetizing a blog

Ubah Blog Menjadi Ladang Bisnis

Ketika Sobat Jagoan sudah menyelesaikan prosesi buat blog, maka kesempatan kamu untuk menguangkan blog kamu juga akan besar, terlebih jika banyak orang yang mengunjungi blog kamu. Karena Google akan memanfaatkan blog kamu untuk menayangkan iklan dan sebagai kompensasi, kamu akan dibayar untuk setiap klik yang ditujukan pada iklan Google di blog kamu. Sudah banyak blogger yang sudah menjadikan blog-nya sebagai ladang bisnis dan berhasil meraup keuntungan setidaknya puluhan juta per bulan. Bagaimana? Apakah kamu tertarik?

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +