Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Bahasa Pemrograman: Memahami Perulangan dalam Bahasa Python

Setelah sebelumnya kalian belajar bagaimana memulai membuat di bahasa pemrograman python, kini saat nya kita belajar tutorial pembuatan Perulangan di Python. Perulangan atau dalam istilah lain disebut dengan loop. Perulangan digunakan ketika kamu harus menyelesaikan sebuah task dengan jumlah yang besar dengan menggunakan pola yang sama. Syaratnya tentu saja, kamu harus mengetahui bagaimana pola atau alur dari task tersebut. 

Di dalam Python, ada dua jenis perulangan yang lazim digunakan, yaitu:

1. For

Adalah suatu bentuk perulangan yang mengerjakan ”bagian pernyatan yang sama” secara berulang kali berdasarkan syarat/kondisi yang ditentukan. Cara kerja ini digunakan untuk menyelesaikan task dengan cara yang sama dan dengan hasil yang berbeda.

2. While

Digunakan  untuk melakukan task perulangan selama kondisi nya bernilai benar. Logika pengecakan adalah sama dengan statement IF untuk menentukan benar atau salah. Berikut ini adalah struktur dari while

Contoh penggunaan perulangan For adalah sebagai berikut:

Contoh 1:

Fungsi range() berfungsi sebagai counter pada perulangan bentuk For. Range(10) artinya script akan menampikan perulangan sebanyak 10 elemen. Jika script diatas kamu jalankan, maka akan menampilkan angka 1 sampai dengan 10:

Contoh 2:

Apabila dijalankan, maka akan menampilkan :

Contoh 3:

Program di atas Menampilkan perulangan dari list. Jika dijalankan, maka akan menghasilkan:

Contoh penggunaan peruangan While:

While Loop akan menjalankan statemet selama kondisi terpenuhi (atau bernilai true). 

Output dari program tersebut adalah:

Mudah bukan? Python sangat lazim digunakan oleh para Programer dan DevOps enginer di dunia ini. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mulai belajar Python!

Nah, setelah mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini, pasti kamu ingin mencari informasi terkait developing product lainnya kan?

Untuk para developer, kebutuhan yang harus selalu diperhatikan, adalah keadaan server yang optimal. Sehingga ini akan membantu para developer untuk memastikan bahwa semua kegiatan untuk memproduksi fitur atau mengembangkan fitur akan semakin nyaman dan mudah. Seperti VPS yang bisa membantu para developer untuk memaksimalkan pengembangan product yang sedang mereka jalankan. 

Memilih VPS pun juga bukan hal yang mudah, karena bukan hanya memperhitungkan harga saja, tapi kualitas pelayanan, spesifikasi produk sampai dengan kemudahan dalam manage. 

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +