Ini Cara Mudah Convert Figma ke HTML dan CSS

cara convert figma ke html

Mengubah desain langsung dari Figma ke HTML memberikan banyak manfaat, salah satunya kamu bisa membuat prototipe berbasis web dengan cepat. Semua akan berjalan lancar kalau kamu paham cara convert figma ke HTML, Sob!

Convert file figma ke HTML bisa mempermudah kamu mendesain situs web atau halaman tanpa harus membangun semuanya dari awal. Proses ini juga membuatmu menghasilkan kode yang rapi dan terstruktur.

Beralih langsung dari Figma ke HTML memberikan kemudahan dan efisiensi dalam mengubah desain menjadi situs web fungsional. Yuk cari tahu caranya!

Manfaat Plugin Figma to HTML

plugin convert figma to html

Keuntungan menggunakan plugin Figma ke HTML tidak hanya sebatas untuk mengonversi. Manfaat lain kamu bisa mengubah tata letak grafis menjadi prototipe berfungsi tanpa kehilangan ide, desain, warna, tipografi, dan konten.

Berikut adalah beberapa alasan dan keuntungan penting lainnya dalam menggunakan plugin ini:

1. Menghilangkan Kesalahan Konversi Manual

Plugin hadir sebagai solusi praktis yang membantu mengatasi kesalahan yang sering terjadi selama konversi manual.

2. Mengatur Tata Letak HTML Berkualitas

Plugin untuk migrasi ke HTML menyediakan tata letak HTML berkualitas tinggi. Sistem tata letak ini sudah mengikuti praktek terbaik pengembangan web dan mematuhi standar terkini.

3. Meningkatkan Produktivitas Tim

Bekerja dengan bantuan komputer tentu memudahkanmu dalam menyelesaikan tugas pekerjaan. Begitu juga dengan tools atau alat berupa plugin yang membantu menyederhanakan proses convert Figma to HTML CSS. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Pop Up? Fungsi, Jenis dan Cara Buatnya

Konversi menjadi lebih mudah sehingga produktivitas kerja pun meningkat. Nah, pastikan kamu pakai plugin ini nanti ya!

4. Keuntungan dalam Pemasaran

File Figma yang menjadi HTML berarti kamu bisa langsung mengujinya sendiri. Hal ini memungkinkan pengguna membuat halaman Call to Action (CTA) dan menguji kampanye pemasaran dalam waktu singkat.

5. Efisiensi Sumber Daya

Hadirnya plugin yang membantu proses konversi tentu saja akan menghemat waktu, uang, dan tenaga kita. Alhasil, bisa mencegah pemborosan sumber daya pada Figma karena proses konversi berlangsung satu arah.

6. Fokus pada Project yang Lebih Kompleks

Kini, cara convert Figma ke HTML bukan lagi jadi masalah besar. Dengan plugin, kamu bisa menyelesaikannya dalam waktu cepat. Dengan kata lain, hal ini memberikan waktu tambahan untuk fokus dan menyelesaikan proyek yang lebih kompleks.

7. Monetisasi Ide Cepat dan Efisien

Siapa yang sering menggambar desain di Figma dan ingin segera mewujudkannya dalam bentuk website? Kadang kala kesulitan konversi bisa membuat projectmu terhambat. 

Berbeda cerita kalau sudah ada plugin. Dengan beberapa langkah saja, kamu sudah bisa mewujudkan ide dan memonetisasinya!

Banyak tools atau plugin yang mentransfer proyek Figma ke situs web. Pembuat situs web mampu membangun proyek yang lebih kompleks dan menciptakan pengalaman pengguna dengan fitur modern dan elemen penting. 

Plugin Figma ini bukan hanya cara slicing Figma ke HTML, tapi juga tentang meningkatkan produktivitas, meminimalkan kesalahan, dan memperluas proyek. 

Namun, penting untuk mempertimbangkan juga potensi kesalahan yang mungkin muncul.

Kesalahan Saat Mengconvert Figma ke HTML

Kekurangan dan masalah mungkin timbul saat menggunakan alat Figma ke HTML. Kesalahan ini terbagi menjadi dua, yaitu dari sisi pembuat situs web dan dari terkait alat konversi itu sendiri. Mari kita bahas keduanya:

1. Keterbatasan dalam Pemilihan Vendor

Beberapa pembuat situs web bisa membatasi kebebasanmu untuk beralih ke platform lain. Pembuat situs memaksa untuk terus menggunakan satu vendor dan terikat pada tools yang tersedia.

Cek Konten Lainnya:
Inilah Peluang Kerja Di Bidang Data Engineer, Anda Wajib Tahu!

2. Struktur HTML yang Rentan terhadap Kesalahan

Kamu mungkin mendapati struktur HTML yang rentan terhadap kesalahan dan kekurangan. Alasannya bisa karena beberapa situs web tidak selalu rutin update.

3. Tantangan dalam Mengelola Situs Web

Bisa jadi kamu akan kesulitan dalam menangani situs web baru, terutama karena setiap lingkungan baru memiliki kurva pembelajaran berbeda. Apalagi saat mencoba memanfaatkannya sebaik mungkin. 

Meskipun proses ini menyediakan cara yang mudah untuk mempublikasikan proyek secara online, kamu tetap perlu memperhatikan keterbatasan dan potensi masalahnya. Konversi file Figma ke HTML mudah asalkan kamu paham semua hal-hal pentingnya.

Bisakah Mengconvert Figma ke HTML?

Apakah mungkin untuk mengkonversi desain Figma ke HTML? Tentu, kamu punya kemampuan untuk mengubah desain Figma menjadi HTML, CSS, dan kode JavaScript. 

Proses ini dikenal sebagai “menerjemahkan desain menjadi kode” atau “mengkodekan desain.” Ada beberapa cara convert Figma ke HTML yaitu pengkodean manual dan menggunakan plugin:

  • Pengkodean Manual

Ini adalah metode yang sering digunakan dan dapat diandalkan. Pengembang web menggunakan desain di Figma sebagai panduan untuk membuat kode HTML, CSS, dan JavaScript secara manual. 

Pendekatan ini menjamin pembuatan kode yang berkualitas tinggi dan optimal. Sepenuhnya bisa kamu kontrol.

  • Menggunakan Plugin Figma

Ada plugin yang bisa mengubah desain Figma secara langsung menjadi HTML/CSS. Metode ini menjadi alternatif yang lebih cepat. Tapi perlu kamu perhatikan bahwa kualitas dan kebersihan kode mungkin bervariasi tergantung pada alat yang digunakan.

Kedua metode ini fleksibel, bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan tingkat keterampilan. Pengkodean manual memberikan kontrol penuh atas hasil akhir sedangkan penggunaan plugin dapat mempercepat prosesnya.

Cara Convert Figma ke HTML

Kamu punya dua opsi mudah untuk mendapatkan kode HTML dan CSS dari desain Figma. Berikut dua cara mengonversi Figma menjadi HTML:

1. Ekspor Paket Kode HTML Langsung dari Mode Pengembang Figma

Tahapan cara export figma ke html yang perlu kamu ikuti antara lain sebagai berikut.

  • Aktifkan Mode Pengembang di Figma. Caranya buka panel Inspect dan klik tombol Mode Pengembang.
  • Jalankan Plugin untuk Mode Dev. Kalau tidak terlihat, cari atau sematkan plugin tersebut di panel agar mempermudah aksesnya.
  • Pilih Komponen, Lapisan, atau Bingkai Figma. Tujuannya untuk mendapatkan kode HTML secara real-time. Kode ini dapat disalin dari panel, dibuka di CodeSandbox, atau diunduh sebagai paket kode. 
Cek Konten Lainnya:
Inilah Framework untuk Backend Terbaik di 2024

Cara pertama ini cukup mudah kan? Bisa kamu coba dengan beberapa langkah saja!

2. Dapatkan Kode HTML dengan Aplikasi Web

Untuk cara kedua, langkah-langkah yang bisa kamu ikuti yaitu sebagai berikut:

  • Jalankan Plugin dalam Mode Edit Figma. Caranya buka proyek Figma dalam Mode Edit dan jalankan plugin terkait.
  • Sinkronkan Proyek Figma dengan Aplikasi Web. Untuk membuka proyek Figma di aplikasi web, kamu perlu menyinkronkannya.
  • Pilih Opsi Ekspor Kode. Klik “Ekspor Kode” dan pilih “Proyek Penuh”. Unduh file ZIP yang berisi paket kode proyek.
  • File ZIP tersebut berisi file HTML, CSS, gambar, dan font yang diperlukan. Website secara otomatis menghasilkan file ini. Kamu bisa melihatnya di browser atau membukanya dalam editor teks untuk melihat struktur HTML dan CSS.

Itu dia cara convert Figma ke HTML. Dengan plugin dari website tersebut, kamu mudah mendapatkan kode HTML yang siap produksi untuk desain Figma, baik untuk individu maupun proyek keseluruhan. Prosesnya lebih mudah dan efisien.

digitalisasi bisnis pakai jagoan hosting

Setelah menyiapkan desain website di figma dan telah diconvert ke html dan CSS, saatnya kamu untuk onlinekan websitemu dengan Hosting dan Domain.

Kamu bisa dapatkan kebutuhan mengonlinekan website seperti Paket Hosting Murah dan Domain di Jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara membuat blog di wordpress
Read More
Cara Membuat Blog di WordPress (Instan) Cocok buat Pemula
Tertarik mengetahui cara membuat blog di WordPress gratis bagi pemula? Hal tersebut merupakan ide bagus mengingat WordPress adalah…
cara membuat website
Read More
Cara Membuat Website Sendiri dari Nol Tanpa Coding
Ingin memiliki sebuah website, tapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya? Well, cara membuat website sebetulnya sangat mudah, Sob.…