9+ Website Toko Online Gratis untuk Jualan Online

website toko online gratis

Bagi pebisnis, penggunaan platform online penting dalam meningkatkan volume penjualan. Sebab, hampir semua target pasar telah memakai smartphone. Itulah sebabnya, kamu perlu memilih situs website toko online gratis dengan fitur terbaik.

Toko online adalah wadah untuk menawarkan layanan atau produk secara daring di seluruh dunia. Konsep ini juga dikenal sebagai belanja online, yang mana pengunjung berkesempatan membeli produk melalui platform penjualan.

Sementara itu, situs web adalah halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses dengan mudah melalui internet. 

Jadi, secara sederhana situs web toko online adalah halaman yang berisikan informasi mengenai produk bisnis dan digunakan sebagai sarana berjualan.

Rekomendasi Website Toko Online Gratis 

website toko online gratis

Membuat website memang kedengarannya butuh biaya besar. Akan tetapi, tenang saja, ada pilihan website gratis loh! Saat ini banyak platform website gratis yang bisa kamu kostumisasi sesuai kebutuhan, termasuk untuk bikin web toko online.

1. Wix

Wix merupakan alat pembuat situs web yang user-friendly. Situs ini membantumu membuat website dengan dua opsi yaitu melalui metode drag-and-drop dan menggunakan perancang kecerdasan buatan ADI Wix. 

Kamu juga bisa mengkostumisasi tanpa perlu pengetahuan tentang pemrograman. Wix menjadi platform pembuatan toko online yang ideal untuk membangun toko online secara gratis. 

Paket gratis mencakup domain, hosting, bandwidth dan ruang penyimpanan hingga 500 MB.

Meskipun gratis, platform Wix menyediakan berbagai pilihan template yang terkostumisasi. Di samping itu, kamu juga bisa mengakses berbagai koleksi ikon, gambar, clip art, dan aplikasi secara gratis. 

Keunggulan lainnya yaitu kamu akan mendapatkan alat pemasaran yang berguna untuk mempromosikan situs website. Contohnya melalui email untuk berkomunikasi dengan pelanggan, adanya bantuan SEO untuk optimasi keyword, dan tools lainnya.

2. WooCommerce

woocommerce

WooCommerce merupakan website toko online yang gratis yang terintegrasi secara dengan WordPress. 

Meskipun disebut sebagai plugin, WooCommerce sebenarnya adalah alat yang lengkap dengan berbagai fitur yang mungkin diperlukan dalam dunia e-commerce.

Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat saat menginstall WooCommerce. Dengan WooCommerce, kamu bisa menjual berbagai jenis produk, baik barang fisik maupun produk digital.

Proses instalasi dan penggunaannya sangatlah mudah, bahkan untuk pemula sekalipun. Begitu juga dengan menambahkan produk ke toko, langkahnya mudah dan tidak butuh pengetahuan teknis khusus, Cek di Panduan Lengkap Pakai WooCommerce

WooCommerce menyediakan berbagai tema gratis yang dapat membantumu mendesain toko sesuai dengan preferensi. Untuk menjangkau pasar global, WooCommerce mendukung berbagai mata uang. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu AIDA Marketing? Strategi Ampuh Tingkatkan Penjualan

WooCommerce menyediakan solusi lengkap untuk mengembangkan toko online seiring dengan pertumbuhan bisnis.

3. Shopify

shopify

Shopify merupakan sebuah platform e-commerce yang juga menyertakan layanan hosting. 

Platform ini memiliki popularitas yang cukup tinggi dan menangani berbagai aspek. Mulai dari pemasaran, pembayaran, pengiriman, hingga jaminan pembayaran yang aman, semuanya dapat diatur dengan mudah.

Shopify menyajikan sejumlah fitur dalam paket dasar, termasuk toko online dengan tema terkostumisasi, aplikasi POS Shopify, dan beberapa saluran penjualan. 

Fitur ini menjadi bagian dari tips agar toko online laris. Sebab, di dalam paket dasarnya terdapat pilihan untuk mengelola produk, melacak penjualan, dan tren pertumbuhan.

Dalam satu paket Shopify sudah terdapat hosting, nama domain, desain, tema, dan pemasaran. Kamu bisa memilih dari lebih dari 100 tema untuk perangkat seluler dan ratusan aplikasi yang dapat meningkatkan fungsi toko.

Platform ini juga terintegrasi dengan berbagai media sosial sehingga memudahkan promosi di berbagai platform tersebut. Shopify sangat cocok bagi siapa pun yang mencari pendekatan praktis dalam pengaturan dan pemeliharaan toko online.

4. Square Online

Square Online terbukti sebagai platform e-commerce unggul yang mengizinkan kamu menjalankan aktivitas penjualan secara gratis. Bagi yang baru memulai bisnis online pertama, hal ini sangat menguntungkan karena bisa menghemat biaya.

Keunggulan unik dari Square Online yaitu adanya sistem POS yang dapat disinkronkan untuk mengakomodasi pembayaran offline dan online. 

Selain itu, Square Online menawarkan berbagai rencana dan sistem yang terkhususkan untuk restoran dan industri makanan.

Fitur-fitur Square Online versi gratis memang sudah cukup. Akan tetapi, jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak fitur, versi berbayarnya telah tersedia. Dengan versi berbayar, kamu bisa menghubungkan nama domain secara khusus.

5. Big Cartel

Big Cartel adalah website toko online gratis yang khusus ditujukan bagi para seniman dan kreator untuk memasarkan produk. 

Jika kamu berencana memiliki toko yang fokus pada penjualan produk handmade, opsi ini bisa menjadi alternatif yang layak untuk kamu pertimbangkan.

Kelebihannya adalah pada paket gratis yang disediakan, kamu tidak akan dikenakan biaya transaksi apapun. Kamu juga bebas membuat URL toko tanpa membayar biaya tambahan.

Paket gratis juga memungkinkanmu untuk menyajikan hingga 5 produk. Artinya lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan opsi gratis yang ditawarkan oleh platform e-commerce lainnya. 

Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa kendala. Jika ingin menyesuaikan tampilan tema situs web, kamu perlu mengedit kode HTML tema tersebut. Hal ini bisa menjadi kompleks, terutama bagi pemula yang belum terbiasa dengan pengeditan kode.

6. Square Space

Squarespace sebagai pembuat situs web selalu menghadirkan template-template paling modern di pasaran. Platform ini memiliki target pengguna dari berbagai bidang sehingga desain toko online yang ditawarkan pun lebih beragam.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Pop Up? Fungsi, Jenis dan Cara Buatnya

Keunggulan utama Squarespace terletak pada kemudahan penggunaannya. Jika kamu merasa ragu dalam mengedit dan membangun situs web, Squarespace adalah platform yang tepat. 

Fitur penjualannya pun lengkap dengan dukungan untuk saluran omnichannel termasuk Facebook, Instagram, Google, dan YouTube. Bahkan, kemampuan otomatisasi video produk membuatnya bahkan dapat dimonetisasi. 

7. Ecwid

Apakah kamu membutuhkan toko yang terhubung dengan situs web yang sudah ada? Jika iya, Ecwid adalah solusi yang cocok. Akan tetapi, meskipun kamu belum memiliki situs web, Ecwid juga menawarkan situs starter instan secara gratis. 

Ecwid menyajikan paket gratis yang menghadirkan sejumlah manfaat. Setelah mendaftar, kamu bisa langsung membuat situs web e-commerce yang berfungsi tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan. 

Situs ini memungkinkanmu untuk menjual hingga sepuluh produk. 

Di dalam platform ini, kamu akan menemukan berbagai fitur menarik. Misalnya keranjang belanja, kapasitas bandwidth tidak terbatas, dan kemudahan dalam mengintegrasikan toko dengan berbagai platform seperti WordPress.

Menariknya lagi, terdapat lebih dari 40 metode pembayaran dalam berbagai mata uang. Selain itu ada juga opsi penetapan tarif pengiriman secara real-time dari beberapa operator layanan pengiriman yang berbeda. 

8. Big Commerce

big commerce

BigCommerce merupakan opsi yang cukup menarik bagi toko online dengan skala dan besar, terutama toko internasional. Platform ini memberikan fitur internal yang lebih banyak dan dukungan bagi bisnis yang ingin tumbuh secara internasional.

Keunggulannya mencakup kemampuan untuk menjual dalam berbagai mata uang dukungan untuk 12 bahasa sehingga memfasilitasi ekspansi lintas negara. 

Hanya saja, desain toko yang dapat diatur cukup terbatas sehingga kamu akan lebih bergantung pada template, fitur, dan fungsi yang telah disediakan oleh BigCommerce,

Perlu juga dicatat bahwa BigCommerce merupakan satu-satunya platform yang tidak memiliki aplikasi seluler. Artinya, kamu tidak dapat mengedit atau menjalankan penjualan saat memakai smartphone.

9. Gumroad

Gumroad tercatat sebagai salah satu website toko online gratis untuk menjual beragam jenis produk. Misalnya mulai dari barang digital hingga barang fisik dan kreatif. 

Namun, fokus utamanya lebih ditujukan pada produk digital dan karya kreatif seperti gambar, tulisan, podcast, dan desain.

Platform ini mengizinkanmu untuk membuat situs web toko online secara gratis. Fitur yang ditawarkan dalam paket gratis mencakup pengelolaan etalase, menjual produk sebanyak mungkin, dan menyusun alur kerja otomatis.

Dalam hal opsi pembayaran dan proses checkout, Gumroad menyajikan berbagai kemudahan. Selain itu, pelanggan dapat membuat akun dan menyimpan semua konten di satu tempat sehingga memberikan kenyamanan dalam pengalaman berbelanja.

Cek Konten Lainnya:
Cara Meningkatkan Kecepatan Website

10. Weebly

Tidak kalah dengan platform lainnya, Weebly menyediakan uji coba gratis yang memungkinkanmu untuk membuat toko online dengan platform ini. Weebly memberikan fleksibilitas untuk menambahkan berbagai jenis produk, baik fisik maupun digital.

Tersedia sekitar 100 tema desain berbeda sehingga memungkinkanmu menemukan tampilan yang sesuai. Fitur checkout, manajemen inventaris, pengiriman, dan pengelolaan pajak juga sudah tersedia secara bawaan.

Paket gratis ini tidak hanya memberikan akses ke forum komunitas, tetapi juga mendukung obrolan langsung, email, dan bahkan dukungan telepon. Akan tetapi, ada juga fitur berbayarnya untukmu yang ingin mendapatkan layanan premium.

Tips Memilih Website Toko Online Gratis

Agar penjualan mencapai target, tentu saja kamu perlu memperhatikan platform yang digunakan. Rekomendasi website toko online tersebut semoga bisa membantumu dalam memilih platform yang tepat. Bagaimana tahu platform tersebut tepat?

Lagi-lagi, untuk memilih website toko online, kamu perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Produk apa yang kamu jual dan fitur apa saja yang dibutuhkan. Hal itu akan berpengaruh terhadap ketersediaan pilihan platform yang ada.

Selain itu, dari segi biaya memang lebih minimalis. Website toko online gratis hampir tidak menghabiskan biaya alias gratis. 

Namun, ada juga platform yang memang butuh layanan berbayar untuk mengakses fitur tambahan dan pastinya punya banyak kelebihan daripada versi gratis.

hosting untuk toko online

Saat ini, mungkin kamu telah membuat toko online menggunakan platform gratisan. Meskipun gratis, ada beberapa masalah yang bisa muncul.

Gambar-gambar yang kamu upload mungkin memakan waktu lama untuk dimuat oleh situsmu, membuat pengalaman berbelanja kurang optimal bagi pelangganmu.

Bayangkan memiliki toko online yang selalu tampil maksimal. Konten dimuat dengan cepat, dan pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk melihat produkmu. Ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan potensi penjualanmu.

Solusinya sangat sederhana. Pakai Cloud Hosting dari Jagoan Hosting!

Dengan Cloud Hosting dari Jagoan Hosting, konten yang kamu upload akan dioptimasi secara otomatis. Ini berarti situs webmu akan menjadi lebih cepat dan responsif, memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik kepada pelangganmu.

Selain itu pake Hosting dengan teknologi Cloud dari Jagoan Hosting telah mendukung bahasa pemrograman populer seperti Multi PHP Version, Laravel, SSH Acess, Git, Python, Nodejs dan Bantuan terdedikasi untuk menuntaskan semua permasalahan terkait bantuan teknis

Demikian tadi rekomendasi platform website toko online yang dapat menjadi pilihanmu. Semoga bisa memberikan alternatif terbaik agar jualan semakin laris!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Strategi Membuat Iklan yang Maksimal
Read More
8 Cara Membuat Iklan yang Menarik agar Bisnis Laris
Cara membuat iklan tak bisa dilakukan sembarangan. Membuat strategi iklan yang maksimal sangat penting, Karena iklan menjadi untuk…
mcdonalds-outlet
Read More
Belajar Entrepreneur Journey ala Founder Mc Donald’s
Belajar Entrepreneur Journey dari film “the founder”.  Ini bukan tentang review dari film, tapi ini tentang pelajaran yang bisa…