Apa itu Software Engineer? Tugas, Jenjang Karir & Gaji

Software engineer adalah

Pekerjaan di bidang IT (Informasi Teknologi) terkenal sebagai profesi yang sulit namun gajinya tentu saja tak main-main Sob, termasuk software engineer. Software engineer adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

Jika dilihat dari namanya, kira-kira apa Sob tugas utama dan tanggung jawab mereka? Pekerjaan software engineer berkaitan dengan proses software engineering, yang artinya memiliki tugas cukup krusial. Nah agar lebih tahu, yuk simak penjelasannya!

Apa itu Software Engineer?

Software engineer adalah adalah profesi pada salah satu bidang komputer dan software yang bertugas untuk mengembangkan, memodifikasi, menulis, mendesain serta mengidentifikasi masalah pada sebuah software.

Kemajuan perkembangan teknologi saat ini membuat software engineer adalah profesi yang semakin diminati. Selain, dikenal sebagai salah satu pekerjaan dengan gaji besar, namun posisi ini juga memiliki jenjang karir cukup bagus di masa depan.

Bagaimana bisa? Seperti yang kita lihat, teknologi dan digital semakin maju, bukan semakin terbelakang. Sehingga, setiap bidang bisnis atau perusahaan berpeluang besar membutuhkan seorang software engineer dalam membantu mengembangkan bisnis mereka.

So, kalau kamu tertarik dengan dunia komputer dan perangkatnya, jangan ragu Sob untuk mulai terjun dalam dunia software engineering. Karena, peluang pekerjaan untukmu telah menanti di masa depan.

Tugas Software Engineer

Setelah memahami apa itu software engineer dari penjelasan di atas, apa kamu sudah bisa menebak apa saja tanggung jawab serta tugas software engineer? Nah, kali ini kita akan membahasnya secara lengkap.

Umumnya, tugas software engineer adalah melakukan perencanaan, pengawasan serta memelihara perangkat lunak. Selain itu, juga mencari solusi apabila terjadi suatu masalah terhadap suatu software.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu FUP (Fair Usage Policy) di Paket Internet Unlimited?

Selain itu, Robert Half juga memaparkan bahwa software engineer adalah pekerjaan yang memiliki beberapa tanggung jawab, diantaranya yaitu:

  • Mengetahui masalah dan kebutuhan pengguna software.
  • Merancang, memabnggun serta melakukan pengecekan terhadap suatu sistem atau aplikasi.
  • Bekerja dengan web developer untuk menyusun kode yang sesuai dengan sistem software melalui penggambaran model atau diagram.
  • Melakukan dokumentasi segala sistem atau aplikasi secara spesifik untuk sebagai bentuk tanggung jawab saat perbaikan.
  • Mengelola software secara berkala, sehingga bisa segera menemukan kesalahan lebih awal dan memperbaikinya.
  • Merekomendasikan software update pada sistem yang telah ada.
  • Berkolaborasi dengan tim lain untuk menciptakan software yang maksimal.

Nah, cukup banyak bukan tugas dan tanggung jawab mereka, maka tak heran kalau gajinya juga seimbang dong Sob! Sama halnya seperti Jagoan Hosting, para engineer ini juga menjadi salah satu pihak yang menghasilkan layanan VPS Terbaik buat para Sobat Jagoan Hosting, makanya dibutuhkan proses kompleks dan beragam skill.

Baca juga: Perbedaan Software Developer dan Software Engineer, Wajib Tahu!

Skill Software Engineer

Melihat tugas dan tanggung jawabnya yang cukup berat, tentu tidak mudah menjadi seorang software engineer. Setidaknya, kamu harus memiliki beberapa skill umum berikut ini.

  • Cukup teliti mengerjakan proyek.
  • Memahami bahasa programming.
  • Mampu bekerja sama dengan tim.
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Gaji Software Engineer di Indonesia

Dari tadi kita udah ngomongin kalau gaji software engineer di Indonesia itu besar, berapa sih sebenarnya Sob? Di Indonesia, rata-rata gaji software engineer adalah Rp5 juta – Rp8 juta per bulannya. Angka ini adalah besaran gaji yang umumnya profesi ini dapatkan di kota-kota Indonesia. Masing-masing perusahaan menawarkan ragam gaji yang berbeda.

Cek Konten Lainnya:
Cara Install Magento di Hosting

Biasanya sih gaji ini sesuai dengan besaran perusahaan yang merekrut. Semakin besar perusahaannya, semakin besar pula gaji yang diberikan. Nggak cuma besar perusahaannya, ada juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi besar gaji yang didapatkan. Apa saja faktor-faktor yang berpengaruh? Kita bahas di poin selanjutnya, ya! 

Mungkin kamu menganggap gaji Rp5 juta – Rp8 juta adalah gaji yang standar atau malah cenderung kecil. Tapi jangan salah, Sob! Gaji software engineer di Indonesia juga bisa dua digit, lho! Kok bisa? Bisa banget dong!

Selian besar perusahaan tempat mereka bekerja, beberapa hal ini bisa menaikkan rate gaji yang berhak diterima para software engineer adalah:

  • Pengalaman.
  • Skill.
  • Sertifikat keahlian.
  • Hasil karya.

Baca juga: Hardware Engineer, Profesi di Balik Segala Kemajuan Teknologi Dunia

Jenjang Karir Software Engineer

Kalau kamu bertanya-tanya apa benar software engineer adalah profesi yang cukup menjanjikan? Nah Sob, saat ini dunia teknologi semakin berkembang, perkembangan ini tentu seiring dengan semakin dibutuhkan orang-orang ahli pada bidang tersebut.

Jika kamu tertarik, momen ini bisa menjadi kesempatan emas mu untuk mendapatkan salah satu posisi sebagai software engineer di perusahaan impian kamu! Jangan khawatir, karena akan ada jenjang karir yang menunggu kamu, berikut diantaranya:

  • Junior software engineer.
  • Software engineer.
  • Senior software engineer.
  • architect/principal software engineer.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu software engineer serta tugas dan tanggung jawab mereka dalam suatu perusahaan. So, apakah kamu tertarik untuk terjun dalam dunia software engineering? Jika iya, maka pastikan kamu telah memenuhi kualifikasi di atas ya Sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting untuk Websitemu
Bisa dibilang bahwa saat ini banyak pengguna yang semakin tertarik menggunakan cloud hosting, daripada shared hosting. Perlu diketahui…
Hits di stratup! Inilah yang dimaksud agile software development
Read More
Mengenal Agile Software Development, Hits di Kalangan Startup!
Apakah kamu pernah bekerja di perusahaan teknologi atau startup? Kalau iya, kamu pasti nggak asing dengan kata agile…