Kamu lagi ngikutin drama Start-up? Ayo, Ngacung! Kamu Tim Han Ji Pyeong atau Nam Do San nih, Sob?

Wah, drama korea yang satu ini emang nggak pernah selesai untuk dibicarakan. Mimin bahkan sampai harus standby tiap hari Sabtu dan Minggu cuma buat nungguin drama ini. Drama Start-up berhasil menyapu bersih posisi rating tertinggi di Korea Selatan. Nggak heran kalau drama ini begitu digilai. Bukan hanya oleh orang-orang Korea, tapi penduduk seluruh dunia

Uniknya nih, Sob! Ternyata Jagoan Hosting juga menerapkan cara kerja seperti di dalam drama ini. Wah, ternyata layanan hosting terbaik yang kami berikan juga dihasilkan dari kerangka kerja yang sama dengan kerangka kerja di Samsan Tech. HAH? KOK BISA? Bisa, dong. Coba kita bahas lebih lanjut, ya.

Korean Drama Start-Up
gambar dari KPOPMAP

Agile, framework ala Start-up

Ya, agile! Ini adalah kerangka kerja yang digunakan oleh hampir semua start-up. Begitu juga dengan drama Start-up yang sedang kita bicarakan. Sesuai dengan namanya, latar cerita drama Korea yang satu ini memang berupa kehidupan perusahaan start-up. Pembahasan seputar teknologi alas bisnis kekinian akan begitu sering kamu tonton di dalam drama ini.

Ini bukan kali pertama Jagoan Hosting membahas tentang agile. Samsan Tech juga menerapkan kerangka kerja yang satu ini. Mereka juga menggunakan sistematik dan alur kerja sebagaimana para start-up pada umumnya bekerja. Mereka bergerak dengan begitu dinamis dan dituntut untuk responsif pada segala perubahan.

Faktanya, drama ini juga berusaha menampilkan hal tersebut. Kalau kamu memperhatikan bagaimana Han Ji Pyeong bekerja dengan timnya, kamu akan lebih paham tahap demi tahap alur pekerjaan yang mereka lakukan. Semua alur tersebut adalah bagian dari agile.

Nggak salah, kerangka kerja yang satu ini memang ciri utama dari start-up di seluruh dunia. Nggak heran kalau mereka juga menampilkan hal tersebut. Malah, itu artinya drama ini sudah berhasil menampilkan cerita yang lebih “real” untuk penonton.

Ini inti dari kerangka kerjanya

Kamu masih ingat nggak Sob dengan informasi seputar Agile Development Method yang pernah dibagikan oleh Jagoan Hosting? Sama seperti informasi yang sudah pernah dibagikan, inti dari kerangka kerja agile adalah kerja sama antaranggota tim. Kamu pasti juga melihat hal ini di dalam drama Start-up, kan?

Mereka memiliki tim yang cukup solid. Meskipun dibumbui dengan romance, kultur khas start-up masih bisa kamu lihat dari drama ini. Termasuk juga tentang inti dari agile yaitu kerja sama antaranggota tim.

Nilai-nilai penting dalam proses kerja di Drama Start-up

Ada empat nilai yang menjadi pedoman di dalam kerangka kerja agile. Kalau diliat-liat, para pemeran drama ini juga berusaha menampilkan nilai-nilai tersebut. Nilai apa aja sih yang dimaksud? Ini dia nilai utama dalam agile:

  1. Interaksi antaranggota tim adalah yang utama. Interaksi dianggap lebih penting dibandingkan proses dan sumber daya yang digunakan.
  2. Fungsi lebih penting dibandingkan dokumentasi pekerjaan yang lengkap.
  3. Kolaborasi yang baik bersama klien lebih penting dibandingkan negosiasi perihal kontrak.
  4. Responsif terhadap perubahan lebih penting daripada mengikuti rencana awal

Kalau menurutmu, scene mana aja yang menunjukkan nilai-nilai di atas?

Anak Start-up, kalian nggak kalah keren!

Jangan sampai minder sama Han Ji Pyeong atau Nam Do San ya, Sob! Kita juga keren. Anak start-up seperti kita juga melakukan pekerjaan yang sama seperti mereka. Kita juga menerapkan kerangka kerja yang serupa dengan dinamika yang khas. Kita juga bergelut di bidang yang sama dengan rutinitas yang serupa. Jadi kalau ditanya sekeren apa pekerjaan kita, jawab aja sekeren Han Ji Pyeong dan Nam Do San.

Jadi, kalau kamu tim Han Ji Pyeong atau Nam Do San? Kalau Mimin sih #TimJiPyeong

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like