Laptop dan handphone memang sudah sangat erat untuk berbagai kegiatan manusia, termasuk bekerja dan menyimpan data di dalamnya. Namun, bagaimana jika tiba-tiba data penting kamu hilang atau terhapus? Sungguh menyebalkan pastinya.

Eits, tidak perlu khawatir Sob! Kamu bisa terapkan beberapa cara mengembalikan data yang terhapus di laptop dan android dari Jagoan Hosting berikut!

Cara mengembalikan data yang terhapus di laptop

cara mengembalikan data yang terhapus
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Sebagai perangkat pintar yang sifatnya mudah dibawa kemana saja, tentunya laptop menjadi penunjang penting untuk kamu yang pekerjaannya membutuhkan mobilitas dan fleksibilitas tinggi. Berbagai macam data penting pun pada akhirnya kamu simpan semua di dalam laptop.

Namun, ada beberapa hal yang menjadikan data di laptop tiba-tiba terhapus. Tentu, kamu pun bisa merasa panik dan ingin data yang hilang bisa segera dikembalikan, bukan? Berikut ini terdapat beberapa cara mengembalikan data yang terhapus dengan mudah di laptop.

  1. Restore Previous Versions

Salah satu cara mengembalikan data yang terhapus di laptop termudah adalah dengan menerapkan restore previous versions. Menggunakan cara ini bisa kamu terapkan ketika data di recycle bin sudah terhapus sebelumnya. Tahapan yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Pilih menu start, kemudian arahkan kursor ke file dokumen kamu yang terhapus dan tekan mouse bagian kanan.
  • Setelah itu, pilih opsi restore previous versions. Tunggu beberapa saat dan sistem akan menunjukan beberapa pilihan versi dari data di laptop kamu.
  • Silahkan cari versi data yang sebelumnya terhapus, lalu pilih OK.
  • Voila! Coba kembali akses folder data tersebut  dan kamu berhasil mengembalikan data yang telah hilang sebelumnya.
  1. Backup & Restore

Cara mengembalikan data yang terhapus selanjutnya adalah melalui backup & restore tanpa membutuhkan software khusus lho, Sob. Maka tidak heran jika banyak pengguna laptop yang menggunakan cara ini.

Kamu pun bisa menerapkan cara ini sekarang juga jika mengalami kendala file yang hilang di perangkat laptop. Langkah-langkahnya adalah:

  •  Pilih logo Windows (start) dan cari opsi control panel.
  •  Saat di opsi control panel, pilih system and maintenance. Nantinya, kamu melanjutkan pilihan dengan memilih backup & restore.
  •  Langkah terakhir adalah kamu memilih opsi restore my files. Misalnya data kamu berjumlah satuan, maka pilih opsi browse for files. Namun, kalau rangkaian file yang disatukan dalam satu folder, maka pilih browse for folder.
  •  Setelah kamu memilihnya, maka sistem akan menunjukan file yang telah melalui proses backup, lalu pilih tempat di sistem yang ingin kalian jadikan penyimpanan folder tersebut, ya.
  1. Command Prompt

Meskipun menggunakan command prompt sedikit rumit, akan tetapi cara mengembalikan data yang terhapus yang satu ini tidak ada salahnya untuk dicoba. Hal yang kamu butuhkan adalah memasukan beberapa deretan kode program  ke dalam sistem laptop.

Ikuti tahapan-tahapannya seperti di bawah ini.

  • Tekan tombol ctrl+f secara bersamaan hingga muncul opsi search bar.
  •  Ketik cmd, setelah itu klik tombol mouse bagian kanan dan pilih opsi Run As Administrator.
  • Masukan deretan kode ini: chkdsk X:/f. Dikarenakan kamu ingin mencari data yang hilang, maka ganti variabel X tersebut menjadi nama tempat penyimpanan data kamu yang telah hilang.
  •  Setelah sudah mengganti variabel X, mulai ketik deretan kode: ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.*. Seperti di langkah ketiga, jangan lupa ganti variabel X dengan tempat penyimpanan data yang ingin kamu kembalikan datanya.
  • Tunggu beberapa saat untuk melakukan proses pengembalian data yang telah hilang ke dalam sistem laptop kamu.

Cara mengembalikan data yang terhapus di Android

cara mengembalikan data yang terhapus
Photo by Lisa from Pexels

Kalau kamu sudah mengetahui cara mengembalikan data yang terhapus di laptop, kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui cara mengembalikan data yang terhapus di Android. Terlebih lagi di Indonesia banyak sekali pengguna smartphone berbasis Android.

Tidak seperti laptop, smartphone mempunyai kapasitas terbatas dari segi memori penyimpanan. Potensi kehilangan data pun juga semakin besar, terlebih lagi jika kamu sering mengakses situs yang mengandung banyak virus, maka bisa saja data kamu otomatis hilang.

Kalau misalnya data kamu di Android sudah terlanjur terhapus, maka ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan. Yuk coba salah satu cara di bawah ini!

  1.  Aplikasi Dumpster

Fungsi dari aplikasi Dumpster sendiri sama seperti fitur recycle bin yang ada di perangkat komputer. Penggunaannya pun cukup mudah dan kamu tidak perlu melakukan proses rooting (perizinan dalam menginstall sebuah perangkat lunak yang biasanya tidak diizinkan oleh setelan pabrik).

  1.  Aplikasi DigDeep Image Recovery

Aplikasi DigDeep Image Recovery dikhususkan untuk kamu yang ingin menerapkan cara mengembalikan data yang terhapus dalam bentuk gambar (image). Tidak membutuhkan waktu lama, setelah kamu menginstal aplikasi ini, kamu sudah bisa menggunakannya.

Saat kamu mengaktifkan aplikasi ini, nanti secara otomatis akan memulai proses pemindaian pada perangkat kamu dan menampilkan foto-foto yang sebelumnya terhapus di sistem Android.

  1.  Aplikasi Undeleter Recover Files and Data

Tidak hanya dapat mengembalikan data yang hilang dalam bentuk foto saja, aplikasi Undeleter Recover Files and Data pun bisa mengembalikan data berbentuk lagu maupun video. Menariknya, aplikasi ini bisa melakukan recovery baik melalui external maupun internal memori.

  1.  Aplikasi DiskDigger

Sebenarnya aplikasi ini bisa bekerja secara optimal jika sebelumnya kamu sudah melakukan proses rooting terlebih lagi. Kalau misalnya kamu belum melakukan rooting, proses pemindaian pun tidak bisa dilakukan secara mendalam.

Data yang bisa dilakukan recovery bisa dalam bentuk visual maupun audio dan tidak terbatas pada lokasi memori, bisa internal dan eksternal.

Tips mencegah data hilang 

Kehilangan data memang bisa dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali kamu. Baik terhapus secara tidak sengaja, terkena virus, atau ada pihak-pihak “nakal” yang sengaja menghapusnya. Nah, gimana ya solusinya untuk mengantisipasi hal tersebut?

Selain mengetahui cara mengembalikan data yang terhapus, yuk coba beberapa tips di bawah ini supaya data kamu dapat terjaga dengan aman, Sob.

  •  Rajin melakukan backup data, ya! Meskipun kamu seringkali malas melakukannya karena harus memindahkannya ke berbagai media lainnya, seperti flashdisk maupun hardisk, akan tetapi bisa sangat berguna ketika data kamu tiba-tiba hilang di laptop maupun di gawai pintar.
  •  Usahakan setiap perangkat kamu menggunakan kata sandi untuk meminimalisir pihak lain mengakses data kamu secara bebas. Gunakan perpaduan huruf besar, kecil, angka , dan simbol sebagai rangkaian kata sandi.
  •  Gunakan anti-virus yang memang mampu melindungi data-data di perangkat kamu dari berbagai macam virus berbahaya. Bisa saja virus tersebut datang saat kamu mengakses website atau menggunakan flashdisk orang lain yang ternyata membahayakan perangkat dan data-data kamu.

Trik dan cara mengembalikan data yang terhapus tidak begitu sulit dilakukan. Kamu bisa menerapkannya sekarang dan membagikannya kepada temanmu yang membutuhkan informasi tersebut.

Sama halnya dengan memanfaatkan layanan Unlimited Web Hosting dari Jagoan Hosting yang memastikan data-data kamu dapat tersimpan dengan baik dan terjaga keamanannya secara online supaya saat mengakses website tetap lancar dan tentunya anti-lag!

Selain itu, tidak perlu takut jika data di website akan terhapus ataupun hilang, karena layanan ini mempunyai fitur backup melalui JetBackup, sehingga data pun bisa di-restore (pemulihan data) kembali. Apalagi proses backupnya udah otomatis loh. Yuk, coba layanan terbaru dari Jagoan Hosting, mulai 9.000 rupiah saja!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like