Sebelum muncul komputer dan PC yang kita kenali saat ini, ternyata ada beberapa versi komputer lama yang menjadi saksi sejarah perkembangan teknologi satu ini. Dari berbagai tingkatan, kali ini Jagoan hosting akan membahas lengkap mengenai komputer generasi kedua beserta sejarahnya yang perlu kalian ketahui. Yuk intip ulasannya berikut ini!

Sejarah komputer generasi kedua

komputer generasi kedua

Bukan hanya bobotnya yang sangat berat, namun juga bentuk komputer generasi pertama sangatlah besar. Bahkan panjangnya mencapai 30m dengan tinggi 2,4m. Bayangkan Sob, satu komputer saja berukuran sama dengan satu rumah dan membutuhkan daya listrik yang besar, sebesar 174 kw.

Perkembangan komputer dari masa ke masa pun mulai tampak signifikan. Hal ini tidak luput dari jasa para ilmuwan yang hebat. 

Komputer generasi dua hadir di antara tahun 1964 hingga 1971, dimana tabung vakum seperti pada komputer generasi pertama telah digantikan oleh transistor. 

3 fisikawan asal Amerika bernama Jhonw Barden, Walter Houser Brattain, dan Willian Brandfod adalah orang yang berhasil menemukan pengganti tabung hampa bernama transistor, yaitu alat yang menggantikan tube vakum di radio, komputer, dan televisi sehingga ukuran mesin elektrik yang tadinya besar menjadi lebih kecil. 

Pada tahun 1956 an, transistor mulai dipakai dalam teknologi komputer.  Selain itu, ada penemuan lain berupa memori inti-magnetik yang mampu mengembangkan komputer dengan lebih cepat, lebih kecil, dan bisa diandalkan jika dibanding dengan pendahulunya. 

Pada komputer generasi kedua ini, komputer sudah menggunakan bahasa assembly. Nah, bahasa tersebut adalah bahasa singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner atau bahasa mesin. 

Superkomputer, mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru tersebut. Komputer ini dibuat oleh IBM dan diberi nama LARC. Superkomputer ini dikembangkan untuk tujuan penelitian di laboratorium energi atom karena superkomputer tersebut dapat mengatasi sejumlah data penting dan sangat dibutuhkan oleh peneliti atom pada saat itu. 

Mesin tersebut sangatlah mahal dan bisa dibilang terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membuat kepopulerannya terbatas. Sayang sekali, kan?

Hingga pada awal tahun 1960, komputer generasi kedua sudah mulai digunakan untuk urusan yang lebih umum seperti pemerintahan, universitas, dan bisnis. Pada masa ini terdapat salah satu contoh penting komputer yang diterima secara luas di kalangan industri, yaitu IBM 1401. 

Bahkan, hampir semua bidang bisnis menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses data mereka, misal saja informasi dan data keuangan, yang dilakukan pada tahun 1965-an. Program-program dan bahasa pemrograman yang tersimpan di dalam komputer memberikan fleksibilitas kepada komputer. Nah, fleksibilitas ini membuat kinerja dan harga komputer meningkat bagi penggunaan bisnis.

Dari segi kinerja, konsumsi daya, ukuran, dan kegunaan, komputer pada generasi kedua ini sudah jauh lebih berkembang dibanding dengan generasi pertama. Namun, perkembangan tersebut terjadi secara bertahap. Begitupun yang diharapkan pada komputer-komputer generasi selanjutnya..

Ciri-ciri komputer generasi kedua

Jika Sobat Jagoan Hosting masih bingung apa bedanya komputer generasi kedua dengan komputer generasi sekarang, yuk pelajari bagaimana ciri-ciri komputer generasi kedua! 

Berikut cirinya :

  1. Penggunaan daya lebih kecil, sehingga lebih hemat dan efisien
  2. Penggunaan transistor sebagai pengganti vacuum tube membuat ukuran komputer ini lebih ringkas jika dibandingkan dengan generasi pertama
  3. Menggunakan memori yang cukup besar
  4. Penerapan penggunaan aplikasinya lebih luas dalam kehidupan
  5. Telah menggunakan media penyimpanan eksternal berbentuk removable disk
  6. Proses operasi yang lebih cepat
  7. Mulai menggunakan bahasa pemrograman seperti Cobol, Algol, dan Fortan

Contoh komputer generasi kedua 

komputer generasi kedua

Setelah banyak industri yang berperan dalam pengembangan komputer generasi dua, ada beberapa komputer yang cukup populer. Diantaranya :

  1. PDP

PDP merupakan komputer yang dikeluarkan oleh Digital Equipment Corporation. PDP-1 muncul pada tahun 1959, PDP-5 didemonstrasikan pada tahun 1963, PDP-8 menyusul pada tahun 1964, dan PDP-10 diproduksi mulai tahun 1966. Arsitektur PDP-10 hampir sama dengan arsitektur PDP-6. 

Diantara semua, PDP-8 adalah mini komputer PDP terpopuler  yang mampu meramaikan pasar komputer pada saat itu. 

  1. IBM 1401

IBM 1401 mulai diperkenalkan pada masyarakat umum pada tahun 1965. Tak hanya IBM 1401, namun komputer generasi kedua jenis IBM memiliki beberapa versi lainnya, meliputi IBM 700, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, dan IBM 1600. 

Namun diantara itu semua, IBM 1401 adalah tipe komputer yang paling umum digunakan untuk kepentingan perusahaan industri. 

  1. UNIVAC III

Sebenarnya, komputer generasi dua jenis ini adalah perangkat digital hasil update dari UNIVAC I dan UNIVAC II. Selain menggunakan transistor seperti komputer second generation pada umumnya, UNIVAC III juga dirancang untuk melakukan berbagai format data. 

Akan tetapi, semua perubahan itu berpengaruh terhadap set instruksi serta ukuran kata sehingga perlu untuk menulis ulang di semua program. Dengan adanya kendala tersebut, alih-alih memperoleh UNIVAC yang lebih canggih seperti yang sudah di ekspetasikan, justru malah banyak pelanggan yang berganti komputer ke jenis lain.

Nah, itu tadi Sob penjelasan mengenai sejarah komputer generasi kedua yang bisa kamu pelajari. Masih ada beberapa generasi lain yang kamu perlu kenali.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, komputer generasi kedua terdapat peningkatan yang kompleks mulai dari ukuran, kinerja, kapasitas penyimpanan, penggunaan daya yang efisien, dan penggunaan transistor. Semoga saja komputer-komputer generasi selanjutnya juga akan memiliki peningkatan yang stabil juga ya, Sob!

Eits, bagi para pembaca, Jagoan Hosting saat ini punya layanan terbaru yang wajib banget kamu coba untuk mendukung kinerja websitemu. Yup, Unlimited Hosting, hosting terbaik dengan harga termurah! Hanya dengan Rp 9.000 per bulannya kamu sudah bisa berlangganan produk ini dengan banyak keuntungan. Mulai GRATIS Domain, Premium Themes hingga Plugin Premium WordPress, kita kasih Gratis juga buat kamu.

Segera cek produk Jagoan Hosting tersebut hanya dengan klik di sini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like