Bahasa Pemrograman Tersulit – Peran komputer di era digital memang sebagai indikasi bahwa segala aktivitas sehari-hari manusia bisa diatur melalui perangkat yang satu ini. Semuanya serba canggih dan nggak perlu membutuhkan waktu untuk menyelesaikan segala permasalahan.

Maka nggak heran jika pekerjaan yang melibatkan komputer begitu digandrungi dan dibutuhkan di berbagai macam sektor pekerjaan.

Namun, mengoperasikan komputer nggak sekedar menggunakannya saja, lho. Mungkin sebagian orang menggunakan komputer hanya untuk mengoperasikan Microsoft Office atau sekedar menggunakan beberapa aplikasi untuk mengedit video dan membuat gambar digital.

Ada beberapa orang yang mempunyai spesialisasi pekerjaan yang khusus memahami bahasa pemrograman pada komputer, yakni para programmer.

Ketika seseorang memutuskan menjadi seorang programmer, tentunya kemampuan dasar yang wajib dimiliki adalah memahami penggunaan bahasa pemrograman dong, ya?

Hal ini dirasa cukup sulit dipahami karena bahasa pemrograman menggunakan kode-kode khusus yang membutuhkan ketelitian tinggi. Jika kode yang dimasukan oleh programmer keliru, kemungkinan besar sistem yang dibuat pada sebuah komputer nggak akan berfungsi dengan baik dan rentan terkena virus berbahaya, lho. Duh!

Dari sekian banyak bahasa pemrograman, ternyata ada nih beberapa yang diakui oleh banyak programmer dalam memahaminya mempunyai tingkat kesulitan tinggi dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.

Kalau kamu penasaran, yuk kita ketahui bersama mengenai 5 bahasa pemrograman yang bisa bikin kepala auto pusing!

1. Velato masuk ke jajaran bahasa pemrograman tersulit

bahasa pemrograman tersulit
www.youtube.com

Buat kamu yang menyukai nada dan irama, sepertinya akan menyukai bahasa pemrograman yang satu ini meskipun sulit untuk dipahami.

Dalam proses penyusunannya, kamu nggak membutuhkan rangkaian kata, angka, dan simbol, melainkan menggunakan nada! Wihhh, bisa sambil mendengarkan alunan nada yang indah nih saat mempelajari bahasa pemrograman Velato.

2. Piet yang menggunakan nama-nama seniman

Program yang diciptakan David Morgan ini nggak seperti bahasa pemrograman pada umumnya yang menggunakan simbol atau sandi khusus, melainkan menggunakan nama para seniman dunia dan memanfaatkan ragam warna untuk menyusun sebuah perintah bahasa pemrograman.

3. Intercal termasuk bahasa pemrograman tersulit tapi untuk hiburan?

Meskipun sulit, akan tetapi sang pencipta bahasa pemrograman intercal, yakni Don Woods dan Jim Lyon memang menciptakannya hanya untuk sekedar hiburan semata bagi para programmer. Hal yang membuatnya sulit adalah bahasa intercal menggunakan bahasa akronim yang jumlahnya nggak bisa terlalu banyak atau sedikit.

Contoh, ketika kamu memasukan kata “HELP”, jika kamu memasukkan kata help terlalu banyak, pemograman intercal akan menolak untuk memproses perintah yang kamu buat, begitu juga sebaliknya. Jadi, inilah yang menjadikan bahasa intercal sulit dipahami.

4. Cow yang pakai bahasa sapi. Duh!

bahasa pemrograman tersulit
www.medium.com

Yaps! Kamu nggak salah baca, ada bahasa pemrograman bernama cow (sapi). Mungkin terlihat seperti lelucon, akan tetapi bahasa pemrograman yang satu ini termasuk yang tersulit, lho. Ketika kamu ingin melakukan setting sebuah perintah, misalnya saja seperti “Hello, world!” maka kamu harus menggunakan rangkaian kata “Moo” (mengikuti suara sapi)

Jadi, bisa saja kamu menyusun rangkaian bahasa pemrograman cow seperti ini, “mOo Moo Moo o moO”.

5. Whitespace

Kamu yang pernah mencoba bahasa pemrograman pasti paham jika penggunaan spasi (space), baris (line), dan tabulasi (tab) sering diabaikan karena hanya digunakan untuk memisahkan kode-kode pemrograman?

Nah, ketika mempelajari bahasa pemrograman whitespace, selain tiga karakter yang disebutkan di atas, program secara otomatis akan mengabaikan bahkan menolak karakter-karakter lainnya. Jadi, penggunaan spasi, baris, dan tabulasi menjadi tiga karakter utama yang diterima whitespace.

Bahasa pemrograman yang pada dasarnya sudah sulit, ternyata ada yang lebih sulit lagi, ya? Tapi, untuk kamu yang mau bikin website tetapi nggak ngerti atau bingung dengan bahasa pemrograman, Jagoan Hosting punya solusi melalui layanan yang disediakan, yakni cloud hosting.

Nah, tunggu apalagi? Segera yuk nikmati layanan cloud hosting yang satu ini dengan cari tahu informasi lengkapnya di sini.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like