Cara mengecek keamanan website — Kali Jagoan Hosting akan membagikan informasi yang penting banget buat kamu ketahui. Konon katanya, sejak pandemi kejahatan siber semakin meningkat. Nggak terkecuali peretasan dan pencurian informasi dari website. Ini bahaya banget lho, Sob.

Sayangnya, kebanyakan dari kita cuma bisa memikirkan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Namun, nggak jarang kejahatan-kejahatan siber itu terjadi karena kita tidak bisa melakukan langkah antisipasi. Nggak cuma itu, ternyata masih banyak orang yang belum bisa mengenali bahwa website yang dikelola menjadi sasaran empuk para hacker. Bahkan bisa jadi website kamu sudah terlanjur menjadi korban mereka.

cara mengecek keamanan website
gambar dari unsplash

Coba pastikan keamanannya menggunakan tools

Kamu nggak akan mungkin bisa mengatasi masalah yang ada kalau kamu nggak tau apakah memang ada masalah yang terjadi di website tersebut. Maka dari itu, penting banget buat tau apakah website kamu sedang baik-baik aja atau malah sebaliknya. Kamu perlu melakukan pengecekan secara berkala. Biar kamu bisa tau apakah keamanan website kamu masih terjaga atau nggak.

Salah satu cara mengecek keamanan website adalah dengan menggunakan tools atau plugin. Cara gampang banget, kok. Kamu juga nggak perlu mengeluarkan budget khusus untuk menggunakan plugin itu. Untuk para pengguna WordPress, kamu bisa menggunakan berbagai plugin gratis yang ada di WordPress.

Mimin punya beberapa rekomendasi plugin yang bisa kamu gunakan untuk mengecek keamanan website kamu. Catat baik-baik ya, Sob!

  1. WordFence
  2. All in one WP security and Firewall
  3. iThemes Security
  4. ACunetix WP Security
  5. WP Antivirus WP Protection

Biasanya plugin ini juga menawarkan opsi berbayar dengan penawaran fitur yang lebih oke. Kamu bisa meng-upgrade versi gratis yang kamu gunakan.

Kenali bagaimana websitemu bekerja

Selain menggunakan plugin atau tools, berikut ini cara mengecek keamanan website selanjutnya. Kamu juga bisa mengecek keamanan website kamu dengan melihat performanya. Kok gitu? Karena sebagian besar peretasan berupa DDoS atau distributed denial of services. Biasanya website yang terkena DDoS memiliki performa yang menurun. Beberapa ciri website yang terkena DDoS adalah:

  1. Terdapat penggunaan bandwidth yang mencurigakan
  2. Kecepatan respons website menurun drastis. Website kamu tiba-tiba menjadi lemot, bahkan perlu maintenance.
  3. Ada peningkatan load CPU yang tidak normal

Hindari dengan hal ini

Jangan tunggu websitemu jadi korban para hacker. Mulai antisipasi dari sekarang! Kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk menjaga keamanan website:

  1. Menggunakan hosting yang terpercaya dan menjamin keamanan website. Seperti layanan Hosting Terbaik dari Jagoan Hosting yang sudah dipercaya selama bertahun-tahun. Lengkap juga dengan berbagai fitur terkini yang akan mendukung kinerja website kamu.
  2. Menggunakan kata sandi yang kuat
  3. Tidak memberikan akses kepada sembarang pihak
  4. Melakukan backup data secara berkala

Setelah mengecek keamanannya, jangan lupa lakukan ini!

Nggak cukup dengan melakukan langkah antisipasi dan mengecek keamanan website secara berkala, kamu juga bisa meningkatkan keamanan website kamu dengan hal-hal ini:

  1. Tetap lakukan pengecekan keamanan website dengan rutin
  2. Mengubah kata sandi dalam rentang waktu tertentu
  3. Menggunakan plugin kata sandi
  4. Membatasi akses website
  5. Mengubah URL Login jika diperlukan

Lakukan beberapa saran langkah antisipasi, pengecekan dan mengatasi masalah keamanan website di atas. Jaga baik-baik keamanan website kamu. Jangan sampai kamu merugi karena menjadi korban para hacker jahat di luar sana!

Dapatkan informasi lain seputar keamanan website di blog Jagoan Hosting. Kamu juga bisa membaca informasi lain seputar dunia IT sampai dengan game dan anime.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like