Apa yang terbesit di pikiranmu ketika mendengar kata IT support? Belakangan, profesi ini mulai ramai ditemui di beberapa platform portal job. Jika mendengar kata IT, mungkin yang terpikirkan adalah seseorang yang akan berkutat terus menerus di depan komputer. Tapi, apakah kenyataannya sama dengan namanya?

IT Support dan Apa Saja yang Mereka Support

IT Support perusahaan
gambar dari unsplash

Kata IT mungkin saja bayanganmu bakal dihantui dengan keluarga atau kerabat yang minta tolong untuk menangani berbagai jenis masalah teknologi. Entah itu meminta dibetulkan hardware atau bahkan soal sepele seperti memasang software di komputer.

Terdengarnya memang kurang elit, ya? Bahkan mungkin lebih seperti tukang servis. Namun profesi in melibatkan orang-orang penting yang dibutuhkan dalam industri. Apalagi di masa revolusi industri 4.0. Segala sesuatu yang berhubungan dengan mesin atau teknik akan mempengaruhi pekerjaan lainnya.

IT Support adalah teknisi yang bertanggung jawab untuk melakukan instalasi, evaluasi serta peningkatan dalam 3 objek yaitu komputer, software dan network system. Dilihat dari tanggung jawab yang ada, pekerjaan ini memang menuntut ketelitian yang detil supaya mesin dapat beroperasi.

Job Description seorang IT Support

Seperti yang sudah Mimin sebutkan sebelumnya, profesi ini membutuhkan ketelitian yang super. Berikut ini beberapa job description yang biasa dilakukan oleh seorang IT Support:

  1. melakukan pengecekan secara berkala kepada setiap komponen serta memperbaharui sistem operasi dan aplikasi yang digunakan;
  2. memastikan setiap aplikasi yang digunakan oleh user berjalan;
  3. memastikan semua data yang ada di komputer dan berada dalam sistem jaringan ter-back up dan nggak diambil oleh siapapun tanpa seizin user;
  4. menjaga keamanan sistem dengan menginstall atau menggunakan tools seperti antivirus;
  5. bertanggung jawab terhadap mesin-mesin pendukung seperti printer, scanner dan lain lain.

Namun, beberapa poin di atas hanyalah gambaran besar bagaimana seorang IT Support bekerja. Jadi, belum tentu semua tempat atau perusahaan menerapkan sistem atau kebijakan yang sama. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menanyakan terlebih dahulu apa saja yang menjadi tanggung jawabmu nanti jika kamu tertarik untuk bekerja di bidang ini.

Skill yang Harus Dikuasai Selain Super Teliti

Selain hard skills, menjadi seorang IT Support membutuhkan soft skills yang baik. Kemampuan teknis yang perlu dikuasai ketika bekerja di bidang ini misalnya PC, Linux, operating systems, maintain data reports, server, analisis application logs dan lain lain. Di samping itu pula, kemampuan untuk lebih peka terhadap kebutuhan user perlu kamu miliki.

Kamu memang akan lebih banyak bekerja untuk atau berkutat dengan mesin dan software. Namun, jangan lupakan kalau ada user di balik setiap hardware maupun software. Coba dengarkan masalah user dan cari tahu apa yang ingin mereka dapatkan darimu: bantuan atau informasi untuk belajar soal IT?

Dengan begitu, kamu nggak perlu muter-muter dengan masalah dan keruwetan yang mereka alami. Karena nggak semua orang mengerti hal teknis, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memberikan solusi langsung atau menjelaskan troubleshoot yang terjadi.

FAQ

Rata-rata orang yang bekerja di bidang ini memiliki latar belakang dari bidang terkait. Umumnya ditemui pendidikan minimal D3 atau S1 lulusan IT. Akan tetapi, ada juga beberapa perusahaan yang menerima anak SMK dengan kemampuan teknis yang mumpuni. Sementara itu, perkiraan gaji IT Support bisa berbeda-beda bergantung pada kebijakan perusahaannya.

Nah, itu dia penjabarannya, Sob. Sekarang waktunya kamu mengambil langkah preventif dengan menggunakan layanan Hosting Terbaik seperti yang disediakan Jagoan Hosting. Hosting berkualitas dengan fitur kece yang nggak tertandingi. Dijamin bikin sepi keluhan! Tim IT Support perusahaan kamu bisa bekerja dengan lebih tenang, deh!

Yuk, langsung intip penawaran paket hosting dari Jagoan Hosting. Kami juga menyediakan layanan VPS Indonesia kalau kamu membutuhkan kapasitas dan fitur yang lebih optimal.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like