Menjadi seorang animator nggak perlu ribet-ribet harus punya barang-barang dan kebutuhan yang mumpuni. Yang paling penting ada di niat awal. Tapi, bukan berarti nggak menyiapkan apa pun selain niat ya, Sob! Kamu bisa coba pakai software animasi gratis cuma-cuma!

software animasi gratis
gambar dari unsplash

YouTube, Pengganti Televisi Masa Kini

Belakangan ini tidak bisa dipungkiri kalau kebutuhan kreatif sedang melonjak. Seperti pada penggunaan Youtube yang ramai di berbagai kalangan, dari tua hingga muda. Head of Consumer Marketing Google Indonesia mengatakan kalau kebiasaan nonton di YouTube sudah jadi kegiatan rutin para pengguna handphone di Indonesia.

Menurut riset, beliau menyebutkan kalau porsi penonton YouTube sudah mencapai 53%, sisanya adalah porsi penonton televisi. Itu berarti YouTube sudah bisa menggantikan peran televisi sebagai media informasi maupun hiburan.

Semakin meningkatnya angka tersebut, semakin banyak pula kebutuhan kreasi yang harus dipenuhi. Informasi ataupun hiburan kini dapat berbentuk animasi. Nggak jarang, malah yang berbentuk animasi yang makin dilirik oleh penontonnya.

Industri Animasi di Indonesia: Masih Butuh Banyak Orang

Semenjak terbentuknya BEKRAF, industri yang bergerak di bidang kreatif mendapatkan porsi bergerak lebih bebas. Industri ini bisa banget jadi potensi Indonesia untuk bersaing dengan pasar global. Buktinya, diam-diam industri animasi Indonesia sudah diakui internasional. Wih, hebat ya, Sob!

Kebutuhan kreatif yang melonjak ini menjadi tantangan baru. Apalagi untuk bisa menyiapkan tenaga kerja yang siap langsung terlibat dalam proyek. Ketua AINAKI mengatakan kalau Indonesia masih kekurangan orang dengan standar siap kerja. Makanya, masih banyak slot yang bisa diisi untuk membangun kemajuan industri animasi.

Jangan Minder, Nggak Salah Mulai dari Software Animasi Gratis

Kalau kamu mau jadi salah satu “the wanted” di industri animasi, nggak ada salahnya untuk mulai belajar membuat story, latar atau bahkan karakter, Sob. Industri animasi bukan cuma soal gambar bergerak aja, tapi juga ada cerita dan tujuan yang berusaha disampaikan. Kamu bisa coba pakai beberapa software animasi gratis yang bakal Mimin ulas di Jagoan Hosting, cekidot!

Animaker 

Software animasi gratis yang ini paling user-friendly. Interface yang dominan membuat user bisa jadi lebih fokus dalam mengerjakan animasi. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan PowerPoint atau Google Slides, kamu pasti nggak asing deh, Sob!

Blender

Blender yang ini bukan yang sering ada di dapur ya, Sob. Iya, namanya Blender. Aplikasi ini paling terkenal dalam seluruh pembuatan jenis animasi terutama animasi 3D. Dengan fitur pelacakan objek, kamu bisa menggeser, memiringkan bahkan memutar kamera di sekitar objek hingga 360 derajat. Mimin, sih, nyaranin Blender buat yang sudah pro alias tingkat lanjut, ya.

Pencil2D

Dari 3D, sekarang kita bahas yang 2D. Pencil2D, sesuai dengan namanya, mewajibkan kamu untuk menggambar tradisional dengan tangan. Kalau kamu masih mau corat-coret karena butuh latihan panjang, software ini pas banget sih. Mimin rekomen banget, Sob!

Nah, itu dia ketiga rekomendasi software animasi gratis dari Mimin yang bisa kamu pakai di komputer. Yuk, dukung terus industri animasi Indonesia biar nggak kalah saing sama yang luar! Kalo kamu bergerak di bidang Animasi, promosi portofolio dan jasa kamu melalui website. Udah jamannya nih, Sob!

Orang dari manapun bisa lihat keahlian kamu dan pakai jasa kamu. Ini saatnya kamu perlu web khusus untuk menampilkan semua karya kamu. Buat website kamu bersama Jagoan Hosting. Jangan lupa juga untuk menggunakan layanan Hosting Terbaik dari kami!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like