Tips mengamankan data pribadi – Di balik kemudahan memiliki website, ada masalah yang sering nggak disadari yaitu tentang keamanan website, Sob. Saat website sudah live, banyak banget ancaman keamanan yang mengancamnya, kayak Cybercrime, DDoS, dan Serangan Malware. 

Di Indonesia sendiri, sudah banyak loh perusahaan yang jadi korban serangan hacker sehingga menimbulkan kebocoran data. Alhasil, ini bisa menimbulkan kerugian ratusan juta. Agar hal ini nggak kejadian juga sama kamu, Jagoan Hosting mau kasih beberapa tips ampuh untuk mengamankan data pribadi websitemu. Cus, langsung simak saja ya, Sob!

Tips mengamankan data pribadi
gambar dari unsplash

Aktifkan SSL

Sob, SSL merupakan protokol yang bisa enkripsi datamu di server, jadi datamu bisa lebih aman. Kenapa sih penting banget buat enkripsi data? Iya Sob, soalnya data yang nggak dienkripsi itu bentuknya berupa plaintext yang bisa sangat mudah dibaca sama hacker. Itulah mengapa, data perlu dienkripsi serta diacak sama SSL supaya nggak gampang kebaca. Di Jagoan Hosting, kamu bisa dapat sertifikat SSL murah. Tinggal pilih mau SSL untuk satu domain (domain utama saja) atau keseluruhan subdomain saja.

Gunakan autentikasi dua faktor

Meskipun agak merepotkan, tapi autentikasi ini bisa membuat akun kamu jadi lebih aman. Two factor authentication (2FA) merupakan keamanan ganda selain username dan password. Cara kerjanya sih simpel Sob, provider cloud bakal kirim kode numerik melalui SMS. Terus, tinggal kamu masukin aja deh kode tersebut, barulah kamu bisa akses akun cloud hostingmu.  

Mau jaringan lebih aman? Ya, pake VPN Sob!

Tips mengamankan data pribadi selanjutnya adalah dengan menggunakan VPN. Sob, siapa sih yang nggak kenal aplikasi yang satu ini? VPN bisa menyembunyikan lokasi kamu ketika mengakses internet. Bukan cuman itu, cara kerja VPN adalah memproteksi ketika ada pertukaran data saat kamu mengakses ke jaringan. Hal ini berguna banget kalau kamu mau akses data cloud di tempat publik seperti kafe.

Jangan lupa backup data

Kamu tentunya nggak bisa memprediksi hal apa yang akan terjadi, sama halnya dengan data kamu selama ini. Ini merupakan tips mengamankan data pribadi yang paling dasar namun sering banget diabaikan. Salinan data sangat berfungsi ketika data websitemu nggak sengaja terhapus atau corrupt. Kalau di Jagoan Hosting sendiri, kamu nggak perlu ribet atur jadwal kapan mau backup data. Setiap harinya, ada backup instan dari Jetbackup di Jagoan Hosting, yang bakalan backup semua datamu tanpa terkecuali. Tinggal, duduk manis aja sob, datamu akan tetap aman.

Sobat Jagoan, tips mengamankan data pribadi website yang terakhir adalah dengan mengaktifkan hotlink protection. Fitur ini ada di cPanel yang bisa bantu kamu cegah terjadinya kelebihan bandwidth. Jadi nih ya Sob, website lain bisa saja loh menggunakan file website kamu seperti gambar agar ditampilkan ke website mereka. Alhasil, bandwidth di website kamu jadi kelebihan beban dan akhirnya lemot. Beruntungnya, kamu bisa cegah ini dengan mengaktifkan fitur hotlink di cPanel.

Itu tadi tips mengamankan data websitemu yang bisa mencegah berbagai aksi kejahatan pencurian data, mudah kan? Sob, kalau kamu sudah lakukan semua tips di atas, Tentunya makin keren kalo kamu juga pilih provider Cloud Hosting Terbaik yang bisa menjaga Website kamu, Sob!

Pilih cloud hosting yang memprioritaskan keamanan data website kayak Jagoan Hosting. Dijamin nggak nyesel deh, banyak fitur keamanan yang bikin datamu terhindar dari berbagai serangan seperti DDoS dan malware. Website selalu aman diakses kapan saja! 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like