Apa itu Gamification? Ini Pengaruhnya pada Performa Kerja

Gamifikasi

Pernah mendengar istilah gamification? Mungkin beberapa dari kalian masih belum terlalu familier dengan sebutan berikut. Dapat dikatakan, gamification adalah bentuk penilaian di sebuah perusahaan. 

Nah, kalau Sobat jagoan bekerja di satu tempat kerja yang menggunakan rapor dan penilaian-penilaian lewat parameter yang kurang jelas, bisa jadi Sobat sedang bekerja di tempat yang mungkin cukup dirasa konvensional.

Tapi di sisi lain, kalau misalkan Sobat sudah bekerja di tempat yang menerapkan system skor, peraturan khusus saat bekerja, checkpoint, dan sebagainya ala-ala main game, bisa jadi tempat Kamu bekerja ini sudah menerapkan apa yang dimaksud dengan ‘gamification’.

Sesuai namanya, gamification adalah system pengonversian prestasi kerja dan mengukurnya berdasarkan parameter yang sudah ditentukan. Ya layaknya main game, gitu. Tapi hal tersebut lantas diterapkan dengan lebih ketat pada divisi-divisi tertentu, ataupun individu yang sudah ada.

Gamification adalah alat bisnis yang mewakili arah baru untuk mencapai tujuan yang telah Kamu tetapkan untuk perusahaan Kamu. Tetapi usaha kecil telah menghindarinya karena penekanan pada perusahaan besar dan global yang menyebarkan teknologi. Itu terlalu buruk karena gamification adalah alat yang dapat dengan mudah diterapkan oleh bisnis kecil untuk membuat program inovatif yang memungkinkan mereka bersaing dengan merek besar.

gamification
Gamifikasi Pic: Shutterstock

Jadi Apa itu Gamification?

Secara sederhananya, pengertian gamification adalah sebuah proses untuk mengintegrasikan mekanik permainan menjadi sesuatu yang sudah ada untuk memotivasi partisipasi, keterlibatan dan kesetiaan. Ini dapat berupa apa saja, dari situs web Kamu hingga kehadiran media sosial, operasi sehari-hari, keterlibatan pelanggan, dan banyak lagi.

Cek Konten Lainnya:
5 Aplikasi Belajar Mahasiswa, Biar Kuliah Tetap Lancar!

Gamification adalah hal yang memperkenalkan elemen desain game ke dalam aplikasi non-game untuk membuatnya lebih menyenangkan dan menarik. Ini menggunakan kompetisi, poin, pencapaian, aturan main, status dan ekspresi diri untuk mendorong tindakan melalui umpan balik positif.

Baca juga: Apa itu 3P Project Management?

Apa itu Mekanika Game?

Komponen dari sebuah permainan disebut permainan mekanik. Dan karena berlaku untuk gamification, perangkat mekanika permainan yang tepat digunakan untuk melibatkan atau memotivasi pengguna.

Contoh Gamification

Samsung Nation adalah contoh lain dari gamification. Perusahaan memberikan penghargaan kepada para penggunanya dengan lencana saat mereka maju melalui berbagai tingkat pencapaian. Lencana dan tingkat diberikan setelah pengguna membuat konten, menonton video, meninjau produk, terlibat dengan komunitas mereka, dan kegiatan lainnya.

Sekali lagi, sementara Samsung adalah perusahaan besar, penting untuk dicatat bahwa sebagian besar solusi ini dapat diterapkan oleh bisnis kecil. Ini karena pengguna berinteraksi dengan teknologi yang sama – smartphone, tablet, atau PC. Tidak peduli seberapa besar perusahaan Kamu. Gamification dapat berfungsi sebagai cara untuk meningkatkan tim Kamu dan melibatkan pelanggan potensial

Kalau misalkan Kamu pernah masuk ke sebuah restoran cepat saji, seperti KFC atau McDonalds, atau bisa jadi Kamu menonton film Spongebob Squarepants, pasti ada semacam papan untuk menunjukkan ‘Employee of the year’, nah itu adalah satu bentuk paling sederhana dari contoh gamifikasi. Bisa jadi bentuk yang lainnya berupa pemberian lencana poin, skoring, seberapa cepat kamu mengerjakan tugas, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
aplikasi ujian online
Read More
15+ Rekomendasi Aplikasi Ujian Online Gratis Terbaik!
Dalam mendukung terciptanya aktivitas pembelajaran jarak jauh secara nyaman, deretan aplikasi ujian online terus bermunculan sebagai salah satu…