Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
revolusi industri 4.0

Mengunggah Kesadaran pada Cloud Ala Film ‘Chappie’, Bukan Lagi Impian?

Pernah nonton film Chappie? Satu film yang salah satu adegan terakhirnya ditunjukkan bagaimana manusia mampu mengunggah kesadaran dan menempatkannya di sebuah robot lain. Nah, asal Sobat Jagoan ketahui, bahwa sebuah startup AS menjanjikan untuk mengunggah kesadaran pelanggan ke cloud menggunakan teknik perintis yang telah diujicobakan pada kelinci.

Hal ini bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi yang jauh lebih epic dan kompleks daripada sekedar mengunggah data menuju cloud seperti yang dilakukan pada teknologi cloud hosting.

Satu-satunya kendalanya nih Sob, menurut salah satu pendiri perusahaan? Prosesnya “100% fatal”. Alias  yang akan diunggah kesadarannya, harus mati terlebih dahulu.

mengunggah kesadaran
Chappie Pic: TIME Magz

Nectome, didirikan pada tahun 2016 oleh sepasang peneliti MIT AI, berharap untuk menawarkan aplikasi komersial mengunggah kesadaran dari proses baru untuk melestarikan otak, yang disebut “cryopreservation stabilisasi aldehid”. Proses, yang menghasilkan otak menjadi “vitrifixed” – yang mereka ciptakan, untuk melestarikan otak kelinci pada tahun 2016 dan otak babi di 2018.

Akselerator startup berpengaruh Y Combinator telah membawa Nectome masuk, dengan kepala eksekutif organisasi, Sam Altman, menjadi salah satu dari 25 orang untuk membayar deposit $ 10.000 untuk bergabung dengan daftar tunggu. “Saya berasumsi otak saya akan diunggah ke cloud,” Altman mengatakan kepada MIT Technology Review.

Tapi ada satu kelemahan yang cukup besar nih Sob. Agar proses vitrifikasi untuk melestarikan otak dengan cukup baik harus dilakukan pada saat kematian. Atau, lebih tepatnya, itu harus menjadi penyebab kematian: subjek/pelanggan/korban memiliki aliran darah ke otak mereka diganti dengan bahan kimia dan pembalseman yang melestarikan struktur saraf, bahkan ketika mereka membunuh pasien.

Nectome percaya bahwa layanannya untuk mengunggah kesadaran legal di negara bagian AS tertentu dengan undang-undang euthanasia yang kuat, termasuk California, di mana undang-undang “kematian dengan martabat” telah ada selama dua tahun.

Kelemahan lain dari Nectome adalah bahwa, sama dengan kebanyakan bisnis kriopreservasi, perusahaan tidak memiliki metode aktual untuk menghidupkan kembali atau mengunggah otak yang disimpannya.

Nah, perusahaan Nectome berharap dapat menunjukkan simulasi “jaringan syaraf biologis” yang diunggah sepenuhnya sekitar tahun 2024, menurut situs webnya. So, bisa dibilang bahwa pemilik kesadaran akan diunggah dan bercampur dengan data lainnya di cloud. Wah memungkinkan ya?

mengunggah kesadaran

TERMURAH! Mulai 175 Ribuan saja! Dapet Hosting 1GB domain .COM 1 Tahun!!

Ambil Sekarang!

+ +