Program Komputer Tertua – Seorang developer atau orang yang memiliki kemampuan di bidang programming, tentu akan lebih banyak mengetahui tentang jenis-jenis komputer dan bahasa pemrograman yang biasa digunakan. Harus diakui bahwa saat ini komputer dan alat elektronik lain sudah menjadi sebuah kebutuhan. 

Pasti banyak dari kalian yang menggunakan telepon pintar untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Namun, apabila kita membicarakan soal programming, ada sebuah program komputer yang sudah sangat tua tapi hingga saat ini masih digunakan, nama program komputer tersebut adalah ‘MOCAS’. 

Sejarah MOCAS, program komputer tertua!

programmer pertama di dunia
www.idntimes.com

MOCAS adalah singkatan dari Mechanization of Contract Administration Services yang disingkat menjadi MOH-cass. Namun untuk memudahkannya disebut dengan MOCAS. 

Secara luas, program komputer pertama ditulis  oleh Ada King, Countess of Lovelace pada tahun 1842. Meski sebelumnya unit yang dimaksudkan tidak dibangun seumur hidupnya. 

Program komputer ini diluncurkan pada tahun 1958 dan digunakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang merupakan sistem manajemen kontrak berbasis komputer.

MOCAS merupakan bahasa pemrograman tertua dan paling penting di era tersebut. Sistem ini dirancang untuk menggunakan teknologi komputasi dan output terkini untuk melacak kontrak dan pembayaran yang sedang berlangsung pada pemasok.

MOCAS dibuat dengan menggunakan bahasa COBOL. Secara resmi disetujui sampai beberapa tahun kemudian, dan awalnya dibuat dalam pendahulunya yang sama yang disebut dengan FLOW-MATIC, yang dikembangkan oleh ilmuwan komputer terkenal dan Angkatan Laut AS di belakang Laksamana Grace Grace Hopper. 

Setelah MOCAS diluncurkan, beberapa perangkat antarmuka dibuat agar dapat dihubungkan dengan MOCAS, hal ini bertujuan untuk membantu perpanjangan usia penggunaannya. Menurut MIT Tech Review, sebelumnya pernah ada usaha untuk membuat pengganti MOCAS, namun proses tersebut berjalan tidak lancar dikarenakan masalah biaya, kompleksitas, dan perencanaan migrasinya. 

program komputer tertua
www.wearethemighty.com

Antarmuka asli MOCAS mengandalkan keycards atau punchcards. Pada dekade berikutnya, program ditingkatkan untuk bekerja dengan apa yang sering disebut pendekatan layar hijau, yaitu sistem gaya terminal yang masih banyak digunakan oleh maskapai penerbangan, agen perjalanan, bank, dan perusahaan telekomunikasi. 

Saat ini MOCAS masih mampu melakukan pengelolaan obligasi dengan nilai mencapai 1,3 trilliun dollar AS dan 340.000 kontrak. Konfigurasi perangkat kerasnya saat ini terdiri dari IBM 2098 mode E-10 mainframe, yang mampu menjalankan 398 juta instruksi per detik dan didukung oleh 8 GB RAM. 

MOCAS adalah perangkat lunak tertua yang dapat dikonfirmasi, tetapi mungkin itu bukan tertua yang masih digunakan secara rutin. Para pakar perbankan dan telekomunikasi menduga beberapa pavers funky mungkin tetap berada di kantor belakang di suatu tempat, meski tidak mungkin untuk menemukan contoh, sebagian karena perubahan pada akhir tahun 1950 dan 1960-an yang menyebabkan beberapa sistem awal menjadi usang dalam industrinya. 

Nah, itulah sedikit cerita tentang MOCAS, program komputer tertua di dunia yang hingga saat ini masih digunakan. Bagaimana Sob, apakah kamu sudah pernah mendengarnya? Jika kamu menggeluti bidang pemrograman nih, mungkin sudah tidak asing lagi ya istilah program komputer tertua yang satu ini. 

Bicara soal dunia pemrograman nih, pernah gak sih kamu kepikiran membuat website pribadi untuk menampilkan bisnis ataupun portofolio kamu? Tidak perlu susah-susah. Kamu bisa membuat sendiri website pribadi yang sederhana namun keren. Gimana caranya?

Kamu dapat berlangganan cloud hosting terbaik dari Jagoan Hosting! Cloud hosting ini sudah didukung oleh  resources terbaik hingga lapisan keamanan terkini yang super canggih sehingga membuat website kamu 5x lebih cepat dan stabil. Keren, kan? Yuk, berlangganan hosting dan domain terbaik di Jagoan Hosting!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like