Dinamika Pembelajaran Daring – Dampak pandemi mempengaruhi banyak sekali aspek kehidupan, mulai sosial, ekonomi, dan lain sebagainya. Tidak terkecuali dampak belajar daring yang dialami oleh guru.

Pembelajaran online atau daring di Indonesia sendiri merupakan hal yang baru, sehingga seringkali guru atau pendidik menghadapi tantangan selama proses mengajar. Para pendidik dipaksa untuk beradaptasi dengan teknologi internet agar tetap bisa melakukan proses belajar mengajar secara online, terlebih lagi menyusul PPKM yang diperpanjang karena kasus Covid-19 di Indonesia saat ini. 

Tantangan yang dihadapi oleh guru jadi dinamika pembelajaran daring tersendiri

Adapun tantangan dinamika belajar daring yang dihadapi oleh guru adalah penyampaian materi yang kurang optimal, karena biasanya materi yang disampaikan identik dengan tatap muka dan praktik. 

Tantangan tersebut juga karena akses internet beberapa sekolah dan murid di daerah yang masih sulit mendapatkan akses internet. Murid-murid yang belajar daring juga mengakui adanya kebosanan selama belajar, sehingga guru harus mampu menerapkan cara mengajar yang menyenangkan agar murid tidak mudah bosan. 

Dari penjelasan di atas, masih ada banyak lagi tantangan yang dimiliki oleh guru selama belajar daring. Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut Jagoan Hosting sudah menyiapkan beberapa tips bagi Anda, seorang pendidik yang menghadapi tantangan dinamika belajar daring. Berikut langkah-langkah atau tips yang bisa Anda gunakan: 

1. Mengelola stress selama proses belajar mengajar 

dinamika pembelajaran online
Photo by airfocus on Unsplash

Tidak dapat dipungkiri banyaknya tantangan yang dihadapi oleh guru seringkali akan menyebabkan stress. Maka dari itu, Guru harus bisa mengelola stress dengan membuat kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan.

Anda bisa mendapatkan ide atau referensi bagaimana menciptakan suasana belajar daring yang menyenangkan di internet. 

2. Membagi murid menjadi sebuah grup atau kelompok kecil 

Setiap murid pasti memiliki keunggulan tersendiri, ada baiknya Anda sebagai seorang guru mengenali potensi masing-masing murid. Anda bisa membagi murid ke dalam kelompok kecil dengan mempertimbangkan murid unggul bisa membantu murid-murid yang mengalami kesulitan selama belajar daring.

Guru bisa menentukan topik pembahasan yang perlu didiskusikan secara kelompok guna membantu murid yang mengalami kesulitan untuk lebih memahami pelajaran yang diajarkan. 

3. Jangan mempertimbangkan target silabus

Jika Anda lebih mengutamakan target silabus selama belajar daring maka hal tersebut bisa saja tidak efektif. Apalagi untuk murid-murid yang mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran saat belajar daring.

Anda bisa mengalokasikan waktu untuk memberikan informasi tentang kemampuan yang bersifat fundamental informasi tentang kemampuan ini bisa menjadikan siswa sukses di berbagai mata pelajaran. 

4. Membuat forum grup diskusi bisa bantu hadapi dinamika pembelajaran daring

Anda juga bisa saling bertukar pendapat dan minta feedback kepada murid-murid tentang aktivitas belajar daring yang mereka lakukan. Dengan adanya forum grup diskusi ini Anda juga bisa merencanakan aktivitas belajar daring yang lebih efektif dan lebih dipahami oleh murid-murid.

Hal ini juga akan menghindarkan Anda dari stress karena tidak menemukan jalan keluar ketika murid Anda mengalami kesulitan memahami pelajaran. 

5. Saling membantu sesama guru 

kuliah online di luar negeri
www.open2study.online/

Tips terakhir dari Jagoan Hosting, Anda juga perlu berdiskusi dengan sesama guru. Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat sistem belajar daring, Anda bisa meminta bantuan kepada rekan sejawat yang lebih ahli pada teknologi dan internet. 

Kabar baiknya Anda juga memiliki alternatif lain untuk mengatasi tantangan dinamika belajar daring dengan solusi dari Jagoan Hosting. Sistem akademik yang biasanya hanya bisa dilakukan melalui tatap muka, kini Anda bisa mudah melakukannya dengan aplikasi sekolah Instant School Apps dari Jagoan Hosting.

Hal ini bisa menjadi langkah awal untuk membuat digitalisasi sistem sekolah Anda. Segala kebutuhan akademik mulai dari belajar mengajar, ujian online, dan kegiatan lainnya bisa Anda gunakan dengan satu langkah mudah. Jadi, tunggu apalagi ayo digitalisasi sekolah Anda dengan Jagoan Hosting! 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like