Serba-Serbi Sekolah Daring – Selama pandemi COVID-19 ini, pemerintah Indonesia mengeluarkan berbagai macam strategi guna menghindari adanya peningkatan penyebaran virus Corona. Macam-macam cara dilakukan, salah satunya yaitu diberlakukannya sistem pembelajaran daring

Sistem belajar daring dilakukan sebagai salah satu strategi untuk mencegah penyebaran COVID-19. Hikmahnya, pembelajaran daring menyadarkan akan potensi internet yang luar biasa. Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai serba-serbi sekolah daring di masa pandemi, simak ulasan dari Jagoan Hosting berikut ini ya, Sob!

Pengertian sekolah daring

serba-serbi sekolah daring
Photo by Thomas Park on Unsplash

Menurut KBBI, istilah daring diartikan dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Dapat diartikan bahwa daring adalah komunikasi yang tidak dilakukan secara tatap muka. Melainkan berkomunikasi melalui media penghubung.

Jadi, sekolah daring adalah sekolah dimana pengajar dan pelajar tidak bertemu secara tatap muka langsung melainkan dihubungkan dengan adanya media, entah itu komputer atau alat komunikasi lainnya. 

Serba-serbi sekolah daring, mulai akses yang terbatas hingga gangguan yang dialami

Bicara soal belajar di rumah memang tidak ada habisnya. Berbagai sudut pandang dikupas tuntas, baik dari sisi siwa, guru, hingga orang tua! Bagaimana tidak, sudah setahun lebih kegiatan belajar mengajar yang semula dilaksanakan di sekolah, kini harus dilakukan di rumah masing-masing.

Tak ayal berbagai kendala harus dihadapi, tak sedikit juga keseruan belajar online yang bisa dinikmati. Berikut serba-serbi sekolah daring yang sudah dirangkum Jagoan Hosting. Simak ya!

1. Terbatasnya akses untuk menuntu ilmu

Masalah pertama yang dialami siswa ketika melakukan sekolah daring adalah pemakaian kuota dan lemahnya sinyal internet. Bagi siswa yang bertempat tinggal jauh dari jangkauan internet stabil atau berada di daerah pedalaman, akan sulit bagi mereka untuk mengakses pembelajaran. 

2. Pembengkakan pengeluaran turut mewarnai serba-sebri sekolah online

Tidak semua siswa memiliki media pembelajaran daring atau alat komunikasi pribadi. Banyak diantaranya masih menggunakan perangkat milik orang tua untuk mengerjakan tugas dan menghadiri video conference.

Hal ini mengakibatkan siswa sering tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan maksimal karena tidak adanya perangkat untuk mengikuti pembelajaran saat orang tua bekerja.

Selain itu, mahalnya paket internet membuat orang tua kewalahan untuk membelikan paket untuk anak. Karena tidak semua siswa mendapat kuota gratis yang mencukupi selama proses pembelajaran daring berlangsung.

3. Kesenjangan hasil pembelajaran

Pembelajaran yang dilakukan satu arah membuat interaksi antara pengajar dan siswa menjadi berkurang. Maka, susah bagi siswa untuk mendapatkan penjelasan lebih dalam tentang materi yang sulit  mereka pahami.

4. Kegagapan pendidikan daring menambah deret serba-serbi sekolah daring

Sekolah daring ini juga membuat guru harus beradaptasi dengan metode pembelajaran baru. Bagi guru yang masih muda, tentu bisa dengan mudah menggunakan teknologi yang ada. Namun akan menjadi beban tersendiri bagi guru yang berusia lanjut.

5. Distraksi yang mengganggu konsentrasi tak lepas dari serba-serbi sekolah daring yang dialami semua orang

serba-serbi sekolah daring
Photo by zhenzhong liu on Unsplash

Kurangnya pengawasan orangtua dalam pembelajaran daring membuat siswa sering kehilangan fokus pada saat belajar. Dengan adanya akses internet, beberapa siswa cenderung menunda-nunda waktu untuk belajar karena sebagian dari mereka lebih mendahulukan waktu untuk bermain game atau sosial media. 

Selain itu, dalam pembelajaran video conference juga tidak ada jaminan bahwa siswa tersebut benar-benar fokus menyimak dan mengikuti pembelajaran. Hal ini bisa saja siswa hanya sekedar bergabung sambil melakukan aktivitas lain diluar pembelajaran dan membiarkan ponselnya menyala.

Untuk menunjang pembelajaran online agar tetap lancar dan materi yang disampaikan dapat tersalurkan dengan baik, sekolah bisa mengembangkan website berbasis pendidikan, seperti layanan Instant School Apps dari Jagoan Hosting. 

Instant School Apps bisa menjadi solusi untuk kebutuhan pendidikan seperti website dan web server ujian online. Nah, kamu tidak perlu khawatir dengan layanan Instan School Apps ini karena sudah didukung dengan server terbaik dari Jagoan Hosting!

Layanan ini juga menjadi bentuk dukungan dari Jagoan Hosting dalam menunjang pembelajaran daring di masa pandemi seperti sekarang ini. Dengan Jagoan Hosting, kamu bisa mendapatkan layanan instan yang didukung server hingga hosting yang disesuaikan dengan kebutuhan jumlah peserta didik, loh

Yuk, kunjungi Jagoan Hosting dan dapatkan penawaran menarik lainnya disini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like