IT programmer, salah satu profesi yang tanggung jawabnya sangat kompleks. Apakah kamu masih mengingat artikel tentang back-end programmer dan front-end programmer? Ini adalah perpaduan dari kedua profesi tersebut. Itulah mengapa profesi ini dianggap sebagai profesi yang memiliki tanggung jawab kompleks. Karena profesi ini memegang dua tanggung jawab, maka beban kerja yang dipikul juga double. Kebayang dong Sob gimana beratnya tugas seseorang di balik profesi ini?

Mereka merangkap perannya dan bertanggung jawab akan dua jenis tugas yang saling berkaitan tapi sebenarnya berbeda. Mereka harus bisa menjadi server side sekaligus client side. Di zaman yang semakin maju seperti ini, sudah tidak banyak perusahaan yang melimpahkan dua peran dalam satu profesi bernama IT programmer. Kebanyakan perusahaan sudah memecah perannya menjadi back-end front-programmer. Namun, tidak menutup kemungkinan masih ada perusahaan yang melimpahkan dua peran ini dalam satu profesi.

IT programmer, siapakah dia?

IT programmer
gambar dari unsplash

Sesuai dengan namanya, tentu saja seseorang di balik profesi ini adalah seseorang yang memahami seluk-beluk teknologi informasi atau IT. Orang-orang yang berada di balik profesi ini adalah orang-orang yang memiliki keahlian di bidang komputer. Biasanya profesi ini tergabung dalam sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang. Tim ini memiliki tujuan atau goals untuk menciptakan dan merawat program-program atau perangkat lunak. Tim ini terlibat dalam seluruh proses panjang perencanaan hingga pemeliharaan program dan perangkat lunak.

Dalam prosesnya, biasanya tim ini menerapkan metode agile. Khas seperti tim-tim di bidang IT lainnya. Profesi ini mengambil alih tugas-tugas dua peran yang berbeda yaitu, back-end dan front-end programmer. Untuk lebih memahaminya, simak penjelasan lebih detail terkuat back-end dan front-end programmer di bawah ini.

Back-end programmer

Back-end programmer bertugas mengurus masalah server. Maka dari itu, profesi ini dikenal dengan sebutan server side. Secara sederhana, tanggung jawab utamanya adalah mengkomunikasikan database yang dikelola ke browser. Mereka menggunakan berbagai bahasa pengkodingan agar bisa mengkomunikasi database pada browser. Selanjutnya, front-end programmer akan mengambil alih tugasnya back-end programmer sebagai client side. Untuk pembahasan lebih lengkapnya, mampir ke artikel Jagoan Hosting ini ya, Sob.

Front-end programmer

Client side bertugas menciptakan tampilan yang akan dilihat atau digunakan oleh pengguna. Mereka menjadi penerjemah dengan membangun tampilan lewat Hyper Text Markup Language (HTML), Cascading Style Sheets (CSS) dan JavaScript. Untuk pembahasan lebih lengkapnya, mampir ke artikel Jagoan Hosting ini ya, Sob.

Apa saja tugasnya?

Profesi ini memiliki tugas untuk merancang program-program dan perangkat lunak menggunakan berbagai bahasa pemrograman. Kehidupan para IT programmer tidak pernah jauh dari proses coding. Karena mereka memegang dua peran, maka tanggung jawab back-end dan front-end programmer diambil alih oleh profesi ini. Tanggung jawab tersebut  meliputi:

  1. Mengolah database
  2. Mengelola teknologi web server
  3. Melakukan integrasi cloud computing
  4. Membangun software server side
  5. Mengatur bahasa pemrograman server side.
  6. Melakukan integrasi Application Programing Interface (API)
  7. Mengelola Content Management System (CMS)
  8. Mengembangkan Content Management System (CMS)
  9. Mengatur dan menjamin keamanan web
  10. Membuat laporan analisis dan statistik server
  11. Menerjemahkan desain menjadi tampilan yang dapat diakses orang awam (pengguna)

Skill apa saja yang dibutuhkan?

Untuk bisa berkarier sebagai profesi yang satu ini, skill yang dibutuhkan juga double, Sob! Perhatikan semua skill ini ya, Sob!

  1. Database
  2. Application Programing Interface (API)
  3. Content management system (CMS)
  4. HTTP
  5. HyperText Markup Language (HTML)
  6. Cascading Style Sheets (CSS)
  7. Preprocessor CSS
  8. JavaScript
  9. Version Control
  10. Responsive design
  11. Debugging
  12. Browser developer tools
  13. Web performance
  14. Command Line

Itu dia serba-serbi seputar satu profesi yang memegang dua peran dengan dua tanggung jawab yang berbeda. Sebagai penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia, Jagoan Hosting juga memiliki para ahli di balik profesi ini. Namun, Jagoan Hosting memecah profesi ini menjadi dua profesi yang berbeda yaitu back-end dan front-end programmer.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like