Siswa Stress Belajar di Rumah – Adanya pandemi memaksa setiap orang merubah kebiasaannya. Salah satunya anak sekolah yang harus melakukan pembelajaran daring di rumah. Tapi nyatanya, belajar di rumah membuat banyak anak merasa stress. Kalau sudah begini, bagaimana cara mengatasinya? 

Mengapa banyak anak stress saat belajar di rumah?

Penyebab stress sekolah daring pada anak bisa berbagai macam. Umumnya mereka mengalami stress karena jenuh dengan sistem belajar online yang menuntut mereka terus menatap layar. Apalagi mereka yang awalnya sekolah offline, tiba-tiba harus belajar online

Jika belajar tatap muka, siswa bisa langsung bertanya pada guru. Beda halnya dengan pembelajaran daring. Tidak semua sekolah menyediakan fasilitas video conferencing untuk belajar. Tidak sedikit yang hanya menggunakan grup Whatsapp untuk menngirimkan materi dan tugas.

Inilah salah satu hal yang juga menghambat mereka untuk bertanya ketika bingung, akhirnya menjadi stress sendiri. Belum lagi adanya keterbatasan fasilitas seperti jaringan internet yang lemot atau gawai yang kurang mumpuni untuk belajar di rumah.

Mengatasi stress saat belajar di rumah

Agar tidak berlarut-larut, Stress yang dialami para siswa ini perlu mendapat perhatian. Baik dari sekolah maupun orang tua.

Untuk itu Jagoan Hosting juga sudah merangkumkan beberapa cara yang bisa digunakan guru maupun orang tua selama mendampingi belajar online. Berikut penjelasannya!

1. Istirahat saat lelah bisa membantu siswa stress belajar di rumah

siswa stress belajar di rumah
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Ketika sudah merasa lelah saat memandang layar, jangan dipaksakan. Berikan waktu bagi murid-murid Anda untuk beristirahat beberapa menit.

Entah itu untuk sekedar minum atau bermain-main sebentar di halaman depan rumah. Berikan jeda sebentar sebelum melanjutkan materi.

2. Mengajarkan relaksasi pernapasan bisa bantu hadapi siswa stress belajar di rumah

Mungkin Anda masih ragu dan bertanya-tanya apakah cara ini ampuh untuk membantu siswa yang stress belajar di rumah. Namun nyatanya cara ini cukup efektif lho!

Dengan mengajak para siswa melakukan teknik relaksasi pernapasan yang benar, Anda bisa membantu mereka untuk merefresh kondisi pikiran dan perasaan agar dapat kembali stabil. 

3. Membuat jadwal belajar yang jelas

Agar tidak stress, buatlah jadwal kegiatan belajar dan kapan jadwal untuk istirahat. Jangan terus-terusan memaksakan diri untuk melanjutkan materi jika para siswa mulai tampak tidak bersemangat dan tidak fokus.

Jika waktu istirahat sudah tiba, biarkan mereka istirahat dan menjauh diri dari layar handphone/laptop.

4. Memisahkan ruangan belajar dan kamar tidur

siswa stress belajar di rumah
Photo by Jessica Lewis on Unsplash

Cara ini bisa dilakukan orang tua ketika mendampingi putra putrinya saat sekolah daring di rumah.

Seorang psikolog mengatakan, sebaiknya jangan satukan ruangan belajar dengan kamar tidur atau ruang istirahat. Hal ini agar ada batasan jelas antara belajar dan istirahat. Ketika berada di ruang istirahat, tandanya itu waktu untuk istirahat. 

5. Tidur yang cukup bisa bantu siswa hadapi stress belajar di rumah

Waktu tidur yang cukup harus diperhatikan oleh para siswa dan orangtua. Anak-anak harus tidur setidaknya 7 hingga 8 jam per hari. Hal ini dapat mengurangi stress yang dirasakan anak.

6. Ajari anak untuk lebih terbuka

Saat sedang merasa stress, bercerita kepada orangtua atau orang terdekat bisa membantu anak-anak agar merasa lebih baik secara mental maupun fisik. Bahkan jika stress yang dialami sudah akut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional seperti psikolog.

Sebagai orang tua, Anda juga perlu mengkomunikasikan dengan gurunya, lho! Bisa jadi materi atau tugas yang diberikan para guru agak sulit dipahami sehingga membuat para siswa kelelahan dan stress karena belajar online.

Hal ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi pihak sekolah untuk mencari tahu metode pembelajaran apa yang paling pas untuk siswanya saat pembelajaran daring

Nah, untuk menunjang pembelajaran daring agar tetap lancar dan materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik, guru dan pihak sekolah bisa mengembangkan website sekolah berbasis pendidikan. Seperti layanan Instan School Apps dari Jagoan Hosting. 

Instan School Apps menjadi salah satu layanan dari Jagoan Hosting yang didukung dengan rekomendasi server terbaik dan memiliki penyimpanan yang memadai. Penyimpanan tersebut bisa menyimpan data atau setiap kebutuhan terkait pembelajaran siswa. 

Selain itu, karena aplikasi ini sudah otomatis terinstall, Anda tidak perlu lagi membayar lebih untuk menyewa jasa Admin IT untuk melakukan konfigurasi. Layanan ini menjadi bentuk dukungan dari Jagoan Hosting untuk menunjang pembelajaran online di masa pandemi seperti saat ini.  

Dengan Instan School Apps, Anda tidak hanya mendapatkan kemudahan seperti aplikasi instan yang sudah disediakan oleh Jagoan Hosting, namun juga mendapatkan rekomendasi server hingga hosting sesuai dengan kebutuhan jumlah peserta didik. 

Sob, itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress siswa karena belajar di rumah. Jangan mengabaikan gejalanya dan bantu mereka dengan memberi motivasi dan ruang untuk bercerita. Tetap semangat mendampingi murid dan anak-anak Anda belajar di rumah!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like