Pembelajaran Daring akibat Covid-19 – Selama masa pandemi, pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah saja. Mengingat kembali kasus positif Covid-19 semakin melonjak belakangan ini.

Saat pandemi melanda seluruh bumi, banyak perubahan yang terjadi seperti pada bidang kesehatan, ekonomi, sosial, hingga pada bidang pendidikan. Sekolah yang tadinya dilakukan secara tatap muka, namun sekarang terpaksa harus dilakukan secara daring atau online.

Sebagian dari para pelajar mungkin merasa senang dengan kegiatan belajar mengajar secara daring, namun pasti ada beberapa juga yang merindukan masa-masa dimana dapat bertatap muka langsung dengan para guru dan juga teman-teman.

Pembelajaran daring akibat Covid-19 ini memang seperti tidak melelahkan seperti belajar langsung di sekolah maupun di kampus, namun perlu diingat bahwa belajar dari rumah tidaklah mudah.

Selama pembelajaran daring, pasti banyak kendala yang kamu alami, untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu persiapan matang nih sob! Pemilihan aplikasi e-Learning oleh guru yang tepat juga merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

Biasanya pembelajaran secara daring dilakukan melalui website sekolah, agar pembelajaran daring tanpa gangguan dan berjalan dengan lancar, yuk berlangganan cloud hosting terbaik di Jagoan Hosting. 

Berikut starter pack yang harus disiapkan saat pembelajaran daring! Ada apa aja sih?

1. Gadget adalah hal pertama yang perlu disiapkan agar pembelajaran daring akibat Covid-19 berjalan lancar

Peralatan yang harus kamu siapkan pertama kali adalah gadget. Belajar secara online menuntut para siswa untuk memiliki peralatan elektronik seperti gadget. Dalam pembelajaran online pemilihan gadget juga penting loh sob! 

Pastinya kamu harus memilih gadget yang sesuai dengan kegunaanmu ya. Terdapat banyak pilihan gadget yang bisa kamu gunakan, seperti smartphone, laptop, tablet, ipad, dan komputer.

Jika kelas online yang kamu lakukan sering melakukan presentasi online, video conference menggunakan Zoom, Webex, Google meet, dan aplikasi lainnya maka kamu dapat memilih laptop atau komputer untuk mendukung kegiatan pembelajaran daringmu. 

Namun jika pembelajarannya hanya dilakukan secara chatting melalui WhatsApp atau aplikasi sejenis lainnya,kamu dapat memilih smartphone atau tablet.

2. Alat tulis tentunya!

Peralatan yang harus kamu siapkan selanjutnya adalah alat tulis. Meskipun pembelajaran dilakukan secara online, namun kamu harus tetap menyiapkan alat tulis ya.

Peralatan tulis seperti pensil, bolpoin, buku catatan, dan sebagainya harus tetap kamu siapkan untuk mencatat, Sob! Hal ini dilakukan supaya kamu lebih fokus.

3. Kuota internet yang memadai akan mendukung pembelajaran daring akibat Covid-19

Peralatan selanjutnya yang harus kamu siapkan adalah pulsa atau kuota internet ya, Sob! Ingat ya ini adalah hal terpenting, jika kamu punya gadget namun tidak punya pulsa atau kuota internet maka pembelajaran daringmu tidak akan berjalan dengan lancar, Sob!

Pastikan kamu mempunyai kuota internet yang banyak ya, supaya tidak mengganggu saat proses pembelajaran berlangsung.

 4. Headphone dan microphone

pembelajaran daring akibat covid-19
Photo by C D-X on Unsplash

Selain peralatan-peralatan di atas kamu juga wajib menyiapkan headphone dan microphone. Headphone juga menjadi komponen penting dalam menunjang pembelajaran daring loh. Saat menggunakan headphone suara akan terdengar lebih jernih sehingga memudahkan kita memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.

Jadi alat ini tidak boleh terlewatkan ya, Sob! sebelum membelinya kamu juga perlu mengenali terlebih dahulu jenis-jenisnya ya supaya tidak salah sasaran saat membeli. 

Biasanya selain pembelajaran secara daring, saat masa pandemi seperti sekarang ini ujian pun dilaksanakan secara daring atau online. Agar kegiatan pembelajaran daringmu berjalan dengan lancar, yuk pake Aplikasi Sekolah dari Jagoan Hosting dengan dukungan server terbaik yang mampu menyediakan serta mendukung banyak kegiatan sekolah untuk digitalisasi masa kini.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like