Programmer E-commerce – Belanja online menjadi salah satu tren yang paling booming di Indonesia selama lebih dari satu tahun adanya pandemi Covid-19. Tidak mengherankan jika perusahaan e-commerce di Indonesia mulai menunjukkan taringnya.

Bagi para jobseeker dan juga para profesional, adanya perkembangan e-commerce di Indonesia tentunya menjadi kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. 

Perusahaan berbasis teknologi seperti e-commerce pasti membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengembangkan perangkat lunak atau aplikasi, yang hanya bisa dikerjakan oleh seorang programmer.

Apalagi di era serba digital seperti sekarang ini, karir programmer kian menjanjikan. Maka dari itu, Jagoan Hosting akan membahas jenjang karir sebagai seorang programmer e-commerce, simak yuk penjelasannya! 

Programmer junior adalah jenjang karier pertama bagi programmer e-commerce

programmer e-commerce
Photo by Wes Hicks on Unsplash

Jenjang karir seorang programmer di perusahaan e-commerce dibagi menjadi 3 jenjang karir. Pertama, programmer junior. Title ini diberikan kepada programmer yang baru memasuki dunia teknologi digital sebagai profesional kurang dari 1 tahun.

Jika kamu seorang programmer junior, jangan takut untuk melakukan kesalahan dan meminta bantuan dari programmer middle atau programmer yang lebih senior. 

Programmer middle

Posisi bagi seorang programmer yang sudah memiliki kemampuan dalam bahasa program tertentu.

Dalam posisi ini, programmer sudah bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dari programmer lainnya. Pada jenjang karir ini, seorang programmer juga bisa memahami perintah untuk membuat aplikasi atau program tertentu menggunakan bahasa pemrograman

Programmer senior

Ketiga adalah posisi programmer senior, title ini diberikan kepada seorang programmer yang sudah sangat mahir dalam satu bahasa pemrograman.

Biasanya pada posisi ini, seorang programmer sudah memiliki pengalaman lebih dari 2 tahun, dan mampu memberikan solusi dalam memecahkan suatu permasalahan. Selain itu, seorang programmer senior biasanya akan memberikan bimbingan kepada programmer junior. 

Gaji seorang programmer e-commerce

programmer e-commerce
Photo by DISRUPTIVO on Unsplash

Nah, setelah melihat jenjang karir seorang programmer dan juga melihat perkembangan e-commerce di Indonesia, alasan lain yang membuat profesi programmer kian menjanjikan adalah gaji yang didapatkan setiap bulannya.

Jika gaji seorang programmer junior di perusahaan kecil hingga menengah bisa mencapai rata-rata 4-8 juta, programmer di perusahaan e-commerce bisa mencapai 10-18 juta. Melihat tingginya angka tersebut siapa yang tidak tergiur, Sob! 

Namun, berapapun pendapatan atau gaji yang didapatkan seorang programmer tetap harus menyesuaikan dengan kualifikasi yang harus dipenuhi oleh setiap programmer.

Sebagai gambaran, untuk menjadi programmer e-commerce yang memenuhi kualifikasi, kamu harus menguasai bahasa pemrograman seperti, CSS, SQL, HTML, JavaScript, PHP, XML, Python, dan sebagainya sudah jadi hal yang familiar bagi seorang programmer.

Selain menguasai bahasa pemrograman seorang programmer juga harus menguasai Bahasa Inggris untuk membaca kode, karena kode-kode dalam pemrograman menggunakan Bahasa Inggris begitu pula dengan penjelasannya.

Selain itu, kemampuan matematika terapan juga dibutuhkan untuk menjalankan tugas seorang programmer.

Menjadi seorang programmer tentu saja merupakan peluang besar dengan peluang karir dan gaji yang menjanjikan. Tidak mengherankan jika profesi ini menjadi salah satu profesi yang diminati oleh para profesional apalagi dibarengi dengan pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia.

Jika kamu tertarik menjadi seorang programmer, tentunya kamu harus menguasai skill di atas, dan pastikan kamu memakai layanan hosting terbaik! Maka dari itu, Jagoan Hosting memberikan layanan hosting, domain dan server terbaik di Indonesia sebagai partner untuk mendukung programmer mewujudkan aplikasi dengan performa tinggi serta kualitas mumpuni.

Kamu bisa mendapatkan layanan Jagoan Hosting dengan harga terjangkau dan keunggulan yang sudah tidak diragukan lagi. Kamu juga lebih bebas kreasikan website atau aplikasimu! 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like