“Gaji untuk project manager di Indonesia berapa, sih?” Apakah kamu juga salah satu yang pernah bertanya-tanya soal hal ini?

Mungkin iya, terutama kamu yang ingin menjadikan project manager sebagai pilihan karir. 

Project manager adalah ujung tombak kesuksesan sebuah proyek.Tak diragukan lagi, seorang project manager punya segudang pekerjaan penting mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, hingga membuat laporan.

Lalu, kira-kira berapa pendapatan yang mampu dikantongi oleh seorang project manager di Indonesia, ya? Kabarnya sih selangit. WAH!!!

Di balik besarnya gaji yang dikantongi oleh seorang project manager, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Apa aja sih? Berikut ulasannya!

1. Tanggung jawab yang besar ke banyak pihak

project manager di indonesia
Photo by Zan on Unsplash

Jika dibayangkan, tugas seorang project manager mungkin terdengar mudah. Namun, faktanya pekerjaan untuk menjalankan dan mengendalikan rencana proyek ini cukup rumit untuk dijalani. 

Bisa dibilang ada dobel tanggung jawab yang dipegang oleh project manager, baik itu tanggung jawab internal maupun eksternal.

Tanggung jawab internal meliputi membuat perencanaan, merekrut anggota tim, membagi tugas, memantau jalannya pekerjaan, dan mengendalikan hasil proyek. Sedangkan untuk tanggung jawab eksternal adalah melaporkan status dan progress proyek, bekerja dengan sponsor, mengidentifikasi kebutuhan sumber daya termasuk mendapatkannya. 

2. Jam terbang, inilah alasan project manager di Indonesia berpenghasilan tinggi

Menurut sebuah survei, rata-rata gaji yang diterima oleh project manager sangat bervariasi. Tahu apa alasannya?

Ternyata gaji yang mereka dapatkan juga diukur berdasarkan tingkat pengalaman dan jam terbang. Nah, jadi semua memang butuh proses, Sob! Semakin banyak pengalaman kerja yang dimiliki maka, semakin tinggi pula gaji yang diterima. 

3. Posisi atau jabatan

project manager di indonesia
Photo by DocuSign on Unsplash

Pengalaman kerja dan posisi pekerjaan berjalan beriringan. Ketika kamu memiliki lebih banyak pengalaman, secara alami kamu akan dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi di perusahaan. Tentunya, selama kamu punya kinerja yang baik, ya!

Untuk mempromosikan pengalaman kerja dan portofolio yang pernah kamu kerjakan, kamu bisa lho membuat website pribadi! Keberadaan website pribadi bisa kamu manfaarkan sebagai portfolion onlinemu.

Misalnya, kamu bisa menceritakan suka duka bekerja sebagai project manager, skill apa saja yang dibutuhkan, dan masih banyak lainnya!

Selain bisa menginspirasi orang lain, kamu juga jadi bisa menunjukkan skill dan pengalaman kerjamu. Dengan begitu, perusahaan bisa melirik dan mempertimbangkan skill yang kamu miliki sehingga mempromosikanmu ke jabatan yang lebih tinggi.

Kamu bisa memulai website pribadi dengan mencoba berlangganan produk Cloud Hosting dari Jagoan Hosting. Website kamu akan lebih keren dengan cloud hosting terbaik. Dan yang menarik, kamu bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan ataupun mengatur sendiri spesifikasi hosting yang diinginkan. 

4. Negara dimana kamu bekerja juga menentukan besarnya gaji, apa kabar nih project manager di Indonesia?

Ternyata negara dimana kamu bekerja juga menjadi faktor yang mempengaruhi gaji, lho!

Gaji rata-rata seorang project manager tertinggi di dunia dipegang oleh Swiss, yakni sekitar Rp 1,8 miliar per tahunnya.

Di Indonesia sendiri, rata-rata gaji project manager adalah Rp 138 juta per tahun atau Rp 70.769 per jam. Gaji awal untuk posisi project manager dimulai di kisaran Rp 47.590.768 per tahun, sedangkan gaji untuk karyawan tingkat senior berada di kisaran Rp 234,6 juta per tahun. Cukup besar ya, Sob!

Sebenarnya tidak hanya itu saja, peningkatan gaji yang signifikan di kalangan project manager adalah jika mereka telah tersertifikasi Project Management Professional (PMP). Dari catatan survei, dikatakan bahwa rata-rata kenaikan gaji project manager yang memegang sertifikat PMP adalah sekitar 22% lebih tinggi dibanding yang belum memilikinya. 

Yang menarik, Indonesia ternyata masuk dalam urutan kedua sebagai negara dengan kenaikan persentase gaji tertinggi untuk project manager yang bersertifikat PMP. Kenaikan tersebut mencapai 80%! 

Kalau sudah semenarik ini, apakah kamu salah satu yang ingin menjadi project manager? Jangan lupa jika faktor-faktor di atas mempengaruhi pendapatan kamu. Jadi sebisa mungkin tingkatkan skill dan perbanyak pengalaman kamu, Sob!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like