Apa Itu Candy CBT? Ini Fitur dan Kelebihannya

candy cbt

Aplikasi Candy CBT tentu sangat sangat akrab di telinga operator sekolah, karena biasanya digunakan pada saat ujian. Mayoritas sekolah terutama yang berlokasi di perkotaan pasti memiliki aplikasi yang satu ini.

Lalu, apa yang membuat aplikasi ini banyak yang menggunakannya? Apa saja fitur dan kelebihannya? Simak artikel berikut ini untuk mendapatkan jawaban selengkapnya.

Apa Itu Candy CBT

Candy CBT

Candy CBT adalah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan ujian baik secara online maupun offline. 

CBT sendiri merupakan singkatan dari Computer Based Test atau jika kamu artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah ujian berbasis komputer.

Walaupun fitur utama dalam aplikasi ini adalah untuk ujian, tetapi sebenarnya guru atau pihak sekolah juga bisa menggunakannya untuk melakukan pembelajaran secara daring. Software ini semakin sering terpakai semenjak pandemi Covid 19.

Karena efisiensi dan kemudahannya, banyak instansi pendidikan yang menggunakannya. Candy Computer Based Test secara perlahan sudah menggantikan Paper Based Test atau ujian berbasis.

Dari siswa pun sangat menyambut baik dengan adanya Computer Based Test ini. Siswa tidak akan lagi merasa kecewa karena jawabannya tidak terbaca.

Pada awalnya, aplikasi ini gratis karena bersifat open source. Namun, untuk saat ini kamu perlu berlangganan lisensi mulai dari Rp600.000 per tahun. Aplikasi ini 100% buatan anak bangsa Indonesia loh, Sob. 

Fitur Candy CBT

Candy Computer Based Test memiliki fitur yang terbilang sangat lengkap, sehingga banyak guru dan siswa yang terbantu. Apa saja fitur-fiturnya?

Cek Konten Lainnya:
5 Keuntungan Otomasi untuk Bisnismu, Sebuah Kemudahan di Tengah Situasi Pandemi

1. CBT

CBT merupakan fitur utama dan juga paling sering digunakan. Fitur satu ini berfungsi memunculkan soal-soal yang harus siswa kerjakan.

CBT sendiri fiturnya tidak gratis, yang mana kamu harus membayar lisensi untuk bisa mendapatkannya. Setelah kamu membayar lisensi, kamu akan mendapatkan source code yang kemudian bisa kamu install di server.

Pada fitur CBT, tersedia berbagai pilihan tipe soal yang bisa kamu aplikasikan saat ujian. Mulai dari pilihan ganda, essay, benar salah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Timer Ujian

Fitur lainnya yang juga akan kamu dapatkan setelah membayar lisensi adalah timer ujian. Tentu saja kamu sudah tahu apa fungsinya.

Yap benar sekali, Sob. Timer ujian berfungsi untuk menghitung waktu secara mundur. Jadi, pada saat ujian timer ini akan aktif lalu berhenti saat sesi ujian telah selesai.

Tentu saja guru atau pengawas ujian sangat membutuhkan fitur ini. Tidak mungkin rasanya jika hanya mengandalkan jam tangan atau jam dinding saja.

3. Presensi

Pada Candy Computer Based Test juga ada fitur presensi. Sesuai dengan namanya, fitur ini berguna untuk melakukan presensi atau kehadiran siswa saat datang ke sekolah.

Akan tetapi, fitur presensi ini belum banyak sekolah yang menggunakannya. Karena rata-rata pada saat ini sekolah hanya berfokus pada aplikasi ujiannya saja.

Guru, siswa, hingga karyawan sekolah bisa melakukan presensi kehadiran dengan mudah, sesuai radius yang ditentukan. Jadi, presensi tidak lagi secara manual menggunakan kertas.

4. E-Learning

Seperti halnya yang sudah dijelaskan sebelumnya, Candy Computer Based Test tidak hanya berguna untuk ujian saja, tetapi juga untuk melakukan pembelajaran secara daring terutama asinkron.

Fitur ini tergolong masih langka karena belum banyak developer aplikasi CBT lain mengembangkannya. Jadi, kamu cukup beruntung jika bisa menggunakan software ini dalam melakukan proses belajar mengajar dengan siswa.

Cek Konten Lainnya:
URI: Pengertian, Cara Kerja, Jenis & Perbedaannya dengan URL

Fitur e-learning memungkinkan pembagian materi, pengumpulan tugas, pemberian soal-soal latihan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kelebihan Candy CBT

Bukan tanpa alasan mengapa banyak sekolah dan instansi pendidikan yang menggunakan aplikasi ini, sebab ada banyak sekali keunggulannya antara lain yaitu:

1. Aplikasi Ujian Online Terbaik

Sejatinya ada banyak sekali aplikasi ujian berbasis online sejenis lainnya. Namun, untuk saat ini Candy masih menjadi yang terbaik.

Jika kamu bandingkan dengan aplikasi lainnya, Candy memiliki fitur yang sangat lengkap. Pengguna tidak akan rugi membayar lisensi karena mendapatkan segudang fitur yang bermanfaat dalam proses pembelajaran dan ujian.

Selain itu, banyak sekolah yang merasa puas setelah menggunakan aplikasi atau software yang satu ini karena kemudahan, kecepatan, dan efisiensinya.

2. Mengurangi Penggunaan Kertas

Keuntungan lainnya jika sekolah menggunakan software satu ini adalah bisa mengurangi pemakaian kertas. Secara tidak langsung sekolah telah membantu mengurangi limbah kertas dan pencemaran lingkungan.

Segala bentuk pembelajaran dan ujian tidak lagi menggunakan kertas karena sistemnya sudah digital. Mulai dari presensi hingga penilaian semuanya sudah secara daring, tidak perlu cari-cari kertas lagi.

3. Mengurangi Rasa Ketakutan Siswa

Sebelum adanya aplikasi CBT ini, sekolah melakukan ujian secara manual yaitu menggunakan kertas. 

Meskipun pengkoreksiannya menggunakan bantuan komputer, tetapi pengerjaannya tetap secara manual yaitu menggunakan pensil dengan mengarsir jawaban.

Cukup banyak syarat yang harus siswa penuhi jika ingin jawabannya terbaca sistem komputer. Mulai dari penggunaan pensil 2B, lembar jawaban tidak boleh basah, arsiran harus tebal, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saat masih ujian berbasis kertas, banyak siswa kecewa dan sedih karena jawaban tidak terbaca sistem komputer. Padahal, kalau guru mengoreksinya secara manual banyak yang benar.

Beruntung sekarang ada aplikasi CBT. Siswa tinggal klik-klik saja jawaban yang benar pada laptop atau komputer sekolah, jawaban tersebut pasti terekam dengan baik.

Cek Konten Lainnya:
Inilah 7 Contoh Header Website Keren Bisa Jadi Inspirasi!

Selama siswa tersebut belajar dengan baik dan menjawab semua soal dengan lancar, maka kemungkinan besar ia akan mendapatkan nilai yang sangat tinggi.

4. Selalu Mengalami Pengembangan

Hal lain yang membuat banyak orang menyukai software ujian ini adalah softwarenya yang terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Dari versi lama yang hanya memiliki satu dua fitur saja, kini fiturnya semakin banyak.

Bahkan sampai saat ini, aplikasi CBT terus update baik secara fitur maupun performa. Tentu saja update ini sangat penting untuk menjaga kualitas software tetap dalam keadaan baik.

5. Dapat Berjalan di Server Lokal

Untuk kamu ketahui, Candy Computer Based Test adalah aplikasi yang pemakaiannya membutuhkan koneksi internet. Artinya, jika tidak terhubung dengan jaringan internet maka aplikasi tidak bisa kamu gunakan.

Selain itu, dalam prosedur penginstalannya, kamu bisa mengelolanya di suatu server. Satu hal yang menguntungkan adalah aplikasi ini bisa berjalan walau hanya menggunakan server lokal/Indonesia saja.

Tidak cuma itu saja, bahkan aplikasi ini bisa berjalan pada server lab komputer sekolah. Walaupun demikian, tetap membutuhkan resource yang cukup besar.

Dapatkan Kemudahan Kelola Candy CBT di Jagoan Hosting

VPS Support Candy CBT

Kamu tidak perlu sampai menyewa server luar negeri hanya untuk mengelola aplikasi ujian yang satu ini. Selain mahal juga kurang efektif karena lokasinya yang terlalu jauh. Demikian penjelasan tentang pengertian, fitur, dan kelebihan Candy CBT.

Yuk, dapatkan kemudahan manage Candy CBT di Cloud VPS dari Jagoan Hosting. Dengan senang hati, kami membantu mengelolanya supaya aplikasi ini bisa terus kamu gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara membuat podcast di spotify
Read More
6 Cara Membuat Podcast di Spotify yang Mudah untuk Pemula
Ingin coba terjun menjadi podcaster? Pelajari dulu cara membuat podcast di Spotify berikut. Tak perlu khawatir, karena ditujukan…
software
Read More
Apa itu Software? Fungsi, Ciri, Jenis & Contohnya
Jika kamu merupakan pengguna setia komputer, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah software. Jelas saja, sebab arti…