Tahun 2019 akan berakhir, Semua orang mulai menyiapkan resolusinya di tahun 2020, Tak terkecuali para programmer. Eitss sebelumnya udah tahu belum prediksi trend programming di tahun 2020? Yuk ketahui prediksi tentang apa saja yang akan terjadi di tahun 2020 untuk menentukan resolusi programmer mu.

Jika kamu ingin tahu tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan tentang dunia pemrograman, kamu berada di tempat yang tepat. Karena artikel ini akan membahas tentang prediksi di dunia pemrograman berdasarkan data yang didapat.

Rust akan Menjadi Bahasa yang Mainstream

Rust Programing Languange Trend
Survey Stackoverflow

Rust adalah bahasa pemrograman sistem multi-paradigma yang berfokus pada keselamatan terutama untuk konkurensi yang aman. Secara sintaks Rust  mirip dengan C ++, Namun bahasa ini dirancang untuk memberikan keamanan memori yang lebih baik. Dan tetap dengan mempertahankan kinerja tinggi.

Dalam trend bahasa pemrograman , Rust menjadi bahasa pemrograman yang memiliki pertumbuhan yang kuat. Itulah yang menjadi alasan author memprediksi bahasa Rust  akan menjadi trend programming di tahun 2020. Dan mungkin terdapat beberapa sekolah dan universitas yang akan memperkenalkan dan memasukaan Rust kedalam kurikulum mereka.

Rust telah membuktikan jika dirinya sebagai bahasa yang hebat dengan komunitas yang aktif dan aktif. Bahkan berdasarkan survei stackoverflow untuk menentukan bahasa yang paling disukai, Rust menjadi bahasa pemrograman nomor satu yang paling dicintai. Hal ini sudah membuktikan jika prospek Bahasa pemrograman Rust kedepannya akan tetap baik.

Menariknya lagi Bahasa pemrograman rust menjadi bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat Libra oleh facebook. Dengan begitu sudah saatnya belajar coding dan mulai menentukan resolusi programmer 2020 dengan belajar Rust.

GraphQL akan Terus Berkembang

Trend Programming 2020
Trend GraphQL

Graphql adalah sebuah konsep baru dalam membangun sebuah API yang dikembang secara intenal oleh facebook pada tahun 2012 sebelum dirilis secara publik pada tahun 2015. GraphQL digunakan oleh banyak orang di berbagai lingkungan. GraphQL menjadi power dalam mobile apps, websites, and APIs. 

Berdasarkan data google trend dengan topik GraphQL 5 tahun terakhir, Trend GraphQL terus meningkat dengan signifikan. Hal tersebut menjadi alasan author memasukkan GraphQL pada trend dunia programming 2020.

GraphQL menjadi solusi yang lebih unggul dalam mengambil data dibandingkan dengan REST API tradisional. REST API biasanya memerlukan pemuatan dari banyak URL, GraphQL APIs mendapatkan semua data yang dibutuhkan aplikasi kamu dalam satu permintaan. Hal ini menjadi alasan mengapa banyak orang mulai menggunakan GraphQL.

Progressive Web Apps Menjadi Kekuatan yang Harus Diperhatikan

Progressive Web Apps Trend Programming
Progressive Web Apps Trend

Progressive Web Apps  (PWA) adalah pendekatan baru untuk membangun aplikasi dengan menggabungkan fitur web terbaik dengan kualitas terbaik dalam aplikasi seluler. Bisa dikatakan jika PWA merupakan teknik bagaimana kamu dapat mengakses dengan cepat pengalaman website dan aplikasi menjadi satu tanpa harus menginstall / memasang aplikasi tersebut. 

Saat ini lebih banyak Web Developer dibandingkan pengembang khusus platform asli, Karena saat ini perusahaan besar menyadari bahwa mereka dapat menggunakan kembali web developer mereka untuk membuat Progressive Web Apps. Nantinya bagian Progressive akan diarahkan kepada Frontend Developer karena sebagian besar berinteraksi dengan Web Workers API (Native Browser API).

Berdasarkan data google trends, Progressive web apps memiliki trend stabil dan terus meningkat. Sesuai penjelasan diatas jika PWA memiliki prospek yang cukup bagus terutama di tahun 2020. Siapkan resolusimu untuk belajar Progressive Web Apps.

Web Assembly akan Terlihat Lebih Bersinar

WebAssembly Trend Programming
WebAssembly Trend

WebAssembly adalah sebuah format instruksi biner untuk mesin virtual berbasis stack. Wasm atau WebAssembly dirancang sebagai target portabel untuk kompilasi bahasa tingkat tinggi seperti C, C ++, dan Rust. Wasm juga memungkinakan untuk melakukan deploy web pada aplikasi client dan server.

Dengan kata lain, Web Assembly merupakan teknik atau cara untuk menjembatani teknologi JavaScript dengan teknologi yang memiliki level lebih tinggi. Pikirkan untuk menggunakan Rust sebagai image processing library dalam React app kamu.

Kinerja merupakan kuncinya, dan seiring bertambahnya jumlah data, akan semakin sulit untuk mempertahankan kinerja yang baik. Saat itulah dibutuhkan library tingkat rendah dari C ++ atau Rust untuk ikut bermain. 

Dan tentunya akan banyak perusahaan besar yang akan mengadopsi Web Assembly, Trend Programming Web Assembly terus meningkat 5 tahun terakhir. Hal ini menjadi salahsatu bukti jika Web Assembly mulai banyak digunakan.

React akan Terus Berkuasa

Resolusi Programmer Trend
Perbandingan Trend Programming antara React, Angular, dan Vue

Sejauh ini React menjadi library Javascript yang paling populer untuk Frontend Developer. Menurut sebagian orang Sangat menyenangkan dan mudah untuk membangun React Apps. Tim dan komunitas React telah melakukan pekerjaan dan pengalaman yang bagus sejauh ini untuk membangun aplikasi.

Berdasarkan google trends, Trends React Terus meningkat dengan sangat signifikan, Dibandingakan dengan Angular yang meningkat namun stabil. Vue.js pun trendnya meningkat namun tidak seperti React dan Angular. 

Dari data tersebut bisa dikatakan React yang berkuasa, Sehingga bisa dijadikan Resolusi untuk belajar React di tahun 2020. Jika dikatakan dan dibandingkan antara Trend Programming  dan mana yang terbaik diantara ketiga tersebut, Itu terserah kamu. tujuan library adalah untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, jadi lebih sedikit fokus pada rasanya, dan lebih banyak pada menyelesaikan pekerjaan.

Sudah tahu apa saja prediksi trend programming di tahun 2020, Mulai saat ini siapkan resolusimu untuk belajar bahasa pemrograman yang mau kamu pelajari.

Source : https://medium.com/better-programming/2020-programming-trend-predictions-a5d6b70bec26

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like