Siapa sangka bahwa programmer pertama di dunia adalah seorang wanita! Pasti jika ditanya tentang pemrograman dan hal lain yang berkaitan dengan teknologi pasti kita akan menjawab deretan nama yang memiliki gender laki-laki.

Namun, faktanya programmer pertama di dunia adalah seorang wanita bernama Ada Lovelace! Ada Lovelace atau Ada King dan Countess Lovelace. Ia diketahui merupakan penemu dasar program komputer mekanik pertama pada tahun 1843.

Ada memiliki orang tua yang merupakan seorang penyair terkenal di masa itu. Sejak kecil orang tua Ada selalu mengajarkan untuk selalu menggunakan otak kiri dibandingkan otak kanan, hal tersebut juga berhubungan dengan pelajaran favorit Ada yaitu, matematika. 

Tidak berhenti disitu, ada 5 fakta menarik lainnya yang perlu kamu ketahui tentang Ada Lovelace jika kamu tertarik menjadi seorang programmer. Jagoan Hosting sudah mengumpulkan 5 fakta menariknya di bawah ini, simak yuk!

Ibu Ada Lovelace tidak ingin anaknya mengikuti jejak ayahnya

programmer pertama di dunia
www.idntimes.com

Ibu Ada Lovelace yang bernama Lady Byron adalah seorang ahli matematika. Lady Byron percaya bahwa program studi yang keras dan berakar pada logika dan akal akan menghindarkan Ada menjadi seorang anak yang murung dan tertarik dengan romantisme karena ayahnya seorang penyair.

Oleh karena itu, sejak kecil Ada Lovelace sudah diajari oleh Ibunya tentang sains dan matematika, namun ternyata langkah ini akan menjadikan Ada Lovelace menjadi programmer pertama di dunia di masa depan. 

Pada usia 12 tahun, programmer pertama di dunia ini sudah bisa membuat konsep mesin terbang

Berbicara tentang penemu pesawat terbang pasti kita akan langsung menjawab Wright bersaudara. Namun, nyatanya pada usia Ada Lovelace sudah membuat konsep mesin terbang setelah mempelajari anatomi burung.

Ada lalu membuat ilustrasi dan rancangannya untuk membangun alat terbang bersayap sebelum memikirkan penerbangan bertenaga. 

Programmer pertama di dunia, Lovelace, adalah murid dari Charles Babbage

programmer pertama di dunia
www.idntimes.com

Saat Ada Lovelace berusia 17 tahun ia bertemu dengan Charles Babbage dan menyaksikannya mendemonstrasikan sebuah mesin penghitung matematis besar yang membuat Charles Babbage sebagai bapak komputer.

Saat menjadi murid Charles Babbage, Ada Lovelace kemudian menerjemahkan artikel yang ditulis oleh insinyur militer Italia, Luigi Menabrea tentang mesin analitik teoritis Babbage ke dalam bahasa Inggris.

Dari kegiatannya tersebut, Lovelace menulis tentang bagaimana mesin dapat diprogram dengan kode untuk menghitung angka Bernoulli atau algoritma pertama yang dilakukan oleh mesin yang menjadi program komputer pertama. 

Visioner yang meramalkan bahwa komputer dapat melakukan lebih dari angka-angka

Lovelace meramalkan bahwa komputer adalah alat yang multifungsi dan tidak hanya bisa melakukan hal-hal yang berhubungan dengan angka-angka. Meskipun gurunya, Charles Babbage mengklaim bahwa komputer memiliki keterbatasan dan hanya sebagai perhitungan numerik.

Berbeda dengan Lovelace ia berharap bahwa setiap konten — termasuk musik, teks, gambar, dan suara — dapat diterjemahkan ke dalam bentuk digital dan dimanipulasi oleh mesin.

Kontribusinya terhadap dunia pemrograman tidak dikenal sampai satu abad 

Konsep serta ide-ide yang dikemukakan oleh Lovelace pada saat sebelum komputer diciptakan sehingga butuh satu abad lamanya orang-orang menyadari bakat Ada Lovelace.

Bahkan catatan Ada Lovelace tidak mendapatkan banyak perhatian sejak diterbitkan pada tahun 1843, Ada Lovelace dan gurunya Charles Babbage mulai mendapatkan perhatian sejak penerbitan ulang bukunya di tahun 1953, sedangkan ilmu komputer baru ada sekitar tahun 1950-an. 

Itu dia beberapa fakta menarik tentang Ada Lovelace, programmer pertama di dunia. Setelah mengetahui fakta-fakta di atas, apakah kamu jadi semakin tertarik menjadi seorang programmer seperti Ada Lovelace yang memiliki kontribusi di dunia teknologi dan pemrograman?

Nah, buat kamu yang serius mau jadi programmer handal, kamu bisa memulainya dengan berlangganan produk-produk Jagoan Hosting lho! Eh, gimana tuh maksudnya?

Yaps, kalau mau jadi programmer handal, kamu bisa mulai dengan memilih layanan hosting terbaik milik Jagoan Hosting. Dengan harga minimal tetapi kualitas maksimal, kamu bisa memilih layanan hosting, domain dan server terbaik dari Jagoan Hosting untuk membangun website, membuat portofolio pribadi, hingga membuat aplikasi! Nah, tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan mimpimu jadi programmer hebat seperti Ada Lovelace!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like