Nggak Kalah Keren! Kenalan Dulu Yuk dengan Developer Game Indonesia

developer game indonesia

Kemajuan negara Indonesia di bidang teknologi terlihat dari munculnya para developer game terkemuka yang menghasilkan video game dan tidak kalah menarik untuk dimainkan. Hal ini merupakan sebuah kemajuan karena jika melihat dari beberapa tahun sebelumnya, Indonesia hanya masih sebatas “target pasar” para developer game bertaraf internasional.

Namun, kini, para developer game tanah air mulai unjuk gigi dengan menampilkan serangkaian permainan dengan menonjolkan ciri khas-nya tersendiri, bahkan ada beberapa game yang diciptakan relate dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, sehingga ketika memainkannya memberikan kesan tersendiri.

Perkembangan Developer Game Indonesia

Meskipun masih melakukan banyak peningkatan kualitas dalam video game yang diciptakan, akan tetapi, semenjak tahun 2020, tepatnya ketika pandemi Covid-19 mulai muncul, justru terjadi peningkatan hingga 20%. Hal tersebut dinyatakan oleh AGI (Asosiasi Game Indonesia) yang melakukan riset penelitian terkait perkembangan game di tanah air.

Kini, kehadiran para developer game mendapat banyak dukungan dari pihak-pihak yang menginginkan kemajuan Indonesia pada sektor pembuatan video game, mulai dari para perusahaan swasta hingga pemerintah juga turut berkontribusi. Terlebih lagi dengan bertambahnya para sponsor yang menjadikan proses pembuatan video game semakin lebih baik lagi.

Developer Game Asal Indonesia Paling Populer

Rasanya bangga banget ya Sob melihat developer game Indonesia yang sudah semakin percaya diri dalam menunjukkan potensinya! Terlebih lagi kualitas permainan yang mereka ciptakan mendapatkan apresiasi luar biasa dari berbagai macam negara. Hal ini terbukti dari para gamers luar negeri yang sangat antusias memainkan video game asal Indonesia melalui unggahannya di kanal Youtube.

Cek Konten Lainnya:
Rutin Kelola Konten Artikel, Pusatsoundsystem.com Dapatkan 99% Leads Lewat Website Sebagai Channel Utama

Lalu, siapa saja sih para developer game asal Indonesia yang paling populer saat ini? Video game apa saja yang telah diciptakan? Berikut daftar developer game Indonesia terpopuler yang wajib kamu tahu!

1. Digital Happiness

developer game indonesia

Salah satu video game garapan Digital Happiness sempat dimainkan oleh gamer dan youtuber bernama Felix Kjellberg (PewDiePie), yakni DreadOut. Game bertajuk horor yang latarnya mengambil latar tempat di sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) ini sukses menarik minat para gamers karena sangat seru untuk dimainkan.

Saking populernya game Dreadout menjadikan salah satu production house terkemuka di Indonesia menjadikannya sebuah film layar lebar pada tahun 2019 silam. Hal ini merupakan bentuk pencapaian sukses developer game Digital Happiness di pasaran lokal dan interlokal. 

Selain Dreadout, Digital Happiness juga menciptakan beberapa video game  lainnya seperti Sekuel kedua dari DreadOut, DreadEye, dan The Hallway Raid.

2. StoryTale Studio

developer game indonesia

Mengusung tema horor pada game Pamali: Indonesian Folklore Horror, kamu akan diajak mengenal berbagai mitos dan hal-hal mistis khas negara Indonesia yang bisa membuat kamu bergidik ngeri saat memainkannya!

Terlebih lagi dengan penggunaan backsound seperti Lingsir Wengi dan beberapa jumpscare yang nggak kalah menakutkan, serta suasana mencekam yang menjadikan game Pamali ini penuh tantangan saat memainkannya.

Terlebih lagi dengan penggunaan backsound seperti Lingsir Wengi dan beberapa jumpscare yang nggak kalah menakutkan, serta suasana mencekam yang menjadikan game Pamali ini penuh tantangan saat memainkannya.

 3. Lentera Studio

Sepertinya tema horor memang diminati oleh para developer game Indonesia, ya? Hal ini terlihat dari salah satu video game yang diciptakan oleh Lenteran Studio, yaitu Ghost Parade. Iya, meskipun Lentera Studio belum begitu lama menjadi bagian dari developer game, akan tetapi karyanya mendapat respon baik dari para pelaku bisnis game Internasional.

Cek Konten Lainnya:
Cerita Jagoan - Petrus Semuel Tethool

Tidak heran jika game Ghost Parade dikembangkan pada perangkat seperti Nintendo Switch, PlayStation hingga Personal Computer (PC) untuk memudahkan para gamers bermain permainan yang satu ini.

Cloud VPS

Untuk kamu yang tertarik menggeluti pemrograman menciptakan video game seperti mereka, kamu membutuhkan VPS terbaik untuk memenuhi kebutuhan kamu terhadap server supaya lebih leluasa dalam menggunakannya. Jagoan Hosting menawarkan rekomendasi VPS terbaik, yaitu layanan VPS X.

Sebagai penyedia server terbaik, Jagoan Hosting telah membekali layanan VPS X dengan teknologi hardware yang sudah melalui proses optimasi terbaik, akan tetapi harga yang ditawarkan terjangkau dan menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Segera nikmati layanan VPS X dari Jagoan Hosting dengan membaca informasi lebih detailnya di sini, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
programmer termuda di dunia
Read More
Jangan Kaget, Ini Programmer Termuda di Dunia!
Programmer Termuda di Dunia – Ingin meneruskan bakat programming kepada anak cucu kamu? Nggak ada salahnya memulai sejak…
programmer kelas dunia
Read More
Intip Kisah Sukses Programmer Kelas Dunia ini, Yuk!
Programmer Kelas Dunia – Setiap bidang pekerjaan yang ditekuni dengan sungguh-sungguh pasti akan mencapai puncak kesuksesan ya, Sob?…