Ide Usaha Sampingan untuk Kamu yang Berstatus Karyawan Kantor

usaha sampingan

Seringkali sebagai seorang karyawan kantor kita kurang puas dengan gaji yang kita dapatkan bukan? Bahkan menabungpun masih menjadi hal yang sulit untuk kita lakukan, ditengah padatnya gaya hidup yang harus selalu dipenuhi. Terlebih bagi kita yang merantau di kota besar. Berpenghasilan besar bukan jaminan bahwa setiap kebutuhan kita selalu dapat terpenuhi. Hingga tidak jarang, banyak karyawan yang memilih untuk menginvestasikan uang mereka untuk membuka usaha sampingan.

Usaha sampingan tidak harus memiliki sebuah toko atau memproduksi barang sendiri. Tapi ide usaha sampingan yang baik harus benar-benar menggunakan uang hasil bekerja dengan baik, memutar modal menjadi keuntungan dan sebaliknya.

Hingga ide usaha sampingan ini muncul di tengah sibuknya seseorang menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan. Tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak, membuat mereka bisa melakukan usaha sampingannya di luar tugas utama mereka di kantor. Lalu apa saja itu? Ini dia ide bisnis sampingan yang cocok untuk kamu pilih sebagai bisnis sampingan karyawan kantoran:

usaha sampingan

1. Usaha sampingan yang ngak perlu repot, menjual pulsa elektrik dan paket internet

Paling banyak dilakukan dan dirasa paling mudah mendapatkan keuntungan. Sekalipun tidak selalu menghasilkan keuntungan yang besar dalam sekali transaksi, tapi usaha sampingan menjual pulsa elektrik hampir melakukan transaksi setiap hari.

usaha sampingan pulsa elektrik

Siapapun dengan bermodalkan minimal 100 ribu rupiah dan sebuah handphone, seorang karyawan mampu menjalankan bisnis menjual pulsa elektrik. Kamu yang sulit menemukan peluang bisnis, cobalah dengan bisnis pulsa elektrik ini.

Cek Konten Lainnya:
Kenali Peluang Blockchain di Indonesia, Apakah Menguntungkan?

Tapi ada hal yang harus diperhatikan saat kamu ingin melakukan usaha sampingan dengan menjual pulsa elektrik di lingkungan kerja kamu ataupun teman sendiri. Seringkali kita “segan” untuk menagih pembayaran pulsa seorang teman yang membeli tapi belum membayar. Hingga tidak jarang banyak orang yang memilih menutup usahanya karena merugi.

 

2. Kamu suka masak? Catering harian mungkin perlu kamu coba

usaha sampingan catering

Bagi kamu yang hobi masak tapi juga seorang karyawan kantoran, jangan khawatir tidak punya tempat menyalurkan hobimu. Kamu bisa menjadikannya peluang bisnis sampingan untuk dirimu sendiri. Dengan membuka bisnis catering harian, kamu bisa menjadi seorang pebisnis lo.

Bukan catering yang menyediakan makan siang atau makanan dengan jumlah yang besar seperti untuk sebuah event. Tapi kali ini kamu bisa membuka jasa untuk pemesanan kue ulang tahun, makanan untuk sarapan dan juga kue untuk hari raya.

Dari sini kamu bisa meluangkan dan menggunakan waktu pulang bekerja atau sebelum berangkat untuk membuat dan mengerjakan usaha sampingan ini. Promosikan dulu bisnismu di dalam lingkungan kerjamu. Memang paling repot, tapi biasanya usaha sampingan makanan adalah salah satu yang paling cepat muter uangnya lho!

 

3. Jasa menulis bisa dijadikan usaha sampingan yang mudah!

usaha sampingan jasa nulis

Banyak ide bisnis yang bisa muncul dari hobi yang kita tekuni selama ini. Termasuk usaha sampingan berbentuk jasa menulis. Kamu bisa membuka usaha jasa menulis, baik untuk artikel blog, konten website, hingga iklan baris. Kamu yang merasa suka menulis tentu tidak ingin kan tulisan kamu hanya segitu-segitu saja, dan tidak menghasilkan apapun?

Nah, ini salah satu caranya. Kamu bisa membuka bisnis jasa menulis. Dengan bayaran yang bisa kamu tentukan sendiri. Kamu bisa merintis karir sebagai penulis profesional loh.

Cek Konten Lainnya:
10+ Contoh Email Marketing yang Menarik dan Tips Buatnya

 

4. Kamu para milenial pasti ingin berbisnis online kan?

usaha sampingan bisnis online

Inilah yang banyak dijadikan sebagai solusi mengatasi krisis keuangan bagi sebagian besar karyawan kantoran. Ya, menjadi pebisnis online. Tidak melulu harus memiliki produk sendiri, apalagi memproduknya sendiri. Dengan modal minim, bahkan seringkali tanpa modal sepeserpun, siapapun bisa menjadi seorang pebisnis online.

Usaha sampingan ini hanya bermodalkan sosial media, website toko online sederhana dan juga kemauan untuk mempromosikan produk di media sosial, bisnis online kamu sudah bisa sukses menghasilkan keuntungan.

Kini berbagai produk bisa kamu jual secara online. Mulai dari pakaian, jilbab, aksesoris wanita dan pria, tas, sepatu bahkan alat elektronik seperti handphone. Menjalankan bisnis online memang butuh fokus agar hasil yang didapat bisa maksimal. Tapi bisnis online bisa kamu jalankan di sela waktu istirahat kamu sebagai karyawan, atau saat kamu pulang kerja.

Selain itu, usaha sampingan berplatform online ini juga sudah dipermudah dengan adanya tempat-tempat usaha seperti Bukalapak, OLX, JD-ID dan sebagainya.

 

Ataupun kalau kamu mau modal dan menggunakan website sendiri, bisa pakai hosting di Jagoan hosting, dengan bermodalkan 45rb kamu bisa memiliki toko online mu sendiri dan sudah menggunakan cloud hosting Singapore nan super cepat, tapi murah dan tidak murahan!

 

5. Jasa laundry adalah peluang usaha sampingan yang praktis

usaha sampingan laundry

Aktivitas yang padat membuat sebagian besar karyawan kantor di kota besar ingin serba instan. Termasuk untuk urusan mencuci dan menyetrika pakaian. Kalau kamu ingin membuka usaha sampingan di sela menjadi seorang karyawan kantor, membuka jasa laundry adalah salah satu solusinya.

Untuk modal, kamu bisa menyediakan sekitar 7 – 10 juta untuk membeli sebuah mesin cuci dan mesin pengering, timbangan, plastik dan juga setrika. Bahkan kamu juga bisa menggaji seorang pegawai.

Cek Konten Lainnya:
Inilah Definisi CRM, Manfaat, Metode & Strateginya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Peluang usaha di masa pandemi
Read More
7 Peluang Usaha di Masa Pandemi yang Dijamin Cuan dan Populer
Kelangsungan bisnis masih menjadi sebuah tantangan tersendiri ketika virus Covid-19 masih melanda masyarakat global. Namun, terlepas dari hal…
menghasilkan uang dari playstore
Read More
10 Cara Menghasilkan Uang dari PlayStore, Mudah dan Untung!
Tidak hanya dari game penghasil uang saja, kamu juga bisa lho Sob memanfaatkan Google PlayStore untuk mendapatkan tambahan…