Cara Cek Versi Node Js Tanpa Ribet

cek versi node js

Memastikan Node Js ter-update menjadi penting bagi developer. Oleh karena itu, cek versi Node Js sudah menjadi kewajiban. Tujuannya, agar potensi penuhnya bisa terlihat dalam lingkup Javascript.

Node Js versi terupdate memiliki banyak manfaat penting. Di antaranya bisa memperbaiki bug, melindungi aplikasi dari ancaman, hingga meningkatkan performa.

Kenyataannya, masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana caranya untuk mengecek versi Node Js yang terpakai. Seperti yang diketahui, hal ini bisa berdampak pada Node dan fitur bahasa Javascript yang terpakai.

Kamu salah satu yang kesulitan mengecek versi Node Js? Jangan khawatir! Ada cara mudah untuk melakukannya. Pastikan simak artikel ini hingga akhir, Sob!

Mengenal Node Js

nodejs

Sebelum mengetahui cara untuk cek versi Node Js, mari ketahui kembali apa itu Node Js. Node Js merupakan sebuah JavaScript runtime engine yang terpakai untuk mengembangkan aplikasi realtime.

Alat ini sekaligus merupakan runtime environment cross-platform open-source yang memudahkan untuk membuat aplikasi JavaScript di server dan client. Oleh karenanya, platform ini menjadi prasyarat penting sebelum menginstal mesin dalam server.

Node Js pertama kali muncul pada 2009 oleh Ryan Dahl. Kemunculan perdananya sekaligus membuka peluang baru untuk para pengembang front-end. Karena menyediakan pengalaman pengembangan kelas atas.

Intinya, Node Js memudahkan pengembang untuk menulis kode Js yang berjalan pada server sambil menyediakan transisi pengembangan front-end hingga back-end. Oleh karenanya, pengembangan aplikasi menjadi lebih sederhana.

Tidak lengkap sampai di situ, Node Js juga memiliki komunitas besar berisi pengembang yang menggunakannya. Ini karena mereka terus menerus membuat module dan library agar pengembangan lebih mudah.

Cek Konten Lainnya:
Elementor Pro Gratis? Ini Cara Mendapatkannya

Terlebih, Node.js merupakan platform yang ringan dan efisien. Ini berkat adanya arsitektur event-driven dan model I/O non-blocking. Kedua hal tersebut menjadikannya sempurna untuk membuat aplikasi real-time.

Node js menyediakan deretan fitur kunci yang sangat penting. Fitur kunci tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Memudahkan pengembangan full stack lebih efisien daripada bahasa programming lain seperti C++.
  2. Memudahkan sinkronisasi secara mulus serta penyelarasan front-end dan backend.
  3. Lebih ringan dan terukur.
  4. Mampu melakukan pemrosesan permintaan secara bersamaan.
  5. Memiliki ekosistem yang kaya dan mampu menguatkan setiap kelebihan JavaScript.

Versi Node Js Terbaru Saat Ini

Sebelum mengetahui cara cek versi Node Js, sudah pasti kamu wajib tahu versi terbarunya saat ini. Melalui laman resmi, saat ini Node Js sudah mencapai versi 21 yang sudah rilis pada Oktober 2023.

Versi besar berikutnya, Node Js 22 akan tersedia pada April 2024. Seterusnya, versi terbaru biasanya akan tersedia setiap enam bulan.

Setiap versi major menghadirkan serangkaian peningkatan, fitur, dan perbaikan. Alhasil, Node Js secara bertahap berevolusi selama pertumbuhannya dari tahun ke tahun.

Setiap versi yang berbeda menawarkan beragam opsi bagi pengembang untuk memenuhi kebutuhan secara spesifik. Seperti di antaranya performa lebih stabil dan keamanan lebih kuat.

Mari kita menggunakan Node Js versi 22 sebagai contoh dari saat ini. Versi ini menghadirkan berbagai perubahan penting. Berikut adalah beberapa dari perubahannya:

1. Fetch API Menjadi Versi Stable (Stabil)

Fetch API menjadi versi stable atau lebih stabil dari update Node Js 21. Hal ini memperlancar pengembangan JavaScript dengan mengizinkan Web API di Node Js.

2. Support atau Dukungan Eksperimental untuk WebSocket API

Terdapat dukungan WebSocket Api dalam mode eksperimental. Fitur ini akan memperkuat saat terhubung pada server WebSocket dan sebuah aplikasi Node Js tanpa menggunakan package dari pihak ketiga.

Cek Konten Lainnya:
7 Kelebihan Domain MY.ID Untuk Website, Harganya Murah!

Fitur ini menjadi penting karena memudahkan komunikasi antara client dan server dua arah secara real-time. Cara kerjanya, kapabilitas WebSocket akan terintegrasi pada Node Js, memudahkan dalam membuat aplikasi real-time.

3. Engine V8 Versi 11.8

Kode JavaScript akan dieksekusi dalam lingkup dari engine V8. Engine ini memudahkan kompatibilitas cross-platform. 

Alhasil, pengembang tidak perlu khawatir terhadap karakteristik platform, termasuk operating system (OS) dan arsitektur hardware.

4. Dukungan Eksperimen untuk ESM Default

Implementasi ESM menyeluruh menjadi sangat cocok berkat opsi –experimental-default-type anyar. 

Hal ini membuat upaya dalam proyek untuk memperkuat pengalaman pengembang  bagi pengguna ESM sambil menjaga kompatibilitas CommonJs.

5. Penambahan Opsi Flush pada Fungsi fs.writeFile()

Family atau keluarga fs.writeFile sekarang memiliki opsi flush. Saat penggunaan setelah write transaction yang berhasil, data tersebut akan ter-flush ke dalam storage permanen. Sehingga, menghindari data yang usang saat operasi read selanjutnya.

6. llhttp versi 9.1.2

HTTP parser memiliki kemampuan untuk mengaktifkan leniency flag lebih banyak.Hal itu memungkinkan llhttp berkomunikasi lebih mudah dengan implementasi HTTP standar.

Dalam versi berikutnya, perubahan dalam Node Js bisa sangat berbeda. Oleh karena itu, kamu tentu ingin memastikan Node Js dalam sebuah proyek ter-update agar memudahkan pengembangan dengan keamanan lebih terjamin.

Cara untuk Cek Versi Node Js

Untuk mengecek versi Node Js, terdapat beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan. Berikut adalah caranya:

1. Melalui Command Prompt

Cara pertama yang paling sederhana adalah melalui Command Prompt. Begitu kamu sudah membukanya, kamu tinggal ketik untuk menjalankan perintah $ node -v.

Tentunya, cara ini akan bekerja apabila Node Js terinstal dengan baik dan benar. Maka, pastikan Node Js sudah terinstal terlebih dahulu.

Setelah itu, versi dari Node Js yang kamu gunakan akan muncul. Cara ini menjadi cara yang termudah untuk mengecek versi Node Js.

2. Melalui npm

Alternatifnya, kamu bisa menggunakan package manager seperti npm. Tidak hanya mengecek versi Node Js, cara ini sekaligus bisa meng-update-nya menjadi versi baru.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu JavaScript di Website? Yuk Cek Contoh hingga Fungsinya!

Pertama kamu bisa mengetik perintah $ npm install -g npm@latest. Kemudian, ketik $ npm update -g node untuk meng-update node dan npm.

Jika mengalami kesulitan dalam penginstalan, kamu bisa mencoba perintah $ npm cache clean atau $ npm install -g –unsafe-perm node. Kedua perintah ini akan mencoba mengatasi masalah dari cache npm dan menginstal Node.

Sementara itu, apabila ingin hanya mengecek versi npm-nya, kamu hanya perlu mengetik perintah $ npm -v.

3. Menggunakan Process Object

Kamu bisa menggunakan code editor atau IDE untuk mengecek versi Node Js dengan membuat file baru. 

Pertama, kamu akan memulai mengimpor modul ‘process’ built-in menggunakan fungsi require. Ketika kode const process = require(‘process’); di atas file.

Selanjutnya, gunakan const nodeVersion = process.version; untuk mengakses properti ‘version’. Kemudian, masukkan kode console.log(‘Node JS version:’, nodeVersion);

Simpan file tersebut dan navigasikan pada directory lokasi file JavaScript menggunakan command line atau terminal. Jalankan script-nya menggunakan command node filename.js dengan mengganti filename menjadi nama file tersebut.

Akhirnya, versi Node Js tersebut akan terlihat pada output konsol. Ini menunjukkan apakah Node Js sudah terupdate atau belum. Melakukan cek versi Node Js menjadi hal yang sangat penting agar kamu bisa nyaman dalam mengembangkan aplikasi berbasis JavaScript, Sob.

Onlinekan Project Node Js di Jagoan Hosting

cloud hosting for developer

Bingung mencari hosting yang cocok untuk proyek Node Js-nya? Ribet dengan konfigurasi yang rumit? Itu dulu! Jagoan Hosting siap membantumu!

Dapatkan solusi simpel dan terjangkau untuk menjalankan proyek Node Js-mu secara online. Tanpa drama, tanpa ribet!

Jagoan Hosting menyediakan Node Js Hosting yang dioptimalkan khusus untuk kebutuhan pengembanganmu. Instalasi mudah, kinerja prima!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
node js
Read More
Apa Itu Node Js? Fungsi, Kelebihan dan Cara Kerjanya
Sebagai seorang programmer tahukah kamu apa itu Node Js atau Node? Apakah kamu tahu fungsi serta kelebihan dan…
web API
Read More
Apa itu API? Jenis, Fungsi & Contohnya
Application Programming Interface atau API adalah suatu penghubung antara server dengan aplikasi. Bagi para developer, API memiliki peran…