Beda Dedicated Hosting vs Dedicated Server, Pilih yang Mana?

perbedaan dedicated hosting dan dedicated server

Dari kelihatannya, tampaknya tidak ada perbedaan Dedicated hosting dan dedicated server. Kenyataannya, terdapat berbagai perbedaan keduanya yang cukup mencolok dan tidak banyak kamu ketahui.

Web hosting dan server menjadi penting dalam pembuatan sebuah website. Menentukan pilihan pun bisa saja menjadi sulit, terutama provider dengan harga bervariasi. Terlebih, terdapat pula pilihan paket yang berbeda.

Dedicated hosting atau dedicated server? Mau pilih yang mana? Sebelum menentukan pilihan ada baiknya kamu mengetahui perbedaan keduanya, mulai dari pengertian dan fungsinya.

Apa Itu Dedicated Hosting?

Pertama, kamu mungkin familiar dengan dedicated hosting. Setiap provider pun menawarkan hosting tersebut untuk membuat sebuah website sendiri, baik untuk bisnis atau kepentingan pribadi.

Dedicated hosting bisa terdefinisikan sebagai sebuah layanan web hosting yang menyediakan sebuah dedicated server. Server tersebut menyediakan dedicated resource pada satu client.

Biasanya, paket dedicated hosting umum terpakai oleh situs yang konsisten memiliki traffic tinggi. Apabila memiliki paket ini, kamu bisa memiliki sebuah server pada website tanpa harus membagikannya pada pengguna lain.

Tentunya, seluruh resource yang tersedia bisa terpakai oleh kamu dalam dedicated hosting. Alhasil, lingkup hostingnya bisa kamu kustomisasi secara penuh, Sob.

Caranya, kamu bisa mengoptimasi performa dan keamanan server untuk kebutuhan situs, termasuk untuk berbisnis. Sekali lagi, layanan ini cocok bagi sebuah perusahaan besar dan biasanya memiliki situs bertrafik tinggi karena meningkatkan stabilitas.

Ditambah, terdapat pula biaya tambahan berupa paket software yang akan terpakai untuk menjalankan server. Misalnya berupa cPanel atau sebuah lisensi Windows.

Cek Konten Lainnya:
Kenalan Sama VPS, Server Pribadi Yang Bebas Worry!

Karena dedicated hosting berfokus pada kustomisasi, kamu juga memerlukan pengetahuan teknis yang memadai. Tujuannya, kamu akan lebih mahir dalam mengelola sebuah server.

Cara kerjanya, dedicated hosting melibatkan sebuah server fisik pada sebuah website. Website tersebut menggunakan hardware serta resource software dari server. Keduanya pun tidak terbagi bersama pengguna lain.

Apa Itu Dedicated Server?

Kamu sudah tahu bahwa dedicated hosting dan dedicated server memiliki keterkaitan sangat erat. Sebelum mengetahui perbedaan dedicated hosting dan dedicated server, kamu harus tahu dulu apa itu dedicated server..

Dedicated server merupakan sebuah server yang dikhususkan untuk hosting. Jenis server ini hanya menjadi bermanfaat bagi seorang pengguna, baik individu atau perusahaan.

Dengan kata lain, seluruh server secara terdedikasi akan seakan menjadi milikmu. Kamu tidak akan membagi resource berupa hardware CPU, RAM, dan storage bersama pengguna lain.

Alhasil, kamu bisa secara bebas mengustomisasi konfigurasinya, baik hardware dan software. Kemudian, server untuk websitemu akan menjamin keamanan dan privasi tingkat tinggi.

Mengingat kamu tidak membagi resource dengan pengguna lain, website kamu bisa berjalan lancar secara konsisten. Hal ini menghasilkan uptime tinggi sekaligus waktu loading lebih cepat, sehingga sangat ideal bagi berbagai perusahaan besar.

Secara biaya, dedicated hosting membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Itu karena kamu akan membayar biaya dalam penyewaan setiap server sesuai kebutuhan.

Beberapa perusahaan memiliki dedicated server di sebuah pusat data milik sendiri. Hal ini membutuhkan penggunanya untuk memanage secara tepat demi memastikan website berjalan secara mulus.

Perbedaan Dedicated Hosting dan Dedicated Server

Definisi

  • Dedicated Hosting: Layanan penyedia server fisik untuk satu klien.
  • Dedicated Server: Perangkat fisik yang terpasang di pusat data dan digunakan secara eksklusif untuk satu klien.
Cek Konten Lainnya:
Hosting untuk Website Portal Berita dengan Performa Handal

Akses dan Penggunaan

  • Dedicated Hosting: Lebih sering mengacu pada layanan penyediaan server secara eksklusif, di mana provider menyewakan dedicated server untuk sebuah website.
  • Dedicated Server: Merujuk pada server fisik eksklusif yang disewakan, bisa berjalan pada sebuah aplikasi atau website secara spesifik.

Bagian dari Layanan

  • Dedicated Hosting: Pengguna bisa menyewa sebagian atau seluruh server, namun pengelolaan tetap menjadi tanggung jawab provider.
  • Dedicated Server: Merupakan hardware fisik yang bisa dimiliki oleh pengguna atau disediakan oleh provider, biasanya digunakan sebagai server web utama di pusat data.

Pengelolaan

  • Dedicated Hosting: Pengelolaan server dilakukan oleh pihak provider, sehingga pengguna dapat fokus pada konten dan bisnis website.
  • Dedicated Server: Pengelolaan server menjadi tanggung jawab pengguna jika mereka memiliki dedicated server sendiri, sementara jika disewa dari provider, pengelolaannya dilakukan oleh mereka.

Keunggulan

  • Dedicated Hosting: Cocok untuk pengguna yang tidak ingin repot dengan pengelolaan server dan lebih fokus pada pengembangan website.
  • Dedicated Server: Sangat cocok jika membutuhkan sumber daya besar dan kontrol penuh atas server.

Jagoan Hosting sebagai Penyedia Dedicated Hosting Terbaik

Begitu banyak pemilik website, termasuk untuk bisnis, sangat terbebani dengan aspek teknis untuk server. Mulai dari instalasi, konfigurasi, hingga troubleshoot untuk server.

Inilah mengapa Jagoan Hosting hadir untukmu sebagai penyedia dedicated server dan dedicated hosting terbaik. Kami sudah hadir selama lebih dari 17 tahun membantu bisnis dari berbagai sektor.

Faktanya, lebih dari 160 ribu klien sudah puas memiliki website dengan server dari Jagoan Hosting. Banyak di antara mereka berupa brand yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Kami percaya performa website kamu akan bergantung pada performa servernya. Kamu bisa berfokus pada bisnis dan konten pada website bebas hambatan sementara kami akan mengurus server hosting.

Cek Konten Lainnya:
Managed Server Hosting Indonesia Terbaik

Untuk menawarkan pelayanan terbaik, kami menggunakan teknologi premium untuk menyiapkan server yang lebih baik daripada provider lain. Server ini memiliki spesifikasi khusus yang akan meningkatkan performa website secara signifikan.

fitur dedicated hosting

Jika kamu mengalami masalah pada server, tidak perlu khawatir. Jagoan Hosting menyediakan Exclusive Line Priority Support di mana kami bisa membantu mengatasi masalah dengan cepat.

Setiap pelayanan dan keamanan kami sudah tervalidasi dan tersertifikasi. Buktinya, kami memiliki sertifikat ISO 27001 dan ISO 9001 berkat standar pelayanan dan keamanan kelas dunia untuk websitemu.

Semua keunggulan ini merupakan bukti bahwa kami berani berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan web hosting. Namun, jika tidak puas dengan hasilnya, terdapat garansi 30 hari uang kembali 100 persen.

dedicated hosting

Demikianlah pembahasan perbedaan dedicated hosting dan dedicated server. Apakah kamu membutuhkan dedicated hosting dan dedicated server dengan performa terbaik? Dapatkan Dedicated Hosting dari Jagoan Hosting sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cloud provider indonesia
Read More
Inilah Cloud Provider Indonesia Terbaik
Cloud Provider merupakan perusahaan yang memberikan layanan cloud computer. Nantinya, provider akan memberikan akses kepada perusahaan klien berbasis…
downtime
Read More
Apa itu Downtime? Ini Penyebab dan Cara Ceknya
Sebagai seorang user, pastinya kamu pernah menemukan sebuah website yang apabila dibuka ternyata situs tidak bisa diakses. Nah,…