10+ Manfaat SSL untuk Keamanan Website

manfaat ssl

Sebuah website terutama yang digunakan sebagai tempat bisnis sudah tentu merupakan aset yang sangat berharga. Kira-kira apa kamu mau aset yang sudah dibangun dengan susah payah dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab?

Manfaat SSL untuk Website

manfaat ssl

Oleh karenanya, sob SSL dragon menyatakan jangan ragu untuk segera menginstal dan memperoleh manfaat SSL yang begitu besar seperti : 

1. Mencegah Terjadinya Kebocoran Data-Data yang Sensitif

Data sensitif di sini jangan kamu bayangkan hal-hal yang terlalu ekstrem yang menyangkut rahasia negara. Dalam hal ini data-data pribadi yang mencakup nomor kontak, alamat rumah, dsb. pun termasuk sensitif karena rawan disalahgunakan.  

Di sinilah manfaat SSL yang paling utama dalam upaya mencegah terjadinya  penyalahgunaan tersebut. Protokol TLS kriptografi yang di dalamnya akan mengenkripsi semua data yang ada dengan tambahan sistem pengamanan.

Dengan demikian walaupun nanti sistem diambil alih oleh hacker, SSL akan membuat mereka tidak mampu membongkar sandi sistem yang sedang mereka retas.

2. Menjamin Keotentikan Website dan Perusahaan Pemiliknya 

Website yang abal-abal tentu tidak akan pernah berpikir untuk memberikan sistem keamanan di situ karena memang dari awal tujuannya adalah buat menipu. Fakta inilah yang menjadi titik tolak dari manfaat SSL buat audiens membedakan mana website yang asli dengan yang palsu lewat ada tidaknya simbol gembok

Dengan begitu audiens dapat merasa lebih aman dan percaya untuk bertransaksi dengan kamu dalam kesempatan-kesempatan berikutnya. 

3. Meningkatkan Citra Positif di Dunia Digital

Citra /brand sebuah bisnis bukan hanya berbicara soal bagaimana konten yang kamu buat dan bagaimana kamu melayani customer. Hal ini juga dipengaruhi dari bagaimana kamu mampu menjamin sistem yang aman buat mereka.

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Spoofing: Contoh Kasus serta Cara Menghindarinya

Coba bayangkan sekarang, website tidak kamu pasangi SSL maka kemudian browser akan melabelinya dengan tulisan”tidak aman”. Sesuatu yang jelas akan membuat audiens khawatir dan bisa jadi salah paham. Akhirnya berakhir menjadi bumerang di mana mereka menuduh dan menilai bisnismu cuma tipu-tipu. Dengan manfaat SSL yang demikian, masa kamu masih meragukan buat memakainya.

Tenang saja kalaupun kamu harus memakai versi yang berbayar, uangmu tidak akan sia-sia karena fitur-fitur yang ada di dalamnya  terjamin lengkap. Dengan begitu keamanan website-mu juga lebih terjamin. 

Terlebih sekarang mendapatkan SSL untuk keamanan website bisnis dengan harga terjangkau tapi tetap berkualitas bagus di SSL Murah dari Jagoan Hosting.

4. Memperoleh Ranking SEO yang Lebih Bagus

Perlu kamu tahu bahwa ternyata pentingnya ssl pun berkaitan sistem SEO dari google. Sistem akan lebih suportif dengan website yang sudah menjamin keamanannya dengan SSL.

Website tersebut berhak memperoleh  nilai tambah sehingga dapat mencapai rank yang lebih bagus. Sebaliknya sistem tidak segan menghukum situs yang tidak terdapat proteksi keamanannya. 

Selain dengan peringkat SEO yang buruk, sistem akan memperingatkan audiens bahwa situs tersebut tidak aman. 

5. Perlindungan Terhadap Serangan Phishing

Sebenarnya kejahatan cyber jenis phising di mana sebuah website tiruan seolah-olah menyerupai yang asli sudah ada sejak lama. Sayangnya masih saja banyak orang yang tertipu. Mereka secara tidak sadar memberikan informasi-informasi penting yang membuat pelaku dapat menerobos aset digital mereka.

ssl extended validation

Dalam hal itulah manfaat SSL begitu krusial supaya audiens tidak tertukar antara yang asli dan palsu. Namun perlu kamu ingat bahwa jenis SSL di level domain validation tidak akan membantumu mengatasi phising. Hanya level extended validation yang mampu melakukannya.

6. Meningkatkan Konversi Bisnis

Manfaat menggunakan SSL bagi keamanan bukan hanya dalam konteks cybercrime tapi juga bagi keamanan bagi eksistensi perusahaan. Perusahaan hanya bisa eksis dalam waktu lama apabila memperoleh keuntungan yang memadai.

Dengan manfaat SSL  yang mampu memberikan rasa aman dan percaya customer maka peluang mereka belanja lagi lebih besar. Bahkan mungkin tidak hanya bersedia jadi pelanggan, mereka dengan senang mengajak customer .

Dalam kondisi-kondisi itu, sob yang membuat meningkatnya keuntungan perusahaan karena semakin banyak produk yang terkonversi menjadi deal.  

Cek Konten Lainnya:
Yuk Lebih Dekat dengan PHP Web Framework Laravel

7. Menjadi Syarat Kepatuhan Regulasi

Sertifikat SSL merupakan salah satu syarat utama khususnya pada industri yang menangani data sensitif dan transaksi online. Misalnya perusahaan yang bergerak di bidang seperti perawatan kesehatan, keuangan, dan e-commerce. 

Dengan demikian untuk manfaat SSL berikut berkenaan dengan adanya regulasi yang mewajibkan perusahaan memiliki sistem keamanan yang layak demi menjaga customer. Regulasi-regulasi tersebut meliputi  : 

  • HIPAA (Health Insurance Portability and Accountability Act)
  • PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard)
  • GDPR (General Data Protection Regulation) 

Sebagai contoh aturan PCI-DSS yang menetapkan agar pengelola e-commerce menggunakan sertifikat SSL. Tujuannya untuk mengenkripsi semua data sensitif yang customer berikan pada perusahaan. Jika tidak memenuhi  sanksinya adalah denda yang signifikan dan berpeluang besar menghancurkan reputasi.

8. Kini Mampu Mempercepat  Loading Website

Selain karena harus membayar, faktor lain yang membuat orang jadi malas instal karena SSL dianggap melambatkan website karen ada proses enkripsi dan dekripsi. Tenang saja karena sekarang kekurangan tersebut sudah berubah total menjadi manfaat SSL certificate

Ini semua berkat adanya protokol TLS terbaru versi 1.3 bersamaan dengan pemakaian protokol HTTP/2. Keduanya saling bersinergi  meningkatkan kecepatan dengan memungkinkan permintaan dan tanggapan secara terus-menerus dalam jumlah banyak.  Dengan demikian loading website dapat berjalan lebih cepat. 

9. Kompatibel dengan Sebagian Besar Browser dan Sistem

Manfaat sertifikat SSL yang tidak kalah bagusnya adalah mencakup kompatibilitas browser penuh. Lebih dari 99% browser suportif dengan protokol TLS. Selain itu, sob kamu pun dapat menginstal sertifikat SSL pada hampir semua server, klien email, jaringan, dan perangkat VPN. 

Berikut beberapa sistem yang kompatibel dengan SSL: 

  • Semua Layanan Microsoft
  • Server web Apache dan Nginx
  • klien email Zimbra dan Mozilla ThunderBird, dan banyak lagi. 

Lebih hebatnya lagi,  sertifikat SSL bekerja dengan lancar pada perangkat seluler.

10. Memberikan Akses Luas Dengan Harga Terjangkau

Barang yang jumlahnya langka pasti harganya melambung secara signifikan. Tenang saja, kamu tidak akan jumpai ini karena SSL mudah diakses dan harganya terjangkau. Hal tersebut terjadi karena : 

  • Persaingan sehat antara Otoritas Sertifikasi terkemuka sehingga tidak dimonopoli oleh satu pihak.  
  • Model distribusi yang sangat baik di mana reseller SSL membeli sertifikat dengan harga murah dan kemudian meneruskannya kepada pelanggan akhir. 
Cek Konten Lainnya:
Cara Mudah Mengubah Blogspot Menjadi Nama Domain!

Saat ini, setiap perusahaan atau individu dapat mendapatkan sertifikat SSL yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka dalam hitungan menit saja. Jika kamu tidak tahu sertifikat apa yang harus dipilih, alat seperti Wizard SSL kami akan merekomendasikan opsi terbaik untuk proyek kamu.

11. Sistem Keamanan Fleksibel Untuk Berbagai Kebutuhan yang Kompleks

Manfaat SSL dapat mengamankan satu domain, subdomain tanpa batas, atau beberapa domain dalam satu instalasi. Bukan cuma itu saja, sertifikat SSL juga dapat melindungi alamat IP publik. 

Jadi, apabila kamu memiliki blog, jaringan situs, atau alamat IP yang perlu dienkripsi, sertifikat SSL mampu mengatasi serumit apapun itu. 

Sebagai tambahan kamu pun dapat mengenkripsi komunikasi email Anda dengan sertifikat S/MIME dan menandatangani dokumen secara digital. Tujuannya sebagai pembuktian identitas pengirim dan memastikan integritas data.

Tunggu apalagi setelah memahami besarnya manfaat SSL, segera datang berkonsultasi ke salah satu penerbit dan mulai instal ke dalam website

Dapatkan Manfaat SSL Sekarang

ssl

Sudahkah websitemu mendapat keamanan yang layak? Jagoan Hosting hadir dengan penawaran SSL murah yang tak bisa dilewatkan! Lindungi data, tingkatkan kepercayaan pengunjung, dan rasakan perbedaannya sekarang.

Sekarang saatnya beralih ke SSL dari Jagoan Hosting! Dengan penawaran yang terjangkau, proteksi yang solid, dan dukungan teknis yang handal, tak ada alasan lagi untuk menunda. Ayo, buat situsmu jadi tempat yang aman dan dipercaya dengan SSL dari Jagoan Hosting!

FAQ

Apakah SSL bisa melindungi website dari serangan hacker?

Sangat bisa karena berkat SSL yang memberikan perlindungan enkripsi tambahan sehingga akan mempersulit hacker mengambil alih dan mencuri data.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
serunya sekolah online
Read More
Serba-Serbi Sekolah Daring di Masa Pandemi, Ini Dia 5 Faktanya!
Serba-Serbi Sekolah Daring – Selama pandemi COVID-19 ini, pemerintah Indonesia mengeluarkan berbagai macam strategi guna menghindari adanya peningkatan…
cara membuat tampilan website menarik
Read More
12+ Tips Membuat Tampilan Website yang Menarik dan Bagus
Salah satu faktor yang bisa membuat sebuah website mendapatkan traffic yang tinggi adalah karena tampilannya cukup menarik bagi…