Di tengah meningkatnya tren bisnis online, tentu kamu perlu memperhatikan banyak hal untuk tetap bisa bersaing dan menjadi nomor 1 di hati pelanggan. Nah, membuat website user friendly adalah salah satu trik yang dapat kamu coba. Mengapa demikian?

Sebab website user friendly memungkinkan para pengunjung untuk menemukan barang yang diinginkan sehingga berpotensi meningkatkan traffic penjualan. Menarik, bukan? Oleh karena itu, yuk pahami lebih lanjut tentang apa yang dimaksud user friendly dalam artikel berikut ini!

Apa itu user friendly?

User friendly adalah sesuatu yang wajib ada pada semua hal yang akan mempermudah pengguna untuk memakainya. Pengertian user friendly adalah suatu keadaan dimana kita dapat mempergunakan suatu hal dengan mudah dan terasa nyaman, baik ketika menggunakan software, operating system,  atau website.

Sehingga tujuan user friendly adalah mempermudah kita mencari sesuatu ataupun informasi penting serta dapat menampilkan hasil sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Di era yang modern ini, semuanya harus serba user friendly, mulai dari penggunaan tools pada software atau aplikasi, internet, dan handphone. Sehingga tak salah jika sekarang semua orang mencari sesuatu yang dapat memudahkan diri mereka.

Mengapa website user friendly itu penting?

Mungkin kamu bertanya-tanya apa yang dimaksud user friendly pada website sebagai salah satu hal yang penting. Jadi, website user friendly adalah sebuah website yang memang dibuat guna memudahkan orang yang mengunjungi website untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan.

Dengan begitu orang merasa betah berada pada website tersebut, serta merasa dimanjakan dengan tampilan yang user friendly. Lebih lanjut mengenai mengapa website user friendly itu penting adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan pengalaman pengguna

Dengan adanya user friendly, dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat berada di website tersebut. Pengalaman yang dirasakan saat memakai website tentunya akan menjadi pengalaman menarik karena bisa dioperasikan dengan mudah.

Akhirnya pengguna akan selalu ingin tahu pengalaman yang ditawarkan oleh website dan betah berlama-lama di website tersebut.

2. Meningkatkan kenyamanan pengguna

Tampilan user friendly adalah sesuatu yang dapat membuat pengguna merasa nyaman saat menjalankan website. Sehingga mereka merasa dimanjakan dengan kemudahan fiturnya atau tampilannya yang menarik.

3. Mempengaruhi ranking website di mesin pencari

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa website yang user friendly bisa membuat pengunjung nyaman dan betah berlama-lama di dalamnya, sehingga bukan tidak mungkin mereka akan mengunjungi kembali website tersebut.

Dengan banyaknya pencarian pengguna terhadap website itu, maka akan berdampak pada kenaikan ranking website di mesin pencari. Artinya, bisa jadi website kamu berada pada top ranking pencarian.

Dari sini kamu dapat menikmati berbagai macam keuntungan, mulai dari review yang bagus dari pengunjung, atau jika kamu berjualan online akan banyak orang yang membeli produk kamu dikarenakan tampilan website yang user friendly.

Baca juga: Cara Optimasi Website Agar Lebih Cepat & SEO Friendly [Panduan Lengkap]

Kriteria website user friendly

Setelah mengetahui manfaat dengan adanya tampilan yang user friendly dari website, kamu juga harus mengetahui kriteria apa saja yang membuat tampilan pada website menjadi user friendly, Sob! Kriteria tampilan website yang user friendly adalah:

Salah satu kriteria website user friendly adalah link mudah untuk dikenali. Ini dikarenakan masih dalam satu paket dengan struktur dan navigasi. Link pada sebuah website sebaiknya bukan asal hanya sekedar untuk di klik, melainkan berfungsi mengarahkan pengunjung agar memasuki konten-konten yang berada dalam website.

Syarat agar link mudah dikenali adalah dengan menerapkan format sebagai berikut:

  • Pembuatan anchor text sebagai sebuah kata kunci
  • Pembuatan anchor text dengan format underline
  • Menggunakan warna yang mencolok atau bisa juga dicetak tebal

2. Mudah diakses

Kriteria website dikatakan user friendly adalah yang mudah diakses. Guna memastikannya, ada dua cara yaitu dengan server yang uptime serta pada nama domain.

Pertama yang berhubungan dengan server uptime. Website user friendly adalah website yang berlangganan dengan paket web hosting karena mempunyai jaminan uptime tinggi, maka dari itu segera hubungi Jagoan Hosting untuk mendapatkan jaminan ini, Sob!

Dengan performa seperti ini dapat membuat website kamu selalu online. Serta tidak ada lagi kalimat “Bandwidth Limit Exceeded” pada halaman web.

Kedua, kamu harus mengecek nama domain. Karena website yang user friendly adalah yang memiliki nama domain mudah dibaca serta diketik. Sehingga pengunjung tak kerepotan saat mengetik, dan kamu tidak akan kehilangan pengunjung karena hal tersebut.

3. Cepat diakses

Kalau kamu amati, website ternama tidak akan memiliki loading yang lambat, karena website lambat dapat merugikan mereka. Itu sebabnya website seperti toko online membuat website mereka cepat diakses.

Adapun beberapa cara untuk mencapai kecepatan loading maksimal bisa kamu lakukan dengan cara berikut:

  • Pengaktifan caching pada WordPress
  • Lakukan kompresi gambar pada website
  • Minimalkan penggunaan pada plugin
  • Gunakanlah tema yang ringan
  • Batasilah jumlah konten yang ada pada tiap halaman

4. Struktur website jelas

Berikutnya, website yang user friendly adalah memiliki struktur jelas sebab hal itu tidak kalah penting bagi pengguna. Dengan adanya struktur yang jelas akan membantu pengguna menjelajahi website kamu dengan mudah.

Apalagi jika pada website tersebut memiliki banyak konten. Untuk itu, susunlah konten dalam sebuah kategori atau sub-kategori yang sesuai. Pada kategori tersebut perlu juga diatur dalam sebuah kelompok seperti menu.

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Dilakukan untuk Optimalkan SEO Sebuah Website

5. Menu navigasi yang efektif

Struktur web sangat erat kaitannya dengan navigasi pada website. Jika pada sebuah struktur website merupakan sebuah bilik-bilik untuk meletakkan konten, maka navigasi website adalah sebuah pintu untuk membuka bilik tersebut.

Website dapat dikatakan sebagai user friendly adalah bila ketika kamu bisa meletakkan pintu yang tepat pada setiap konten tersebut. Sehingga saat pengunjung memasuki suatu pintu, mereka dapat dengan mudah menemukan apa yang diinginkan tanpa harus mencari-cari lagi pada pintu yang tersedia.

Sebuah website dikatakan mempunyai navigasi yang efektif apabila:

  • Mempunyai struktur website yang rapi
  • Memakai sebuah kata kunci sebagai nama menu navigasi
  • Tidak menggunakan gambar dalam pembuatan navigasi website
  • Memastikan tidak adanya link yang rusak pada halaman website

6. Skema warna yang pas

Warna merupakan hal yang sangat penting dari aspek user friendly. Dengan adanya kombinasi warna yang sesuai dan pas maka dapat membuat pengalaman pengguna dalam mengakses website menjadi menyenangkan.

Banyak website yang menggunakan warna putih sebagai warna dominan. Hal ini bukanlah tanpa alasan, Sob. Menurut riset, ruang putih pada website bisa meningkatkan reputasi serta kepercayaan dalam sebuah bisnis.

Dari hal yang lain dominasi warna putih bisa menunjukan suatu objek tertentu. Itulah mengapa latar warna putih banyak digunakan sebagai latar dari sebuah produk. Sehingga lebih banyak mencuri perhatian.

7. Tampilan yang sama di berbagai browser

Kriteria tak kalah penting dari website yang user friendly adalah mengenai tampilan. Jika kamu ingin membuat website mu user friendly, maka sebaiknya buatlah tampilan sama di berbagai browser, baik itu Chrome, Safari, Mozilla, dan sebagainya. Hal ini akan membuat pengunjung merasakan pengalaman menjelajah sama enaknya tak peduli apa browsernya.

8. Responsif dan mobile friendly

User friendly berhubungan erat dengan mobile friendly, pasalnya hampir semua orang menggunakan mobile phone untuk mengakses internet. Ketika banyak orang mengakses internet melalui handphone, maka tampilan website pada handphone menjadi hal yang penting.

Jadi jangan heran kalau bisnis dipengaruhi oleh seberapa responsive dan mobile friendly website tersebut. Berikut hal-hal yang dapat dikenali website user friendly pada handphone:

  • Konten yang ditampilkan sesuai dengan berbagai jenis layar dan resolusi layar dari handphone
  • Kemudahan mencari informasi pada website
  • Tidak menggunakan animasi flash
  • Menggunakan viewport meta tag
  • Adanya fitur autocorrect pada form
  • Tombol CTA mempunyai ukuran yang pas
  • Menggunakan font dengan ukuran yang besar
  • File gambar menggunakan ukuran yang kecil
  • Mempunyai opsi untuk pindah ke mode desktop

9. Form yang simpel

Menggunakan form yang simpel dapat mempengaruhi aspek user friendly. Apalagi jika website mempunyai landing page yang digunakan untuk mengumpulkan leads. Form digunakan untuk meminta suatu informasi yang penting saja.

Kalau terlalu banyak kolom yang harus diisikan dan tidak ada hubungannya dengan intent, akan membuat pengguna kabur, Sob. Pembuatan form juga perlu menggunakan urutan logis dan mempunyai tombol submit yang jelas. Berikut merupakan kriteria form yang user friendly adalah:

  • Buatlah secara horizontal jika ada pilihan jawaban, jangan dengan posisi vertikal
  • Tampilkan secara vertikal, jika pilihan dari jawaban menggunakan checklist
  • Buatlah forms dalam satu kolom
  • Letakkan judul form diatas form
  • Label dan form diletakkan secara berdekatan
  • Berilah jarak satu form dan lainnya supaya pengguna tidak bingung saat mengisinya
  • Jangan menggunakan capslock saat menulis label

Baca juga: 15 Aplikasi Website Gratis Terbaik Tanpa Coding, Wajib Tahu!

10. Judul konten dan URL unik

Judul konten dan url yang unik dapat menentukan tingkatan user friendly pada website karena keduanya saling berhubungan. Isi konten harus bisa diwakilkan pada judulnya.

Caranya adalah menggunakan kata kunci pada judul konten. Setelah itu baru menentukan bagaimana gaya dalam penulisan judul. Entah memakai judul yang heboh ataupun sederhana tetapi juga tidak membohongi pengguna yang membaca.

11. Konten yang runtut dan mudah dibaca

Website yang user friendly adalah sebuah website yang menuntut kerapian dan mudah dibaca pengguna. Untuk memastikan suatu konten baik dan berkualitas adalah dari cara menyusun informasinya.

Karena susunan informasi dapat membantu para pengguna dalam memahami isi konten dengan mudah. Maka dari itu banyak website menggunakan model piramida terbalik.

Piramida terbalik merupakan suatu susunan yang meletakkan informasi penting pada bagian awal sebuah tulisan dan selanjutnya diikuti oleh informasi pendukung seperti, cerita, data, kutipan dan sebagainya.

Website juga harus memperhatikan semua aspek pada desain yang ada di konten. Hal ini membantu suatu konten dapat dinikmati pembaca dengan nyaman. Berikut hal yang diterapkan pada sebuah agensi atau media agar kontennya mudah dibaca:

  • Meletakkan rangkuman hal-hal yang penting di bawah judul konten
  • Jika konten yang dibuat panjang maka letakkan daftar isi pada outline
  • Memberikan gambar, foto, atau ilustrasi yang relevan pada konten
  • Berilah caption atau sebuah keterangan pada setiap gambar, foto atau ilustrasi
  • Membuat infografis sebagai rangkuman dalam sebuah konten
  • Menonjolkan sebuah kutipan yang penting dalam jenis serta ukuran font berbeda
  • Poin-poin yang penting buatlah dalam cetakan tebal atau bold

12. Call To Action yang jelas

Tujuan akhir dari website yang user friendly adalah mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini elemen yang dimaksud adalah call to action. Dengan adanya tombol ini akan menunjukkan apa yang sesungguhnya diinginkan oleh pemilik website. Mau itu mengarahkan ke halaman tertentu, mengarahkan pengguna untuk mengisi form, atau untuk membeli suatu produk.

Itulah ulasan seputar apa yang dimaksud user friendly lengkap hingga alasan mengapa ia penting dan beberapa kriterianya. Nah, agar website kamu juga user friendly. Kriterianya adalah website mudah diakses, anti lemot, dan bikin visitor website nyaman. 

Untuk mewujudkan itu kamu bisa memulainya dengan memilih unlimited hosting. cuma 9.000 aja kamu sudah bisa mendapatkan fitur lengkap mulai dari gratis domain, gratis SSL hingga jaminan performa maksimal dengan pemakaian optimal. Tak perlu mahal, semua ini buat kamu aja, Sob! Dapatkan sekarang juga!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like