Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
Cara Optimasi Website

Cara Optimasi Website Agar Lebih Cepat & SEO Friendly [Panduan Lengkap]

Banyak faktor dalam meningkatkan peringkat website, Dibutuhkan banyak cara Optimasi Website yang maksimal agar bisa terus bersaing di page one. Lantas apa yang menjadi kunci Website load Lebih Cepat & SEO Friendly.  Kita akan bahas lebih lanjut mengenai Optimasi website dibawah.

SEO memang memiliki banyak teknik, Namun ada beberapa teknik yang bersifat major agar website bisa memiliki rank yang bagus. Apa saja optimasi website seo untuk meningkatkan rangking website?

1. Selalu Utamakan Tampilan Mobile

Cara Optimasi Mobile Friendly Website
Website Tampilan Versi Mobile

Adanya Google Mobile First Index mengharuskan kita melakukan optimasi website dengan megutamakan versi mobile. Kalo kamu belum tahu apa itu Google Mobile First Index adalah cara google melakukan crawl atau indeksasi yang lebih mengutamakan versi tampilan mobile sebuah website untuk menentukan ranking.

Kebijakan mobile first index muncul karena jumlah penggunaan mobile lebih tinggi daripada penggunaan dekstop dalam berselancar di internet. Hal tersebut sesuai dengan statistika diatas dalam penggunaan mobile dan dekstop dalam berinternet di Amerika Serikat.

Dengan adanya Google Mobile First Index maka versi mobile sebuah website harus benar-benar diperhatikan dan dioptimasi dengan sebaik mungkin. Sesuai penjelasan tadi, Jika google lebih mengutamakan nilai sebuah performa website dari crawling website versi mobilenya. Hal tersebut berarti bahwa sebuah nilai performa website versi mobilenya buruk maka berpengaruh terhadap SEO dan tentunya rangking website. Lantas, 

Bagaimana cara optimasi website versi mobile?

  1. Gunakan tema yang responsif & Mobile Friendly, Saat ini sebagian besar tema wordpress sudah mobile friendly dan responsif. Nah buat kamu yang belum tahu apakah website kamu mobile friendly atau tidak bisa melalui situs resmi google untuk melakukan Mobile Friendly Test.
  2. Jadikan desain mobile sebagai prioritas, Jika sebelumnya kamu lebih mengutamakan melakukan desain website untuk tampilan dekstop, Untuk saat ini dahulukan tampilan versi mobile.
  3. Tingkatkan kecepatan wordpress, Kecepatan menjadi masalah utama dalam optimasi website, Berdasarkan survei yang dilakukan Google, 53 persen pengguna internet Indonesia akan meninggalkan website yang loading websitenya lebih dari 3 detik. Maka dari itu Google menyarankan kecepatan website dibawah 3 detik, dan maksimal 5 detik. Jadi luangkan waktu untuk melakukan optimasi kecepatan website. Kamu bisa melakukan tes kecepatan website di website milik google tersebut.
  4. Gunakan bantuan plugin wordpress, Banyak sekali plugin wordpress yang membantu optimasi website versi mobile. Plugin tersebut seperti Jetpack by WordPress, AMP for WP, Plugin Cache, dll.

2. Optimasi Teknikal SEO

Optimasi Teknikal SEO Website
Optimasi Teknikal SEO Website

Teknikal SEO menjadi isu utama dalam melakukan Optimasi Website, Optimasi teknikal seo memang harus dan wajib dilakukan. Untuk saat ini sudah banyak tools yang mendukung optimasi teknikal SEO, Berkat banyaknya alat SEO yang tersedia, Melakukan audit SEO tidak lagi menjadi tugas yang menakutkan.

Untuk mempermudah melakukan Optimasi Teknikal SEO, Kamu harus paham mengenai dasar – dasar teknikal seo. Yang bisa kamu lakukan untuk bisa melakukan optimasi seo sebagai berikut, 

Cara Optimasi Teknikal SEO Website

  1. Pastikan Website Mobile Friendly, sesuai penjelasan pada poin pertama diatas tadi jika website diharuskan mobile friendly untuk meningkatkan SEO website. Maka dari itu saat ini Pastikan situs Anda memenuhi syarat sebagai mobile-friendly.
  2. Periksa kesalahan kode status dan perbaiki, Lakuksn pemeriksaan kesalahan kode pada website, Adanya kesalahan kode status dapat mempengaruhi SEO website, Setelah kamu menemukan kesalahan kode status kamu bisa melakukan perbaikan pada website kamu.
  3. Periksa robot.txt, Periksa robot.txt pada situs, Pastika tidak ada kesalahan dan tidak ada meta yang memblockir bot google. Lakukan juga optimasi robot.txt jika diperlukan.
  4. Periksa Indeks Website, Periksa performa indeks website website kamu, Kamu dapat melakukan pemeriksaan indeks website melalui Google Search Console. Periksa dan Perbaiki masalah yang ditemukan, Kemudian lakukan optimasi website yang dibutuhkan.
  5. Lakukan Audit Website, Periksa statistik lalu lintas website kamu di Google Analytics. Pertimbangkan untuk meningkatkan atau memangkas konten yang berkinerja buruk. Kamu bisa melihat mengenai waktu kunjung visitor, Durasi, bounce rate website kamu. Kemudian lakukan audit dari semua data yang kamu kumpulkan melalui Google Analytics.
  6. Perbaiki tautan yang rusak,  Tautan rusak atau brocken link berdampak pada SEO dan tentunya rangking website. Lakukan pemeriksaan pada brocken link website kamu, Saat ini banyak sekali situs yang menyediakan laman khusus untuk melakukan pencarian brocken link. Setelah itu perbaik atau hapus brocken link pada website kamu.
  7. Submit Sitemap, Submit sitemap pada google search console. Dengan melakukan submit sitemap akan berguna untuk mempercepat indeks postingan terbaru di website.

3. Optimalkan Website Speed

Optimasi Speed Website
Optimasi Speed Website

Optimasi kecepatan website menjadi hal yang penting dalam melakukan optimasi website, Banyak cara yang dilakukan untuk melakukan optimasi kecepatan website. Karena Kecepatan halaman memiliki dampak langsung pada lalu lintas dan konversi.

Kecepatan website yang lambat menciptakan pengalaman pengunjung yang buruk, itulah sebabnya mengapa Google mempertimbangkan kecepatan halaman sebagai faktor peringkat.

Cara Optimasi Kecepatan Website

  1. Gunakan Hosting yang Tepat, Pemilihan hosting sangat berpengaruh pada kecepatan website. Pilihlah Hosting Terbaik yang bisa membuat website kamu bisa lebih cepat. Salahsatunya hosting dari Jagoan Hosting, Kamu dapat memilih layanan terbaik yang disediakan. Salah satunya produk Hosting Indonesia yang sangat cocok dengan segala website karena super cepat dan tentunya diskspace yang besar.
  2. Minimalkan permintaan HTTP, Salahsatu optimasi website yang memang harus dilakukan, Bahkan hal ini menjadi masalah banyak orang. Minimalkan permintaan HTTP  untuk berbagai halaman seperti skrip, gambar, dan CSS.
  3. Minify File, Mengurangi ukuran file dalam artian melakukan compres file atau memperkecil ukuran file yang ada seperti CSS, JS, HTML, Gambar, dll. Melakukan minify file sangat berdampak pada kecepatan website.
  4. Gunakan Plugin Caching, Caching website sangat dibutuhkan, Untuk meningkatkan kecepatan website yang optimal kamu bisa menggunakan plugin caching.
  5. Gunakan CDN, CDN atau Content Delivery Network sangat membantu mengoptimalkan kecepatan website pada visitor yang berbeda wilayah dengan lokasi server. Dengan menggunakan CDN visitor website kamu yang jauh dari server kamu masih tetap cepat dalam mengakses website kamu. Itulah mengapa CDN sangat membantu dalam Optimasi Website.

Sebetulnya ada banyak plugin yang membantu dalam meningkatkan Kecepatan dan Optimasi website. Misalnya plugin WP Rocket yang hampir memiliki semua fitur yang dibutuhkan dalam melakukan optiasi kecepatan website, Seperti : Minify file, Caching, CDN, dll.

4. Pasang Schema Markup

Schema Markup untuk Optimasi Website
Schema Markup untuk Optimasi Website Search

Schema Markup adalah kode untuk membedakan tipe halaman pada sebuah website, Untuk saat ini masih belum banyak website yang menerapkan Schema Markup. Schema markup sendiri sangat penting dalam optimasi website dan yang paling bermanfaat yaitu hasil schema markup akan menampilkan hasil di pencarian lebih unik yang tentunya akan meningkatkan CTR website.

Ada banyak sekali tipe schema markup untuk website, Seperti: Orang, Produk, Artikel, Review, Resep, Event dsb. Lantas bagaimana dan apa yang membedakan setiap tipe Schema Markup? 

Tipe-tipe Schema Markup

  1. Resep, Schema resep dikhususkan untuk postingan resep. Dengan menggunakan schema ini postingan website kamu akan menampilkan tampilan yang berbeda di hasil pencarian google. Akan muncul sebuah thumbnail dan penjelasan di hasil pencarian, Hal ini akan meningkatkan CTR Website.
  2. Event, Schema Event dikhususkan untuk postingan acara event, Ketika kamu menggunakan schema event hasil postingan kamu di pencarian akan memunculkan informasi tentang waktu dan tempat event.
  3. Artikel, Schema Artikel sama halnya seperti postingan website standardnya, Namun saat kamu menggunakan schema akan ada yang berbeda di hasil pencariaan.
  4. Review, Schema Review dikhususkan untuk postingan tentang review, Baik review produk, review layananan atau review yang lainnya. Ketika kamu menggunakan schema review hasil postingan kamu di pencarian  akan memunculkan review dari pelanggan bahkan akan memunculkan rating pada postingan kamu.
  5. Orang, Schema orang dikhususkan untuk kamu yang ingin menampilkan biodata, Schema ini akan menampilkan biodata di hasil pencarian.

5. User Experience

Optimasi User Experience Website
Optimasi User Experience Website

Kamu tidak perlu terlalu menjabarkan apa itu user experience, karena tentunya setiap orang berbeda-beda pengalamannya dan penilaian terhadap suatul website. Kamu perlu melakukan dan memastikan optimasi website kamu memberikan user experience yang baik kepada para visitor website.

Cara optimasi website dalam user experience tidak begitu sulit, asalkan kamu paham apa yang dibutuhkan visitor saat datang ke website kamu. 

Cara sederhana optimasi User Experience website 

  • Berguna bagi User, Pasti sebuah user datang ke website kamu sedang mencari informasi, Nah buat website kamu memberikan sesuatu yang dibutuhkan oleh user/visitor. Buat visitor website kamu mendapatkan manfaat, dan tidak sia-sia telah membuka website kamu. Buat artikel berkualias baik dan bisa bermanfaat bagi user.
  • Website yang Kredibel, Buat website kamu kredibel, mempunyai kualitas dan dapat dipercaya oleh user/visitor. Ketika sebuh visitor mendapatkan apa yang dibutuhkan dari sebuah website, maka kemungkinan besar visitor tersebut akan mengunjungi lagi website kamu.
  • Website Menarik, Menarik disini berarti website kamu memiliki nilai lebih di tampilan, Baik dari segi tampilan versi dekstop maupun versi mobile. Website yang menarik akan membuat visitor lebih betah berada diwebsite kamu.
  • Navigasi Mudah, Navigasi yang mudah membuat visitor lebih mudah mencari informasi di website kamu. Navigasi akan membantu para user mencari lebih dalam mengenai informasi yang dibutuhkan.

6. Mulai Campaign Link Building

Optimasi Link Building Website
Optimasi Link Building Website

Tak ayal lagi, Untuk Optimasi Website menggunakan cara link building masih menjadi hal yang tidak bisa dihilangkan dalam melakukan optimasi website. Tautan telah menjadi salah satu faktor peringkat teratas untuk beberapa waktu sekarang. Maka dari itu link building masih dibutuhkan dalam optimasi website.

Backlink sangat dibutuhkan dalam membangun authority website, Namun hal ini bisa menjadi pisau yang bermata dua, Karena bisa bermanfaat buat kamu tapi juga bisa berakibat buruk suatu saat jika kamu salah dalam memulai campaign link building.

Strategi Optimasi Website dengan Link Building

  1. Guest Post, Postingan tamu menjadi salahsatu strategi link building yang paling mudah. Dengan strategi ini kamu bisa mengontrol backlink situs kamu, Jadi tidak ada backlink spam ke situs kamu yang dapat berdampak buruk.
  2. Teknik Skyscraper, Teknik ini cukup mudah dilakukan,Pada dasarnya teknik bertujuan mengubah konten menjadi backlink yang berkualitas tinggi. Kamu cukup membuat konten yang lebih baik dari yang lain dan jangkau orang yang tepat. Kamu bisa mendapatkan informasi ini pada situs backlinko.
  3. Web 2.0 Post, Kamu bisa memanfaatkan web 2.0 untuk dijadikan backlink, Web 2.0 paling populer diantaranya blogger.com, wordpress.com dan masih banyak lagi web 2.0 yang bisa kamu gunakan untuk dijadikan sebagai backlink.
  4. Backlink Profile, Kebanyakan backlink profile berasal dari forum, Kamu tinggal mendaftar di forum yang bisa memberikan profile kamu memberikan link pada website. Cara Optimasi website dengan ini kurang begitu baik, Sebaiknya buat backlink profil secara natural tidak spam.
  5. Content Sharing Platform, Banyak sekali content sharing yang bisa dijadikan sebagai optimasi website dengan link building, Contohnya seperti Medium, Reddit, Slideshare, Academia.edu, Kompasiana, dll.

Itulah beberapa cara optimasi website yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan authority dan peringkat website kamu. Banyak sekali cara untuk optimasi SEO website, Namun secara major poin-poin diatas merupakan cara yang tepat.

Add comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +