Pahami Perbedaan AMD dan Intel Serta Plus Minusnya Lengkap!

perbedaan amd dan intel

Saat ingin membeli laptop, tentu kamu akan membandingkan spesifikasi laptop dari beberapa produk. Salah satunya yaitu dengan memperhitungkan soal prosesornya. Hingga kini, ada dua merek yang merajai pasar yaitu AMD serta Intel. Walau keduanya pasti memiliki kelebihan hingga kekurangannya masing-masing, namun sebenarnya apa perbedaan AMD dan Intel?

Pada artikel kali ini, Jagoan Hosting akan mengulas seputar beberapa poin yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih antara AMD dan Intel. Jadi agar tidak bingung lagi, langsung cek penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu AMD (Advance Micro Device)?

Sebelum mengulik lebih lanjut tentang perbedaan AMD dan Intel, alangkah baiknya kita mempelajarinya satu per satu terlebih dahulu, kan?

AMD diproduksi pada tahun 1980-an dan jauh lebih baru daripada Intel. Dapat dikatakan, bahwa Intel sudah memiliki nama terlebih dahulu dibandingkan dengan AMD.

Dalam pemakaiannya, AMD cenderung lebih cepat panas, Sob. Tapi bukan berarti AMD kurang baik dari Intel, ya. Karena tentu saja masih terdapat banyak kelebihan dari AMD yang akan dijelaskan nanti.

Di masa perjalanannya hingga sekarang, AMD telah mengalami banyak jatuh bangun hingga bisa mencapai saat ini. Citra “cepat panas” yang menempel pada processor ini menyebabkan AMD kehilangan cahayanya, dan mengalami penurunan sedikit-demi sedikit. Karena tentu hampir tidak ada orang yang mau membeli alat elektronik boros listrik dan cepat panas, betul tidak?

Di saat terjadi jatuh bangun karena krisis global, Intel justru semakin menguasai pasar. Itulah mengapa penggunaan AMD cenderung underrated dibandingkan Intel. Padahal nyatanya, AMD juga tidak kalah bagus lho, Sob!

Lalu, sebenarnya apa saja sih yang dapat disediakan oleh AMD? AMD sendiri sudah mengeluarkan beberapa seri, lho. Mulai dari low budget hingga yang overprice sekalipun, semua bisa kamu temukan.

Bagi kamu yang penasaran dengan performa terbaik dari AMD, maka kamu bisa menggunakan AMD Ryzen Threadripper yang dijamin oke, dengan produk andalannya saat ini yaitu Ryzen Threadripper 3990X dengan performa 64 core dan 128 thread.

Cek Konten Lainnya:
5 Tips Meningkatkan Keamanan Data Pribadi di Cloud

Selanjutnya, untuk kamu yang ingin membeli laptop dengan budget minim, maka laptop dengan prosesor Ryzen 5 5600G dan Ryzen 3 5300G sebagai pilihan GPU-nya akan dapat membantumu memenuhi keinginanmu.

Untuk APU, kamu juga bisa memilih OEM seri 400 yang dijamin harganya ramah di kantong. Meskipun demikian, perbedaan AMD dan Intel core i3 masih perlu untuk dibicarakan.

Baca juga: 3 Fungsi RAM pada Komputer dan Laptop Lengkap dengan Jenisnya

Apa itu Intel?

Intel mulai diproduksi pada tahun 1971 dan langsung mengepakkan sayapnya semakin tinggi untuk menjadi processor yang diminati oleh masyarakat di dunia. Nama Intel semakin dikenal setelah perilisan prosesor Pentium pada tahun 1995.

Tentu kamu semua juga sangat familiar dengan kata Pentium, kan? Mulai dari Pentium I hingga IV, semua menjadi yang hal yang hits pada jamannya. Menjalankan rintisan usahanya dari titik terendah, Intel terus memperoleh kepercayaan dari masyarakat dengan layanannya yang sangat unggul.

Dedicated Hosting

Dengan semua kepercayaan yang telah diperoleh dari orang-orang sebelumnya membuat nama Intel semakin dikenal oleh masyarakat luas. Meskipun harga Intel dinilai lebih mahal, namun pangsa pasar yang dimiliki Intel sudah cukup besar di bidangnya.

Mari kita kupas lebih lanjut tentang apa saja yang dimiliki oleh Intel. Dari segi harga, Intel dinilai lebih mahal dibanding AMD, Sob. Namun tentu saja, CPU yang ditawarkan juga cukup menarik.

Untuk segi kelas atas, kamu bisa menggunakan Intel Core i9 yang tengah menjadi andalan Intel saat ini. Dilanjutkan dengan i7 yang kecanggihannya tidak kalah dari i9. Untuk kelas menengah, kamu dapat mengambil laptop dengan CPU Intel i5 atau Intel i3 yang pastinya juga sudah dapat memenuhi berbagai kebutuhanmu.

Apa perbedaan AMD dan Intel?

AMD dan Intel tentu memiliki beberapa perbedaan yang membuat mereka lebih unggul di beberapa bidang tertentu. Apa perbedaan AMD dan intel tersebut? Yuk simak beberapa penjabaran di bawah ini!

1. Manajemen Suhu

Dari sejak awal pengeluarannya, AMD sudah sering dicap sebagai prosesor yang cepat panas. Jelas, di sini Intel memiliki keunggulan yang sangat jauh. Suhu prosesor yang sering dikenal dengan TDP (Thermal Design Point) memang sudah lama menjadi kebanggaan Intel.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Nginx? Pengertian, Keunggulan dan Cara Kerjanya

Meskipun demikian, sejak AMD mengeluarkan seri Ryzen, cap “cepat panas” ini mulai memudar, meskipun belum sebaik Intel dengan core i3, i5, i7, dan i9 yang masih menjadi primadona. Inilah yang membuat perbedaan AMD dan intel core i3 lebih mencolok.

Baca juga: Cek Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan HP, Anti Lemot!

2. Grafis

Dalam segi grafis, AMD dapat mengalahkan Intel. Perbedaan AMD dan Intel yang satu ini cukup unik, karena Intel telah berusaha mengalahkan grafis AMD dengan merilis prosesor Iris Pro, namun tetap dapat dikalahkan oleh prosesor Radeon milik AMD.

Kualitas grafis yang dimiliki keduanya dapat dibilang sangat mencolok. Perbedaan AMD dan Intel untuk game dapat dilihat dari sisi ini, yaitu grafis yang ditampilkan AMD sangat apik, meskipun harus menantang dengan prosesor yang cepat panas.

3. Kecepatan

Dalam segi kecepatan, perbedaan AMD dan Intel tidak terlalu signifikan. Terutama di keluaran terbaru AMD, Intel harus cukup waspada karena mulai semakin tersaingi. Meskipun demikian, pada kenyataannya, Intel lebih baik dibandingkan dengan AMD.

Perbedaan AMD dan Intel game untuk game di sini juga berperan penting, karena ketika bermain game, tentu kamu ingin bermain dengan cepat supaya memenangkan pertandingan, bukan?

4. Biaya

Dari segi biaya, AMD dapat dibilang menang telak. Buat yang memiliki low budget, sangat dianjurkan memilih prosesor AMD dibandingkan Intel. Pasalnya dalam penggunaannya, ketika harus di servis, Intel lebih akan menguras kocekmu, Sob. Meskipun demikian, tentu ada kelebihan yang ditawarkan oleh Intel dengan harganya yang lebih mahal.

5. Sensitivitas Virus

Lalu, apa perbedaan AMD dan Intel dari sisi sensitivitas terhadap virus? Untuk mendeteksi virus, ternyata AMD dapat mendeteksi virus terlebih dahulu dibandingkan Intel. AMD menciptakan sebuah program bernama EVP (Enhanced Virus Protection) yang bisa dikatakan sebuah langkah cerdik untuk mengalahkan Intel.

Dengan adanya virus di laptopmu, tentu akan merugikan sekali. Dengan hal itu, Intel belum dapat menciptakan teknologi mutakhir untuk mendeteksi virus lebih awal layaknya AMD.

Cek Konten Lainnya:
Berbagai Metode dalam Agile Development Method

Baca juga: Mengenal Apa itu Blue Screen, Penyebab, dan Cara Mengatasi

6. Penggunaan Multimedia

Perbedaan AMD dan intel selanjutnya dapat dilihat dari sisi multimedia. Meski unggul di sisi grafis, ternyata AMD masih kalah dari Intel dari bagian multimedia. Hasil gambar yang ditampilkan dalam Intel selalu memiliki hasil lebih tajam dan jelas dari AMD.

AMD vs Intel, mana yang lebih baik?

Lalu, mana yang harus kamu pilih, AMD atau Intel? Perbedaan AMD dan intel di atas tentu menjadi sesuatu yang harus kamu pertimbangan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi sebaiknya kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Jika kamu ingin menggunakan laptop untuk hal-hal seperti membuat konten di YouTube yang membutuhkan rendering video, maka kamu perlu menggunakan laptop dengan prosesor Intel karena prosesnya lebih cepat. Selain itu, gambar yang dihasilkan juga lebih jelas.

Namun, kalau kamu memiliki budget minim, namun membutuhkan laptop yang dapat digunakan sehari-hari, maka prosesor AMD adalah jawabannya, karena dengan harganya lebih murah, kemampuan prosesor AMD juga tidak kalah jauh lho dengan Intel. 

Perbedaan AMD dan intel untuk game juga cukup menarik di sini. Keduanya memiliki keunggulannya masing-masing. Jika, AMD unggul di bagian grafis, maka Intel lebih unggul di bagian kecepatannya. Maka, tentukan pilihanmu, Sob!

Berbicara mengenai perbedaan keduanya, VPS X ataupun X-VM di Jagoan Hosting sudah didukung oleh kedua processor ini, AMD dan Intel. Dengan menggunakan Best Server Technology ini, maka performa yang kamu dapatkan akan lebih handal serta kinerja pun jadi lebih unggul. Yuk buktikan sendiri performa VPS Indonesia tercepat dari Jagoan Hosting sekarang juga!

Demikian penjelasan seputar perbedaan AMD dan Intel yang Jagoan Hosting rangkum untukmu, Sob. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum kamu membeli laptop, ya. Dapatkan juga ulasan menarik lainnya mengenai teknologi hanya di blog Jagoan Hosting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cyber attack indonesia
Read More
5 Kasus Cyber Crime Terbesar di Indonesia
Sudah tahu belum, Sob? Indonesia menempati peringkat pertama di Asia Tenggara dan ke-60 di dunia terkait bahaya surfing…
komputasi awan
Read More
Apa itu Cloud Computing? Fungsi, Tipe, Contoh, Cara Kerja
Apakah kamu tahu apa itu komputasi awan (cloud computing)? Di tengah pesatnya perkembangan era digital seperti sekarang ini,…