Koneksi WiFi kamu kurang maksimal dan lemot? Sepertinya kamu perlu menerapkan cara mempercepat WiFi yang akan kita bahas pada artikel berikut. Jangan khawatir, tutorial ini bisa kamu coba untuk berbagai provider WiFi yang ada. Yuk intip penjelasannya berikut ini!

Cara mempercepat koneksi WiFi di HP

cara mempercepat koneksi wifi
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Tutorial pertama yang akan Jagoan Hosting bahas adalah bagaimana cara mempercepat koneksi WiFi di hp. Semakin meningkatnya pengguna handphone (HP) atau telepon seluler, juga meningkatkan kebutuhan pengguna untuk mengakses internet. Salah satunya menggunakan HP untuk mengakses internet dengan data maupun WiFi.

Namun, saat ini sudah banyak pengguna yang mengakses internet menggunakan WiFi. Hal tersebut karena salah satu keunggulan menggunakan  WiFi adalah bisa mengakses internet tanpa batasan kuota.

Tetapi menggunakan WiFi dengan HP terkadang tidak selalu mulus dan lancar. Bisa saja saat mengakses internet terkendala dengan kecepatan yang kurang bagus, jaringan kurang stabil dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Jagoan Hosting akan membahas tutorial atau cara mempercepat koneksi WiFi di hp yang perlu kamu tahu. Jika kamu penasaran, bisa langsung simak tutorialnya di bawah ini, ya!

  1. Menginstall aplikasi penguat sinyal

Cara mempercepat koneksi WiFi di hp yang pertama adalah menginstall aplikasi penguat sinyal di hp. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa mencari aplikasi penguat sinyal di Play Store dan App Store, salah satu aplikasi yang bisa kamu coba unduh adalah WiFi Booster & Analyzer.

Dengan mengaktifkan aplikasi ini kamu bisa menggunakan button boost untuk meningkatkan sinyal pada handphone. Sehingga, kamu bisa mendapatkan koneksi yang lebih cepat dibandingkan orang lain. 

  1. Mempercepat koneksi WiFi tanpa aplikasi

Jika cara sebelumnya menggunakan aplikasi, Jagoan Hosting juga memberikan cara mempercepat WiFi tanpa menginstall aplikasi. Untuk mempercepat koneksi WiFi kamu cukup melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka setting/pengaturan di HP Android
  • Pilih Additional settings atau opsi lainnya
  • Kemudian, kamu bisa pilih Developer Options atau Opsi Pengembang
  • Kemudian klik Continue untuk melanjutkan setelah mengisi kode verifikasi
  • Selanjutnya klik tombol Developer Options sampai berwarna hijau atau biru yang menandakan pilihan tersebut telah aktif
  • Langkah terakhir adalah pilih tombok Aggressive WiFi to Cellular Handover. Dengan begitu kecepatan WiFi sudah optimal
  • Selesai, kini WiFimu sudah berjalan lebih cepat tanpa harus menggunakan aplikasi
  1. Update Radio atau Firmware

Cara mempercepat koneksi WiFi berikutnya adalah melakukan update Radio atau Firmware. Firmware merupakan perangkat tagar atau software yang melakukan berbagai proses rutin di ROM.

Cara untuk mempercepat jaringan WiFi di Hp yaitu cukup melakukan updates dengan klik settings, kemudian menuju About Phone, dan pilih System/Software Update.

  1. Mengubah frekuensi jadi 5 GHz

Jika kamu memiliki handphone Android, biasanya hpmu akan menggunakan frekuensi  2.4 GHz. Frekuensi ini memiliki cakupan luas dan juga sinyal yang kuat. Namun, karena kelebihan tersebut, banyak orang menggunakannya dan akhirnya membuat jaringannya mengalami gangguan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya lho melakukan cara mempercepat koneksi WiFi di HP dengan mengubah frekuensi menjadi 5 GHz. Caranya cukup mudah, kamu bisa pilih settings, kemudian klik WiFi, lalu ke Advanced Settings dan pilih WiFi Frequency Band. Setelah berhasil, jaringan WiFimu akan lebih cepat dibandingkan sebelumnya!

Cara mempercepat koneksi WiFi di laptop

Selain di HP, biasanya banyak orang yang juga menggunakan laptop untuk mengakses internet. Namun, sama halnya dengan jaringan internet melalui handphone, koneksi WiFi pun tidak selalu lancar.

Maka dari itu, kita perlu melakukan cara mempercepat koneksi WiFi di laptop juga. Cara untuk mempercepat jaringan WiFi di laptop pun ternyata sangat mudah dilakukan. Seperti apa langkah-langkahnya? Ini dia cara mempercepat jaringan WiFi di laptop.

  1. Melakukan network reset dan flushing DNS

Flush DNS digunakan untuk mereset cache DNS client (komputer) untuk menyesuaikan informasi dan perubahan pada server, domain, dan DNS dengan data baru.

Untuk melakukan flushing DNS kamu cukup melakukan cara-cara di bawah ini:

  • Buka klik kanan pada command prompt, lalu pilih Run As Administrator
  • Ketikkan ipconfig/flushdns lalu klik enter pada keyboard
  • Jika sudah selesai, ketik ipconfig/renew kemudian enter
  • Tutup command prompt dan kamu sudah bisa mengakses internet yang lebih cepat
  1. Mengubah pengaturan QoS

Cara mempercepat koneksi WiFi di laptop selanjutnya adalah mengubah pengaturan QoS. Cara ini bisa dilakukan oleh pengguna komputer/laptop yang memiliki sistem operasi Windows 8 ke atas. 

Biasanya Windows secara umum mengalokasikan 20% bandwidth untuk kebutuhan Windows Update, dan 80% bandwidth untuk internet.

Sehingga, dengan begitu kamu perlu mencoba cara mempercepat koneksi WiFi dengan mengatur serta mengubah QoS untuk internet. Cara mempercepat jaringan WiFi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Klik start kemudian pilih run, dan ketik “gpedit.msc”
  2. Selanjutnya, klik menuju Local Computer Policy, ke Computer Configuration, Administrative Templates
  3. Klik Network kemudian pilih QoS Packet Scheduler
  4. Selanjutnya, double click pada Limit Reservable Bandwidth
  5. Kemudian klik menu enable, dan isikan angka 0 pada bandwidth limit
  6. Klik apply dan restart komputer/laptop
  7. Setelah komputer/laptop menyala kamu sudah bisa menggunakan akses internet dengan WiFi yang lebih cepat

3. Menggunakan pengaturan IRPStackSize lebih tinggi

Cara mempercepat WiFi di laptop yang ketiga adalah menggunakan pengaturan IRPStackSize lebih tinggi. Secara default nilai IRPStackSize ini adalah 15, kamu bisa mengubahnya hingga di angka 50. dengan meningkatkan nilai ini, kamu bisa memperoleh internet yang lebih optimal.

Maka dari itu, kamu perlu melakukan cara mempercepat jaringan WiFi dengan IRPStackSize sebagai berikut:

  • Klik start kemudian Run, dan ketikkan “regedit” untuk membuka Registry Editor
  • Klik menuju HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters
  • Di dalam folder Parameter tersebut, klik kanan pada file DWORD bernama “IRPStackSize”, lalu klik Modify dan ganti nilainya menjadi 50
  • Selanjutnya buat nilai dengan nama “IRPStackSize” dan valuenya 50
  • Klik OK, kemudian tutup Registry Editor
  • Terakhir kamu bisa restart Komputer

Tips mempercepat koneksi WiFi

cara mempercepat koneksi wifi
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Nah, setelah tau cara mempercepat koneksi WiFi, Jagoan Hosting juga sudah merangkum tips terhindar dari jaringan lemot! Langsung simak saja yuk tipsnya di bawah ini: 

  1. Meletakkan router di tempat strategis

Tips cara mempercepat jaringan WiFi yang pertama adalah meletakkan router di tempat strategis. Hal ini karena router adalah alat pemancar WiFi, dan jika ditempatkan di sembarang tempat maka efektivitasnya akan berkurang. 

  1. Mengubah jaringan menjadi tertutup 

Cara mempercepat WiFi berikutnya adalah membuat jaringan menjadi tertutup. Terkadang banyaknya pengguna pada satu WiFi yang sama akan membuat jaringan WiFi tersebut menjadi lemot dan lelet. 

Maka dari itu, kamu perlu mengubah pengaturan jaringan WiFi menjadi tertutup. Sebaiknya, kamu juga memasang password untuk koneksi WiFi pribadimu. 

  1. Ganti Router

Cara mempercepat WiFi terakhir adalah adalah memilih jaringan router yang tidak terlalu banyak pengguna. Biasanya pengguna menggunakan jaringan WiFi dengan frekuensi 2.4 GHz dan banyak yang menggunakan saluran 1, 6 dan 11. Sehingga kamu perlu berpindah router dan beralih ke frekuensi 5GHz. 

Itu tadi penjelasan mengenai bagaimana cara mempercepat jaringan WiFi yang bisa kamu coba di laptop atau hp. Perlu diingat bahwa provider internet pun juga berpengaruh dalam memberikan layanan koneksi terbaiknya ya, Sob! 

Berbicara seputar provider, untuk mendukung segala aktivitas kamu di web hosting seperti website pribadi, toko online hingga portofolio online kamu, serahkan saja semuanya kepada Jagoan Hosting Sob! Didukung dengan infrastruktur terbaik, kamu bisa dapatkan layanannya hanya mulai Rp9.000 saja perbulan. Cek disini ya!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like