Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
Perbedaan SSD dan NVMe - jagoanhosting.com

Kamu Harus Tau, Perbedaan NVMe & SSD yang Bakal Bikin Kamu Tercengang!

Sobat Jagoan, apakah kamu pernah mendengar mengenai istilah NVMe?. Istilah ini memang tergolong cukup baru di tahun 2016. Beberapa dari kita mungkin bahkan masih asing dengan istilah satu ini. Namun, tahukah kamu bahwa NVMe merupakan generasi terbaru dari SSD yang kelebihannya akan membuatmu tercengang. Selengkapnya mengenai pengertian apa itu NVMe, bisa kamu [BACA DISINI]. Lalu, apasih perbedaan SSD dan NVMe hingga yang katanya keren abis itu?. Simak selengkapnya, perbedaan SSD dan NVMe berikut ini!

Perbedaan SSD dan NVMe - jagoanhosting.com
Perbedaan kecepatan read & write data pada HDD, SSD dan NVMe – via photographylife.com

1. Soal kecepatan transfer data tak perlu lagi diragukan, NVMe juaranya!

NVMe dikembangkan untuk mengatasi limitasi dari teknologi yang sudah ada sebelumnya, atau menangani kecepatan yang sangat tinggi dari sebuah SSD. Hal tersebut memungkinkan NVMe untuk melakukan transfer data yang lebih cepat dibanding SSD biasa. Pada tabel diatas, NVMe bahkan diklaim memiliki kecepatan transfer data mencapai 5x lipat lebih cepat dari SSD. Ini artinya, NVMe juga 25x lebih cepat jika dibanding HDD. Wow! 

 

 

Perbedaan SSD dan NVMe - jagoanhosting.com
Perbedaan SSD AHCI dan SSD NVMe – via hexus.net

2. Mampu memproses jumlah perintah (command) yang lebih banyak

Tabel diatas merupakan perbedaan performa SSD biasa yang masih menggunakan teknologi AHCI dan yang sudah menggunakan NVMe. Perbedaan paling mencolok jelas terlihat pada pemrosesan jumlah antrian perintah (command). Jika dalam 1 antrian SSD biasa hanya mampu menampung 32 perintah dalam 1 antrian. Maka NVMe, mampu membuat 64ribu antrian yangmana di dalamnya terdapat 64ribu perintah per antriannya. Tentu, jauh lebih banyak dibandingkan SSD dengan teknologi AHCI sebelumnya. Sekali lagi, jumlah yang sangat fantastis, bukan?

Perbedaan SSD dan NVMe - jagoanhosting.com

3. Memiliki manajemen antrian yang baik

Masih berhubungan dengan jumlah antrian pada point kedua diatas. Dengan jumlah antrian sebanyak itu, tentu bisa dibayangkan bukan, bagaimana sibuknya data yang harus dikerjakan oleh NVMe?. Namun, berkat manajemen antrian yang baik, NVMe mampu mengerjakan antrian data sebanyak itu dengan sangat baik. Bahkan NVMe mampu menerima beberapa perintah lebih dari satu inti prosesor, dan bisa memprioritaskan permintaan.

Perbedaan SSD dan NVMe - jagoanhosting.com

4. Serial bus yang lebih cepat 

Dikutip dari Intel Indonesia, NVMe adalah teknologi terbaru dalam dunia storage yang menggunakan utilitas PCIe 3.0 layaknya sebuah kartu grafis, lho!. Dengan dukungan kecepatan tinggi dari PCIe tersebut, tentu akan membuat SSD dengan teknologi NVMe memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dari SSD biasa.

Cloud Hosting NVMe Murah - jagoanhosting.com

Setelah mengetahui perbedaan SSD dan NVMe diatas, tentu sekarang kamu tau kan mengapa NVme jauh lebih diandalkan?. Bagaimana? apakah kamu sudah tertarik untuk menjajal kecanggihan teknologi NVMe ini?. Tak hanya pada PC semata, kecanggihan teknologi NVMe kini dapat kita nikmati pada layanan web hosting. Wow, menarik bukan?

Bayangkan, seberapa cepat kinerja server websitemu menggunakan NVMe. Tak hanya bisa membayangkan, kini Cloud Hosting NVMe berkualitas dan terjangkau di Jagoan Hosting. Mulai harga 15RB / bulan, kita dapat menikmati kecanggihan cloud hosting dengan teknologi NVMe untuk website kita.

Tunggu apalagi, percepat kinerja hosting dan performa websitemu menggunakan Cloud Hosting NVMe di Jagoan Hosting.

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +