Saat diharuskan untuk memastikan orisinalitas sebuah tulisan, tentu kamu perlu memahami bagaimana cara cek plagiarisme, bukan? Apalagi kini isu plagiat kian dianggap serius bagi banyak orang. Bahkan untuk pembuatan artikel media seperti ulasan blog pun, Google tidak pernah mau menoleransinya loh, Sob!

Jadi mau tak mau, kamulah yang harus memastikan konten buatanmu benar-benar original. Nah, untuk memastikannya, yuk ikuti beberapa cara cek plagiat online dalam artikel berikut ini!

Cara cek plagiarisme online

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek keorisinalitasan hasil karya kamu. Hal ini sangat diperlukan agar kedepannya tidak terjadi masalah tentang plagiarisme. Selain itu, jika artikelmu bebas plagiarisme tentunya akan membuat orang lain tertarik untuk membaca karyamu yang lain, Sob.

Berikut akan dikupas 15 cara atau tips ampuh untuk cek plagiarisme online dan gratis!

1. Copyleaks

Cara cek plagiarisme online pertama dapat dilakukan dengan Copyleaks. Sebelum melakukan pengecekan, kamu diharuskan membuat akun terlebih dahulu di copyleaks.com dan barulah setelah itu kamu bisa mengecek plagiasi dari artikel atau karya tulismu.

Copyleaks sudah banyak digunakan oleh para penulis karena website ini menggunakan teknologi AI yang membuat hasil deteksi lebih akurat.

Untuk pemakaian gratis, plagiarism checker ini hanya dapat digunakan untuk 20 kali sebulan nih, Sob, dengan beberapa tipe file yang bisa dicek seperti DOC, DOCX, PPT, dan PDF. Keuntungannya, web ini telah menyediakan berbagai bahasa untuk di cek plagiasinya secara gratis.

2. PlagTracker

Berbeda dengan Copyleaks, PlagTracker adalah situs cek plagiarisme berbayar atau biasa dikenal dengan istilah premium. Meskipun berbayar, layanan yang diberikan tentu saja tidak main-main, lho.

Jika beberapa situs cek plagiarisme gratis hanya bisa mencakup 1000 kata saja, PlagTracker dapat mendeteksi hingga 5000 kata, Sob! Sehingga cocok banget buat kamu yang sedang mencari cara cek plagiarisme 3000 kata.

Cara cek plagiarisme online ini sangat membantu karena dilengkapi program yang dibutuhkan oleh profesional, seperti kesalahan tata bahasa, sintaksis, dan masih banyak lagi!

3. Quetext

Quetext adalah cara cek plagiarisme dokumen berikutnya yang gratis namun tetap aman digunakan sehari-hari. Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu cukup membuat akun dan setelah itu kamu sudah bisa menggunakannya!

Namun sayangnya, versi gratis dari situs ini hanya memberikan batasan di setiap dokumen yang akan dicek sebanyak 500 kata saja. Tapi tenang, jika kamu berlangganan versi berbayarnya, kamu dapat mengecek hingga 100.000 kata atau berkisar sekitar 200 halaman, lho!

4. Unicheck

Tidak berbeda dengan cara cek plagiarisme di turnitin, Unicheck sudah dikenal hampir di seluruh dunia di semua bidang pekerjaan saat ini. Cara kerjanya yang cukup sempurna dengan keakuratannya mengakses lebih dari 40 milyar web, data edukasi, dan berbagai file dari perpustakaan institusi, membuat namanya semakin bersinar.

Selain itu, Unicheck juga memiliki tampilan yang sangat menarik dan sederhana, serta bisa dipasang ke dalam sistem e-learning, sehingga akan sangat membantu pengecekan plagiat dari hasil tulisanmu. Cara cek plagiarisme 3000 kata dapat terpenuhi dengan situs ini, Sob.

5. Plagiarism checker

Cara cek plagiarisme online sederhana lainnya adalah melalui situs Plagiarism Checker yang memberikan layanan untuk mengecek phrase pada dokumen yang ada di bagian Google dan Yahoo dengan batas maksimal 1.000 kata setiap pengecekan.

Sayangnya, setelah dirilis pada tahun 2006, situs ini tidak diperbarui lagi sehingga terkadang ada hasil yang sudah tidak relevan dengan kondisi sekarang.

6. Copyscape

Cara cek plagiat online selanjutnya adalah menggunakan Copyscape, yang dapat membantu kamu mencegah berbagai bentuk penipuan dan pencurian konten yang biasanya dilakukan oleh oknum yang mencuri hasil tulisanmu di website yang telah kamu publish.

Untuk menggunakannya, kamu cukup menyalin dan menempel URL yang diinginkan dan secara otomatis akan terdeteksi kemiripan tulisannya dengan situs lain.

Sayangnya, versi gratis dari Copyscape memiliki batasan mengenai penggunaanya. Sehingga, untuk menggunakan situs ini lebih lanjut dan lebih luas, kamu perlu menggunakan layanan premium.

7. Duplichecker

Cara cek plagiarisme gratis berikutnya adalah Duplichecker yang dapat mengecek hingga 1.000 kata di setiap deteksinya. Situs ini memberikan layanan cek plagiarisme secara khusus untuk mengecek plagiat suatu konten. Hasil akhirnya akan berupa persentase seberapa besar kemiripan kontenmu dengan konten lainnya.

Berbeda dari cara cek plagiarisme online yang lain, Duplichecker menyuguhkan 3 basis layanan yang akan membantu kamu mengecek keorisinalitasan tulisan kamu, yaitu berbasis salin tulisan, input tautan, dan unggah dokumen.

Selain itu, situs ini juga memberikan layanan lainnya, seperti pengecekkan grammar, parafrase, domain authority, keyword position center, backlink checker, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Membuat Website Sendiri Gratis Tanpa Coding, Mudah!

8. PlagScan

PlagScan merupakan cara cek plagiarisme online yang dianggap memiliki banyak keunggulan, Sob. Dengan menggunakan situs ini, kamu dapat menggunakannya sesuai kebutuhanmu.

Meski umumnya PlagScan disediakan untuk akademisi, tapi bagi kamu yang ingin mengecek tulisanmu sebelum dirilis juga bisa, kok! Dalam PlagScan ada 4 tingkatan pengguna yang dapat dipilih, yaitu single user, sekolah, pendidikan tinggi, dan bisnis.

Namun, sebagai cara cek plagiarisme dokumen, PlagScan hanya dapat digunakan secara gratis selama beberapa hari setelah mendaftar menjadi member, dan dapat dilanjutkan dengan versi berbayarnya. Hasil yang diberikan dapat berupa persentase dari sekitar 2.000 kata per pencarian.

9. Small SEO tools

Cara cek plagiarisme gratis berikutnya dapat kamu lakukan di Small SEO Tools. Situs ini dinilai sangat mudah karena bisa langsung mendeteksi kemiripan tulisan kamu dari beberapa situs yang sudah di publish sebelumnya lho, Sob.

Untuk melihat hasilnya, nanti akan diberikan persentase di bagian akhir pengecekan, layaknya cara cek plagiarisme di turnitin. Hasilnya juga sangat informatif sehingga memudahkan kamu memahaminya.

Selain sebagai cara cek plagiarisme dokumen, layanan lain yang ditawarkan oleh Small SEO tools adalah Grammar Check, Reverse Image Search, Word Counter, What is My IP, PDF To Word Converter, Internet Speed Test, dan SEO checker.

10. Plagiarisma

Berikutnya kamu juga bisa mengecek plagiarisme hasil tulisan kamu di Plagiarisma. Keunggulan situs ini adalah menyediakan lebih dari 190 bahasa, Sob!

Beberapa jenis file yang dapat dicek di situs Plagiarisma adalah TXT, HTML, RTF, DOC, DOCX, XLS, XLSX, PDF, ODT, EPUB, FB2, dan PDB dengan hasil akhir berupa persentase di bagian yang plagiat.

11. Dustball

Dustball adalah salah satu cara cek plagiarisme dokumen yang cukup sederhana, karena kamu cukup menyalin dan menempel dokumen yang kamu ingin cek di kolom yang sudah disediakan. Selain itu, kamu juga bisa langsung melakukan pengecekan di dokumen berbasis Microsoft Word.

Sayangnya, dalam penggunaannya cara cek plagiarisme ini memiliki batasan sebesar 1000 pengguna saja dalam sehari di seluruh dunia. Sehingga, ketika muncul tulisan “Free Limit Reached” maka kamu sudah tidak bisa lagi menggunakan layanannya pada hari tersebut. Untuk terus menggunakannya, kamu dapat menggunakan versi berbayarnya ya, Sob.

Hasil yang ditawarkan oleh Dustball berupa tulisan “OK” untuk tulisan yang aman dari plagiarisme dan “Plagiarism?” untuk peringatan yang terdeteksi sebagai plagiat.

12. Writecheck

Writecheck bukan merupakan cara cek plagiarisme gratis, namun layanan yang diberikan tidak main-main, Sob. Selain dicek dengan mesin, pengecekan plagiarismenya juga dilakukan secara manual oleh beberapa ahli profesional yang akan memberikan saran untuk tulisanmu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan pengecekan grammar di situs ini, Sob! Harga yang ditawarkan adalah $7.95 untuk setiap file yang kamu kirimkan.

13. Plagiarism detector

Cara cek plagiarisme gratis berikutnya adalah menggunakan Plagiarism detector. Cara penggunaannya pun mudah karena kamu cukup menyalin dan menempel hasil tulisan kamu ke dalam kotak yang telah disediakan dan tunggu hingga prosesnya selesai. Ketika hasilnya sudah keluar, kamu dapat melihat seberapa besar keunikan dan kemiripan dokumen kamu.

14. Viper anti plagiarism scanner

Berbeda dengan yang lain, Viper merupakan cara cek plagiat online berbasis aplikasi yang harus kamu unduh terlebih dulu sebelum digunakan. Namun tentunya, fitur yang diberikan juga sama kerennya dengan plagiarism checker lainnya berbasis web yang dapat membantu kamu mengecek konten buatanmu.

Proses pengecekan plagiarisme dengan Viper berlangsung sangat cepat lho, hanya sekitar 30 detik saja. Fiturnya bisa diakses dengan berbayar dan gratis. Namun tenang, dengan Viper versi berbayar kamu akan mendapat fitur sebanding dengan apa yang kamu bayarkan.

15. PaperRater

PaperRater adalah cara cek plagiarisme gratis terakhir yang akan dikupas. Selain sebagai plagiarism checker, situs ini juga dapat membantu kamu mengecek grammar dan spelling dalam tulisan. Selain itu, terdapat pula online proofreading yang akan memberimu saran tentang penulisanmu.

PaperRater merupakan solusi tepat untuk kamu yang butuh cek plagiarisme dalam bahasa Inggris. Meskipun dapat diakses secara gratis, kamu juga bisa mengakses versi berbayarnya untuk fitur lebih menarik, Sob.

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Dilakukan untuk Optimalkan SEO Sebuah Website

Tips memilih situs plagiarisme

Setelah membahas berbagai cara cek plagiarisme online, dapat dilihat bahwa setiap situs atau web yang telah disebutkan di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan berbagai kebutuhan dan fitur yang ditawarkan, berikut adalah beberapa tips untuk memilih situs plagiarisme yang tepat:

1. Pastikan kredibilitas situs

Kredibilitas dari situs cek plagiarisme yang akan digunakan dapat dilihat dari sudah berapa lama situs ini beroperasi, berapa nilai yang diberikan oleh penggunanya, hasil pengecekannya, dan masih banyak lagi.

Jika situs memberikan hasil terkesan asal-asalan dan dari sumber situs yang tidak kredibel, ditakutkan ada banyak plagiasi yang tidak terdeteksi. Oleh sebab itu usahakan kamu benar-benar menggunakan situs cek plagiarisme terpercaya dan akurat agar hasilnya memuaskan, ya!

2. Utamakan situs yang direkomendasikan

Jika kamu merasa bingung dan ragu untuk memilih mana situs yang harus digunakan, maka kamu dapat menggunakan bantuan dengan melihat beberapa web yang banyak direkomendasikan oleh orang sekitarmu dan juga oleh para penggunanya karena pasti sudah dapat dijamin kredibilitasnya.

Jika telah banyak direkomendasikan, maka bisa dipastikan pelayanannya baik, seperti hasil yang keluar lebih cepat, dapat mengakses hingga 1.000 kata, dan masih banyak lagi.

3. Pilih situs yang mudah diakses

Tentu banyak situs cek plagiarisme yang terlalu berat untuk diakses di laptop ataupun smartphone kamu, oleh karena itu, pilihlah situs yang ringan dan efisien sehingga tidak akan membuatmu menunggu loading terlalu lama. Jangan khawatir, karena banyak kok situs plagiarisme yang cukup ringan untuk digunakan!

4. Utamakan situs dengan proses pengecekan yang mudah

Siapa di dunia ini yang suka untuk dipersulit? Tentu semua menyukai hal yang mudah, kan? Maka, pilihlah situs plagiarisme yang proses pengecekannya mudah sesuai kebutuhanmu. Ada yang dapat langsung mengunggah file, ada pula yang harus menyalin dan menempel terlebih dahulu.

Namun terkadang ada pula yang harus memberikan kode terlebih dahulu sebelum cek plagiarisme online, atau langsung meng-klik tombol “Check”. Tentu kamu akan memilih cara lebih nyaman dan mudah, kan? Terutama yang hasilnya akan muncul lebih cepat.

5. Situs gratis bukan masalah

Yang gratis belum tentu jelek lho, Sob! Meskipun versi premium tentu saja lebih menjanjikan, tetapi nyatanya masih banyak juga situs plagiarisme gratis dengan hasil akurat. Oleh karena itu, carilah situs gratis namun tetap memiliki kredibilitas yang tinggi.

Baca juga: Menulis Artikel SEO: Apa, Untuk Apa dan Bagaimana Caranya

Tips menghindari plagiarisme

Mengalami beberapa plagiarisme dalam hasil tulisan kamu tentu sangat menyedihkan dan menjengkelkan. Oleh karena itu, berikut akan dikupas beberapa tips untuk menghindari plagiarisme yang pasti oke buat kamu terapkan dalam tulisanmu.

1. Gunakan teknik parafrase

Parafrase adalah kegiatan menulis kembali apa yang ingin kamu sampaikan tanpa merubah makna aslinya. Selain untuk menghindari plagiarisme, kegiatan ini juga dapat membantumu melatih pemahaman terhadap sebuah informasi yang akan kamu sampaikan, lho.

2. Lakukan pengutipan

Jika memang hal yang kamu sampaikan tidak dapat diparafrase dan harus ditulis secara keseluruhan, maka kamu dapat menggunakan opsi kedua, yaitu dengan menggunakan pengutipan.

Pengutipan tersebut dapat dilakukan dengan menulis kalimat yang diinginkan dalam sebuah kutipan, sebagai contoh: Menurut UUD 1945 Pasal 1 Ayat 3, “Negara Indonesia adalah Negara Hukum.”

3. Tulis sitasi dan daftar pustaka

Alternatif lainnya yang dapat digunakan adalah dengan sitasi dan daftar pustaka untuk melakukan pengutipan. Daftar pustaka dapat diartikan sebagai daftar rujukan yang dijadikan sumber dari penulisan artikel. Sedangkan sitasi, adalah versi sederhana dari daftar pustaka yang biasanya hanya mengandung nama penulis dan tahun saja.

4. Hindari copy paste

Cara copy-paste memang sangat cepat dan efisien, apalagi ketika rasa malas datang menghantuimu. Namun tentu rasa malas ini harus dilawan karena copy-paste sangat tidak dianjurkan Sob, tentu karena itu berarti tidak menghargai penulis orisinalnya. Jadi, jangan sampai dilakukan, ya!

Itulah beberapa cara cek plagiarisme online yang bisa kamu manfaatkan. Dari beberapa rekomendasi di atas, adakah yang sudah pernah kamu coba? Semoga artikel ini dapat membantumu untuk terbebas dari plagiasi, ya. Temukan juga artikel bermanfaat lainnya hanya di blog Jagoan Hosting, sampai jumpa!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like