Harga Pembuatan Website Ecommerce, Berikut Estimasinya

harga pembuatan website ecommerce

Saat ini pembelian online banyak terjadi karena teknologi memang berkembang sangat pesat. Bagi yang terjun dalam dunia eCommerce, kamu bisa bikin sendiri. Sebelum itu, yuk cari tahu dulu mengenai kisaran harga website eCommerce.

Harganya memang tidak ada standar tertentu. Kamu bisa menyesuaikannya dengan jumlah budget yang ada. Website eCommerce bisa jadi tempat pelangganmu melakukan jual beli. 

Pembuatan website ini tidak bisa kamu lakukan sembarangan. Pasalnya, tingkat kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat terpengaruh akan hal tersebut. 

Tidak hanya urusan desain, melainkan juga bikin aplikasi web itu cukup rumit. Apalagi terkait proses secure payment-nya. Belum lagi untuk urusan fungsi tambahan seperti pemrosesan checkout serta beberapa fitur tambahan lain.

Tips Membangun Website eCommerce

harga buat website toko online

Sebelum mengetahui harga pembuatannya, ada beberapa tips membangun website ecommerce yang bisa bisa kamu simak. Cek penjelasannya di bawah ini: 

1. Tentukan Nama dan Domain

domain

Pertama, pilihlah nama domain. Setelah memilih nama domain, kamu perlu membeli domain tersebut. Domain berguna untuk memudahkan pencarian orang dalam berkunjung ke website milikmu. Pemilihannya penting, tapi pastikan namanya belum terpakai.

Setelah menetapkannya, kamu bisa membeli nama Domain Murah di Jagoan Hosting.

Pembelian domain bisa sekalian dengan paket hostingnya. Dengan hosting, website milikmu bisa diakses secara online di mana pun dan kapan pun pengunjung berada.

2. Urus Legalitasnya

Saat akan membuka bisnis, ada hal yang sangat penting yakni harus punya izin dan dokumen lain yang sah. 

Kalau belum tahu, konsultasi dulu dengan konsultan hukum. Emang ngerepotin karena nambah biaya awal. Ini pun termasuk salah satu pos dalam harga website eCommerce. 

Cek Konten Lainnya:
Perbedaan Elementor vs Elementor Pro, Cek Selengkapnya!

Meskipun bayar tambahan biaya, hal ini bisa menghindarkanmu dari masalah hukum suatu saat di masa depan. 

3. Sediakan Banyak Metode Pembayaran 

Salah satu hal yang harus disiapkan dalam membangun website eCommerce adalah menyediakan berbagai macam payment gateaway atau metode pembayaran. Hal ini sangat berguna agar nantinya konsumenmu tidak bingung untuk membayar barang yang mereka beli. 

Kamu bisa menyediakan metode transfer dari berbagai bank, penggunaan kartu kredit, bahkan sampai dompet digital. 

Harga Website Ecommerce

Memulai bisnis ecommerce
Memulai bisnis ecommerce

Jika memang belum punya dasar agar bisa membuat website, maka estimasi harga pembuatan website toko online yang kami sediakan di sini mungkin bisa jadi referensimu.

Harga pembuatannya bisa beda tergantung pada metode pembuatannya. Berikut uraian biar lebih lengkap:

1. Harga Website eCommerce Menggunakan WordPress

Pembuatan website toko online memakai WordPress jadi metode yang cukup populer. Platform ini sudah tak asing lagi di telinga banyak orang. WordPress jadi banyak pilihan karena kemudahan penggunaannya. 

Melalui WordPress, kamu bisa membuat website toko online dengan gratis. Hanya saja untuk domain dan hostingnya masih harus bayar. Murah banget kok harganya. 

Domain perlu kamu beli ketika ingin memiliki website toko online. Kamu tidak ingin kan kalau ada embel-embel “wordpress.com” di belakang domain? Contohnya, konveksikeren.wordpress.com atau bajumurah.wordpress.com.

Nah, agar nama domain terlihat profesional dan terpercaya, maka kamu perlu membeli domain. Rekomendasi bisa menggunakan domain .com, .id, .co.id, dan .net.

Bisa kami katakan, domain merupakan salah satu list dalam menentukan harga pembuatan website ecommerce yang paling murah. Selain domain, kamu juga membutuhkan hosting untuk mengonlinekan website milikmu.

hosting untuk website ecommerce

Daripada bingung membeli secara terpisah, kamu bisa beli secara bundle domain dan hosting.

Melalui Jagoan Hosting, kamu bisa beli paket Cloud Hosting MixMatch yang sudah include domain dan hosting. Harga website eCommerce mulai dari Rp972.000 untuk satu tahun dengan disk space 10GB SSD, CPU 1 Core, dan 1GB Physical Memory.

Sudah sangat cukup untuk kebutuhan website eCommerce di awal pembuatan. Jika ingin spesifikasi yang lebih besar, bisa atur sendiri sesukamu.

Cek Konten Lainnya:
11+ Tools Digital Marketing untuk Tingkatkan Bisnis Online

Dengan cara ini, kamu bisa bikin website yang harganya sangat terjangkau. Cuma masalahnya kamu butuh waktu agar memahami kinerja WordPress untuk berjualan. 

2. Pembuatan Website dengan Jasa Developer Web Profesional

Bagi para pengusaha, mungkin pembuatan website toko online dengan jasa developer website bisa jadi pertimbangan terbaik. Apalagi bagi kamu pengusaha yang belum punya pengalaman membuat website. 

Web developer bisa kamu temukan dengan mudah. Bisa cari temanmu atau bisa cari di beberapa situs freelancer online. Nantinya, setiap developer website akan memberikan harga membuat website toko online yang bervariasi. 

Kamu bisa nemu yang murah sampai dengan yang mahal. Nah biayanya yang bervariasi ini memang sesuai dengan yang mereka tentukan. 

  • Menurut informasi, harga website eCommerce yang perlu kamu bayarkan pada website developer mulai dari range $75 – $180 per jamnya. Biaya ini setara dengan Rp 110.000 – Rp 250.000. Ingat, itu per jam ya!

Oh iya, Sob. Di sini biasanya ada biaya tambahan lain kalau kamu request desain website, fitur tambahan, add on, plugin, SEO, marketing, bahkan sampai maintenance-nya. 

Biasanya semakin rumit website yang kamu inginkan, biasa sewa dan pembuatannya semakin mahal. Kalau mau bikin siapkan paling tidak Rp 1 juta – Rp 5 juta untuk jasa web developer yang profesional. 

jasa pembuatan website

Jagoan Hosting menyediakan Jasa Pembuatan Website yang murah dan profesional. Ini bisa jadi opsi terbaik jika kamu belum punya pengetahuan teknis apapun mengenai pembuatan website. Bisa juga sangat menguntungkan karena dengan harga segitu, tampilan website toko onlinemu akan sangat eksklusif. 

Apa Saja yang Mempengaruhi Harga Website eCommerce?

Estimasi harga website eCommerce bisa sangat berbeda dan bervariasi lantaran beberapa kondisi. Misalnya saja beberapa hal berikut: 

1. Total Jumlah Produk

Kalau hanya punya satu jenis barang di website e-Commerce milikmu, maka websitenya bisa pakai desain sederhana. Beda saat kamu punya banyak produk buat dijual. Maka desainnya harus kompleks. 

Cek Konten Lainnya:
6 Rekomendasi Situs untuk Programmer Freelance ala Jagoan Hosting

Nah, desain yang kompleks itu sangat berpengaruh terhadap biaya pembuatan website eCommerce yang kamu miliki. 

2. Platform eCommerce yang Kamu Pakai

Biaya licensing sangat bergantung terhadap sederhana atau kompleksnya platform eCommerce. Kalau fiturnya sangat banyak, maka biayanya juga besar. 

3. Preferensi Desain Website

Desain web toko onlinemu juga mempengaruhi harga website eCommerce milikmu, Sob! Biasanya sih semakin responsif dan semakin premium tema yang kamu terapkan maka harganya juga semakin tinggi. 

Hanya saja kamu bisa menemukan banyak template website ecommerce yang sesuai dengan brand milikmu. Memakai tema bawaan merupakan ide yang tepat agar website milikmu tidak terlalu mahal. 

4. Pemrograman dan Fungsi Custom

Platform yang rankingnya tinggi biasanya memberi extension ataupun modul support yang bisa kamu tambahkan pada website agar fungsionalitasnya meningkat. 

Dari segi harga umumnya sih jauh lebih murah. Pastikan kamu pun memeriksanya menggunakan jasa pembuatan website buat extension yang tersedia misalnya CMS atau ERP sebelum custom coding. 

5. Paket Web Hosting

Selanjutnya yang tentu sangat berpengaruh adalah harga Paket Web Hosting. Paket hosting ini bervariasi tergantung dengan paketnya. Kamu harus cek tentang RAM, CPU, HDD, Email, Bandwidth, dan beberapa fitur yang lain di Jagoan Hosting.

Penutup

Secara umum, pembuatan website memerlukan dua hal penting di awal yaitu domain dan hosting. Sisanya adalah beberapa tambahan yang bisa menunjang tampilan website agar terlihat lebih menarik.

cloud hosting

Pilih Cloud Hosting dari Jagoan Hosting untuk server yang cepat dan stabil. Sudah banyak website eCommerce yang mempercayakan Jagoan Hosting sebagai partner hosting untuk website milik mereka. 

Sekarang sudah tahu mengenai harga website eCommerce, bukan? Segera buat websitemu sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Hobi Jualan Online? Kamu Wajib Tahun 5 Cara Terampuh Agar Bisnismu Berkembang Pesat
Maraknya toko online memberikan peluang besar untuk siapapun mengembangkan hobi ataupun karir mereka sebagai pebisnis online. Ada banyak…
Read More
Cara Meningkatkan Kecepatan Website
Di zaman yang super cepat seperti saat ini, setiap kegiatan yang dilakukan harus bisa dilakukan dengan cepat dan…